Strategi Ampuh untuk Melakukan Negosiasi Kenaikan Gaji

Siap-siap dulu, ya

Sebelum negosiasi, kamu harus riset dulu tentang gaji rata-rata di industri dan perusahaan kamu. Cek juga pencapaian kamu dan kontribusimu beserta bukti-buktinya yang membuktikan nilai kamu.

Tetap realistis

Tentukan dulu target gaji yang realistis, jangan terlalu tinggi atau nggak masuk akal. Lihat data riset dan tanggung jawabmu di perusahaan untuk menentukan kisaran gajinya.

Tunjukkan prestasi kamu

Buat daftar prestasi dan kontribusi kamu selama bekerja di perusahaan. Jelaskan bagaimana kontribusimu telah meningkatkan kinerja perusahaan atau menambah nilai tambahan.

Pahami perspektif perusahaan

Cari tahu juga situasi keuangan dan kondisi perusahaan. Pahami perspektif perusahaan terkait dengan kenaikan gaji dan cari tahu apakah ada kebijakan atau batasan tertentu.

Bentuk argumen yang kuat

Selama negosiasi, gunakan fakta dan data yang relevan untuk mendukung argumen kamu. Jelaskan dengan jelas mengapa kamu pantas mendapatkan kenaikan gaji berdasarkan kontribusi dan kinerjamu.

Jaga sikap profesional

Saat bernegosiasi, jaga sikap profesional dan hormati pendapat pihak lain. Jangan terlalu defensif atau menyerang. Dengarkan dengan baik dan berikan respons yang tepat.

Siapkan alternatif

Jika perusahaan tidak dapat memberikan kenaikan gaji yang kamu minta, pertimbangkan alternatif lain seperti tunjangan tambahan, peluang pengembangan, atau fasilitas lain yang dapat meningkatkan total nilai kompensasimu.

Pertimbangkan waktu yang tepat

Pilih waktu yang strategis untuk melakukan negosiasi. Cari tahu siklus penggajian perusahaan atau momen ketika perusahaan sedang dalam suasana yang positif, seperti setelah kamu mencapai target atau berhasil menyelesaikan proyek penting.

Silakan KLIK gambar di bawah untuk mendapatkan Buku Amazing ini.