My Business Resolution for 2012

Tahun 2011 baru saja lesap ditelan oleh roda waktu yang terus berjalan tanpa kenal letih. Lalu pencapaian apa yang layak Anda kenang sepanjang tahun lalu itu? Baik dalam aspek personal development ataupun dalam jejak kehidupan profesional Anda?

Tentu saja saya berharap Anda mengalami pertumbuhan pribadi (personal growth) yang cukup berarti sepanjang tahun 2011  lalu. Sebab jika perjalanan hidup kita stagnan, lalu untuk apa hidup yang fana ini harus diteruskan?

Pertanyaan selanjutnya : lalu career and business resolution apa yang layak Anda racik untuk menghadapi tahun 2012 ini (Anda semua bisa share melalui kolom komentar). Career and business resolution sejatinya merupakan semacam goals atau strategic objectives yang hendak kita genggam. Resolusi ini mudah-mudahan bisa menjadi sejenis stimulan agar kita bisa terus bergerak, memajukan roda bisnis dan karir kita dalam bentangan sejarah masa depan.

Bagi saya sendiri, awal tahun selalu merupakan sebuah sesi untuk menetapkan business resolution atau goals yang kudu diwujudkan menjadi kenyataan. Saat ini saya memiliki dan mengelola dua kegiatan bisnis (yakni bisnis konsultan manajemen dan bisnis online) – sehingga my business resolution selalu dilabuhkan agar kedua bisnis itu terus bisa berjalan dengan prestasi yang kinclong.

My Business Resolution # 1 : Managing Consulting Company. Bisnis pertama yang saya jalankan ini adalah memberikan jasa konsultasi manajemen (khususnya dalam bidang performance management) kepada sejumlah klien yang membutuhkan. Resolusi saya untuk bisnis ini di tahun 2012 simpel : saya ingin agar net profit bisnis ini bisa tumbuh 20%, dan mendapatkan consulting projects dari 6 – 7 key clients.

Bisnis konsultan manajemen adalah jenis usaha yang bersifat business to business (bukan retail), sehingga peluang income-nya lebih sulit diprediksi (dan acap tidak stabil). Kompetisi dalam bidang ini juga lumayan ketat. Itulah kenapa sasaran saya berikutnya adalah ini : terus gencar melakukan promosi secara online (ternyata cara ini lumayan efektif dalam menjaring klien). Saya berharap, web perusahaan saya bisa menduduki peringkat pertama di Google untuk sejumlah kata kunci seperti : konsultan manajemen kinerja, konsultan balanced scorecard, konsultan KPI, dan sejenisnya.

Resolusi berikutnya untuk bisnis konsultan ini adalah : saya ingin agar target pertumbuhan net profit diatas tercapai hanya dengan 8 bulan bekerja. Lalu kemana yang 4 bulannya? Ya saya gunakan untuk “personal growth and journey” (maksudnya : ya jalan-jalan, liburan, baca buku, blogging, santai, nonton home theater di rumah, pergi melancong dengan istri, dst). Saya ingin membuang konsep bahwa bekerja dalam setahun harus selalu 12 bulan penuh.

My Business Resolution # 2 : Managing Online Business. Bisnis kedua saya adalah berjualan materi presentasi powerpoint tentang manajemen melalui web store. Materi presentasi ini saya jual baik dalam edisi bahasa Indonesia (untuk pasar domestik) atau edisi bahasa Inggris (untuk international market).

Resolusi saya untuk bisnis online ini adalah : pertumbuhan net profit sebesar 30%. Dari pengalaman saya selama ini, pencapaian target ini sangat bergantung pada jumlah trafik pengunjung untuk web store saya. Saat ini rata-rata visitor web store saya adalah sekitar dua ribu per hari (lumayan tinggi). Resolusi saya di tahun 2012 : saya ingin jumlah rata-rata web visitor ini bisa meningkat menjadi 3000/hari. Jika angka ini bisa diraih, saya optimis target pertumbuhan profit 30% dengan mudah akan dilampaui.

