Kenapa Multi-tasking Justru Membunuh Produktivitas Anda?

Dalam bukunya yang bagus berjudul Brain Rule, ahli neurologi Profesor John Medina menulis : multitasking itu mitos. Multi-tasking itu jutsru aktivitas yang sangat dibenci oleh otak kita.

Kenapa begitu? Sebab otak kita itu sangat tidak suka dengan orang yang kerjanya zig zag, dan melompat-lompat dari satu titik aktivitas ke titik lainnya. Otak kita mudah lelah saat selalu diminta zig zag.

Bukan itu saja. Secara praktikal ada begitu dampak negatif dari kegiatan multi-tasking. Berikut daftarnya.

Kualitas kerja jadi payah

Coba bayangin, kita ngerjain beberapa tugas sekaligus. Pasti perhatian kita terbagi-bagi, dong. Jadinya, hasil kerja kita jadi jelek dan nggak maksimal. Gak fokus banget!

Bikin terganggu

Kalau kita sering melompat-lompat antara tugas satu dan tugas lainnya, otak kita harus nyetel ulang dulu. Ini bikin kita jadi gampang kehilangan fokus dan susah benar-benar fokus pada tugas yang sedang dikerjakan.

Kemungkinan salah terus makin tinggi

Kalo kita terlalu terburu-buru dalam multitasking, peluang buat bikin kesalahan juga makin gede. Bisa jadi kita lewatin detail penting atau bikin kesalahan karena nggak ngasih perhatian yang cukup buat setiap tugas.

Buang-buang waktu

Meskipun keliatannya kita bisa ngerjain lebih banyak tugas dalam waktu yang sama, tapi sebenarnya multitasking bisa jadi pemborosan waktu. Kita harus meluangkan waktu buat beralih antara tugas dan itu bikin waktu yang kita butuhin jadi lebih lama.

Bikin stres

Bayangin deh, kita terus-terusan nyoba multitasking. Pasti stres kita tinggi banget. Kita jadi merasa terburu-buru, tertekan, dan bisa jadi kewalahan dengan beban kerja yang banyak. Stres yang berlebihan itu bisa berdampak buruk buat kesehatan kita, lho.

Membunuh kreativitas

Multitasking bisa nyiksa kreativitas kita. Kita nggak punya waktu yang cukup buat berpikir kreatif dan menghasilkan ide-ide baru. Terlalu banyak tugas yang kita hadapin bikin pikiran kita jadi seperti blok beton.

8 Tips Jitu agar Anda Lebih PRODUKTIF

Alih-alih melakukan multi-tasking, jauh lebih baik melakukan 8 tips ampuh berikut ini – agar Anda menjadi SUPER PRODUKTIF.

1.

Bangun pagi, jangan kebablasan tidur! Lebih baik bangun pagi, biar bisa memulai hari dengan energi yang fresh. Kalau tidur terus, berabe deh, bisa-bisa capeknya malah numpuk.

2.

Jangan cuma main-main di depan layar! Waktu kerja itu buat kerja, bukan buat main game atau scroll media sosial. Fokus pada tugas yang harus diselesaikan dan jangan tergoda dengan godaan yang bisa mengalihkan perhatian.

3.

Bikin jadwal dan prioritaskan tugas! Susun daftar tugas yang harus diselesaikan dan atur prioritasnya. Kerjakan yang penting dulu, baru yang lain. Ini biar gak bingung dan bisa fokus pada satu tugas sebelum pindah ke yang berikutnya.

4.

Matiin notifikasi di HP! Biar gak terganggu dengan pesan atau panggilan masuk yang ngalangin konsentrasi, matiin notifikasi di HP kamu. Simpan waktu kerja untuk benar-benar fokus dan hasilnya pasti lebih baik.

5.

Ambil istirahat yang cukup! Jangan lupa istirahat. Tubuh dan otak juga butuh waktu untuk refreshing. Istirahat sebentar setelah bekerja beberapa jam, berjalan-jalan atau ngobrol dengan teman-teman.

6.

Hindari multitasking yang berlebihan! Cobain deh fokus pada satu tugas sebelum pindah ke yang lain. Multitasking terlalu banyak bisa bikin kerjaan jadi kacau dan hasilnya jadi kurang maksimal.

7.

Buat lingkungan kerja yang nyaman! Bersihin meja kerja, atur pencahayaan yang cukup, dan sediakan semua yang kamu butuhkan. Lingkungan yang nyaman bisa bantu kamu lebih fokus dan produktif.

8.

Istirahat yang cukup dan tidur yang nyenyak! Jangan lupa, tidur yang cukup itu penting banget. Biar bisa bangun dengan semangat dan energi yang penuh untuk menghadapi hari kerja yang baru.

One thought on “Kenapa Multi-tasking Justru Membunuh Produktivitas Anda?”

Comments are closed.