Demikianlah my business resolution untuk dua usaha yang saya kelola. Saya menjalani dua bisnis ini dengan penuh passion. Dua-duanya menghadirkan tantangan yang berbeda-beda, dan membentangkan potensi income yang layak di-syukuri. Dengan resolusi ini saya berharap kinerja dua bisnis tersebut bisa terus berjalan dengan mantap.

Sekali lagi, saya berharap Anda semua juga memiliki resolusi bisnis dan karir yang sama-sama menggairahkan.

Pada akhirnya, hidup memang akan terus mengalir. Akan lebih mak nyos kalau mengalirnya sampai jauh hingga ke samudra nun jauh disana. Kalau mengalirnya ke kali Ciliwung yang penuh comberan, wah ya cilaka dong.

Photo credit by : gbastini @flickr.com

Related Post

Lima Buku Super Keren untuk Pengembangan Diri Anda Selama ini kami telah menerbitkan lima buku yang sangat inspiratif untuk menata masa depan hidup Anda. Anda bisa mendownload 5 buku super keren ini...
Kisah Hacker Melawan Telkomsel : Keserakahan Bisnis Bernilai 28 Triliun Jumat minggu lalu, website Telkomsel sukses diretas oleh hacker yang tampaknya marah dengan kebijakan harga data Telkomsel yang dianggap kurang bersah...
Indonesian Business Person of the Year 2012 Tradisi pemilihan Man of the Year (kemudian diubah menjadi Person of the Year) sejatinya dimulai oleh majalah legendaris Time, sejak tahun 1927 silam....
49 comments on “My Business Resolution for 2012
  1. Mantab pak yodhia! Saya pemuda berusia 24 tahun, mulai merintis karir di bidang konsultan ISO 9001. Thn lalu sy mendapat 7 klien hanya dlm waktu 2 bln. Maka tahun ini saya targetkan 30 klien! Mhn doanya pak 🙂

  2. Mantafff mas yodhi, semoga resolusi kita tahun 2012 ini dpt tercapai bahkan melebihi target.

    Salah satu resolusi 2012 saya di bisnis olahan produk laut : menyerap tenaga kerja minimal 40 orang pengangguran untuk unit usaha pengolahan ikan bandeng tanpa duri (batari).

    Tetap bersyukur agar bertambah nikmat kita…

  3. resolusi bisnis sy tahun ini dimulai dgn target bulan ini: omset penjualan naik 10X lipat n menambah 2 varian produk baru yg paten kualitasnya 🙂

  4. Selamat Tahun Baru 2012 Pak Yodhia.
    Luar biasa mantap resolusinya.

    Saya pribadi punya dua resolusi sepanjang 2012 ini:
    1. Meluncurkan buku “Presentasi Memukau” dan website baru yang fokus pada presentasi.

    2. Meningkatkan jumlah peserta kursus online Speed Reading dari sebelumnya sekitar 300 orang per tahun menjadi 500 orang per tahun.

    3. Memulai training tatap muka untuk membaca cepat dan presentasi.

    Terima kasih atas supportnya selama ini.
    Semoga kita bisa bekerjasama lagi dalam bidang lainnya 🙂

  5. selamat tahun baru 2012 mas yodhia…semoga tahun ini membawa kesuksesan yang berdampak besar bagi kita dan keluarga. amin

  6. Pagi Pak Yodhya…Target saya tahun ini, program teens Future Leadership camp jalan..dengan lancar dan menghasilkan remaja2 yg siap mengadapi zaman yang sudah sangat mengglobal..sertamendapat respons yang super baik dari seluruh masyarakat khususnya para ortu.

  7. saya M Rizal Fathurrohman Resolusi 2012 saya adalah
    1. Menambah Jaringan Bengkel saya hingga 25 bengkel di Jawa Timur.
    2. Membangun 100 rumah untuk rakyat menengah di Jakarta timur..
    3. Tambah Imna, Tambah Taqwa, Tambah Sehat, Tambah kuat dan Tambah Kaya.

    semoga Resolusi kita semua tercapai dan berkah

    oya, pa M Noer, Seminar tatap Mukanya segera di luncurkan dong… saya pendaftar pertama pastinya 🙂

  8. Resolusi 2011 sudah saya lakukan…

    mendomainkan blog saya menjadi dot.com dan menambah item dagangan saya, dari semula hanya cd,kaset dan buku, menjadi berbagai macam barang jadul…

    Resolusi 2012 adalah meningkatkan trafic, karena itulah kunci meningkatkan omzet, serta merapikan data pelanggan…supaya barang cepat mengalir langsung ke pelanggan yang menyukai barang tertentu…Salam

  9. business resolution mas yodhia kelihatannya stagnan di main product yang sudah ada padahal di sejumlah perusahaan konsultan manajemen luar negeri sudah agak bergeser ke jualan model dan system package … saya tunggu inovasinya

    terima kasih

  10. Sudah berbagai cara career and business resolution yg diracik dari sesederhana mungkin sampai yg canggih sekalipun….. tetapi belum dapat diterima oleh managemend atau perusahaan…
    Pernah share ke pemilik perusaha…. hasilnya nihil. . . pemilikmasih berat ke managemend ….. sampai sekarang masih menggunakan managemend Toko….
    Terkdang pemilik mengatakan Kita harus mengepakkan sayap untuk perusahaan… tetapi kita selalu disibukkan dengan pekerjaan yg lain dari berbagai macam divisi atau karyawan…
    kami Bingung…..
    bagaimana solusinya……..

  11. Ada postingan dari teman saya yg cukup menarik: Sekarang gue lagi sibuk beliin perusahaan dari Eropa, saatnya para bule kerja buat kita…

    Selamat Tahun Baru 2012!

  12. artikel yang menarik..mengingatkan saya bahwa tugas utama kita di awal tahun adalah membuat perencanaan. Dan saya baru tahu ternyata bahasa kerennya perencanaan tsb adalah Bussiness Resolution..
    Sekali lagi terima kasih,

    Salam,
    wahyudi
    http://www.cy-bridge.com

  13. Pak, Saya juga bersyukur tahun 2011 dg latar belakang perkebunan mulai dengan tantangan baru yan sederhana dan cocok yaitu ngomandani tukang cukur. Saya terinspirasi karena penyakit stroke, kemudian bedah jantung, lalu membuka kesenangan baru selancar di dunia maya, ketemu dan membeli presentasi Pak Yodhia kemudian berujung Mr Po Barbershop. Saya mengundang Bapak bila berkesempatan datang ke Bengkulu, mampir. Bukan mak nyus tetapi sensasinya hem emm m mudah mudahan Bapak manggut manggut, (bukan singapore gils, tetapi Po gils) he he he.

  14. Tahun 2012 telah datang.
    Ini bussines resolution 2012 saya:

    1. Mendapatkan salary 2x lipat (maklum masih orang gajian)
    2. Mempunyai toko di Bali (bussines retail di Bali lumayan mak nyus…mudah-mudahan jangan hanya memanage perusahaan orang terus)

    3. Semoga Zat Yang Maha Pemurah mengabulkan permohanan saya.

    Terimakasih.

  15. Jadi pengen nimbrung juga pak,

    Resolusi saya di tahun 2012 adalah merubah “the way of life” saya dari job seeker menjadi job creator. Memang dibutuhkan kerja keras dan kerja cerdas mengenai hal tersebut. Langkah-langkah yang saya tempuh yaitu :
    1. Memantapkan “personal branding” saya sebagai seorang yang advace di bidang Manajemen Bisnis yaitu dengan mendalami ilmu tersebut.
    2. Membuat web blog Manajemen Usaha di https://aldins-mnj.blogspot.com/
    3. Memberikan konsultasi gratis di bidang Manajemen Usaha khususnya bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di sekitar lingkungan saya.
    Hayooo siapa yang mau ??? (Wilayah Malang Raya)

  16. Bismillah, 2012 ini Saya ingin :
    1. Menyerap ilmu yang ada di kantor baru saya, buat bekal bikin usaha online yang tetep bisa membantu mengurangi pengangguran
    2. Keluarga tetep harmonis, bahagia, sejahtera dan tidak kekurangan waktu
    🙂 mohon doanya. Nuwun

  17. Pak Yodhia< ikutan ya.. sederhana saja resolution saya karena saya hanya seorang ibu RT yang mencoba berbisnis : Saya ingin brand product saya yang selama ini hanya di kenal dikalangan teman2 bisa meluas. Omzet produksi bisa lebih meningkat. juga manajemennya lebih baik…. sehingga bisa benar2 menjadi penghasilan untuk saya.

  18. Benar benar mantap pak…. Saya pribadi juga menjalankan edukasi dan web bisinis. Keduanya memerlukan resolusi growth. Balancing life dan work sangat penting….
    Thanks again untuk tulisannya….

  19. Wah, jadi ikutan semangat nih ngebaca resolusinya temen-temen…
    Kalo’ reolusiku di 2012:

    secara bertahap menerapkan pengelolaan SDM berbasis kompetensi di perusahaan tempatku bekerja… semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan dan kemudahan….amin…

    SAlam kenal buat teman-teman semua….

  20. Saya tertarik dgn 8 bulan bekerja dan yg 4 bulan personnel growth… artinya…yg 8 bulan duniawi/materi, yg 4 bulan lebih fokus untuk habluminallah dan habluminannas..persiapan menuju kehidupan yang kekal abadi…sangat inspiratif…thanks mas yodhia

  21. sangat memotivasi pak Yodh.

    Resolusi saya tahun 2012:

    1. menyukseskan production plan yang saya susun minggu ini untuk perusahan tempat saya bekerja sekarang.

    2. di akhir tahun akan keluar dari tempat saya bekerja, mendirikan perusahaan bersama rekan, dan menjadikan boss saya saat ini sebagai mitra kerja tahun berikutnya.

    3. Membangun keluarga kecil bersama istri, jika dipercaya oleh Allah untuk mempunyai buah hati, berarti tahun ini kami menantikan kelahiran anak yang pertama.

  22. Tahun 2012
    Tahun barokah insya Allah expansi ke Bisnis Grafika dan Internet & GAME ONLINE bisa berjalan mulus.Mohon doa rekan-rekan semua aminx1000 salam info selalu

  23. Resolusi tahun 2012?

    1. Januari ini harus presentasi minimal 24x
    2. Tahun ini naik panggung recog 2x
    3. Novel terbit (agak g yakin)

    amin 3333x

  24. Selamat tahun baru dan agar semua resolusi tercapai dengan etika kerjanya yang mendukung untuk kemajuan bersama.

  25. target tahun 2012.
    1. Membuka toko sederhana yg menjual bahan roti dan grosir bahan makanan.
    2. meningkatkan omzet bisnis IT
    3. melunasi hutang2 semaksimal mungkin.

  26. Saya tertarik dengan konsep memanfaatkan beberapa bulan selama setahun untuk “personal growth and journey”. Sepertinya akan saya tiru dan terapkan nih 🙂
    Saya punya bisnis online, dan hendak saya kembangkan juga. Caranya hampir sama dengan Bapak, yakni (langkah awalnya) meningkatkan trafik, hehe….

  27. Tahun 2011 kemarin saya mengalami banyak kejadian penting. Salah satunya saya mendapatkan tempat kerja yang lebih baik.

    Resolusi th 2012, saya ingin bekerja yang terbaik dan mencari peluang usaha yang bisa buat sambilan atau semacam investasi.

    Saya ingin belajar lebih tentang bisnis online. Sudah mulai menulis namun masih belum menemukan ide-ide yang bagus yang bisa ditulis.

    Terkadang stuck sendiri ga ngerti apa yang mau ditulis. Cara terbaik yang akan saya lakukan, banyak membaca dan jalan-jalan mencari inspirasi.

    Apapun akan saya tulis. Target 1 hari 1 tulisan

  28. Saya suka kalimat pada point “My Business Resolution # 1”, tepatnya paragraph terakhir. Kita memang tidak harus bekerja sepanjang tahun; Jempol pa…..

Comments are closed.