3 Rute Ampuh untuk Merajut Best Performance

Keunggulan kinerja tak pelak merupakan elemen kunci untuk membentangkan kisah keberhasilan. Entah Anda seorang manajer, praktisi bisnis ataupun pekerja profesional; Anda tak akan pernah bisa menyajikan karya yang cetar membahana kalau tidak dibekali dengan etos keunggulan kinerja yang kokoh.

Kabar baiknya, kini telah ditemukan tiga rute ampuh yang bisa menjadi bekal berharga untuk membungkus prestasi yang sarat keunggulan.

Di pagi penghujung tahun ini, ditengah hujan deras yang terus mengguyur, saya mau menghadirkan sajian tentang tiga rute ampuh itu. Tujuannya jelas : agar Anda semua bisa membentangkan narasi indah tentang keberhasilan, tentang bagaimana merajut best performance in your working life.

Sejumlah studi mengungkap bahwa sebuah kinerja hebat hanya akan bisa ditempuh kala individu atau semua anggota tim masuk dalam zone : Well-Being. Konsep well-being artinya diri Anda seutuhnya selalu dalam kondisi optimal.

Nah, Martin Seligman, tokoh Psikologi Positif, mengungkap tiga tema utama yang perlu di-ringkus untuk menapaki zona well being (risalah yang lengkap tentang well being ini diulas dalam buku Seligman terbaru berjudul : Flourish – A visionary New Understanding of Happiness and Well-Being).

Elemen # 1 dari Kondisi Well Being adalah : Positive Emotion. Anda hanya akan masuk dalam rute well-being jika diri emosi Anda riuh dengan suara-suara kebahagiaan, mood yang positif, dan jiwa yang kuyup dengan kegembiraan.

Faktanya, produktivitas kerja yang paling optimal hanya bisa digapai kalau positive emotions itu rajin menyelinap dalam relung diri Anda. Sebaliknya, negative emotions yang terus menyergap cenderung akan terus membajak perjalanan kita menuju proses bekerja yang produktif.

Itulah kenapa kini banyak perusahaan yang sadar betapa pentingnya menciptakan “setting lingkungan kerja” yang kondusif bagi mekarnya positive emotions. Bahkan kini ada jabatan baru dengan sebutan Chief Happiness Officer : job des-nya, merancang sistem kerja yang mampu melentingkan aura kebahagiaan yang menjalar dalam setiap sudut ruang kantor/ruang kerja.

Elemen # 2 dari kondisi Well-Being adalah : Engagement. Makna-nya Anda memiliki tingkat keterikatan yang kuat dengan apa yang Anda kerjakan. Ada rasa gairah dan passion yang terus mengalun dengan apa yang Anda lakukan dalam pekerjaan sehari-hari.

Engagement yang kokoh acap akan membuat Anda tenggelam dalam kondisi FLOW : momen ketika Anda begitu menyatu dengan pekerjaan Anda, momen ketika dimensi ruang dan waktu seolah lenyap (dan tau-tau hari sudah menjelang malam).

Elemen engagement yang kuat membuat Anda bisa membangun konsentrasi dan fokus yang intens dengan apa yang Anda lakukan. Engagement juga-lah yang bisa membuat Anda melepaskan seluruh energi dan kemampuan Anda untuk menuntaskan tantangan pekerjaan.

Dipadukan dengan positive emotions, maka elemen engagement ini bisa melambungkan kinerja Anda pada titik yang paling optimal.

Elemen # 3 dari Well-Being adalah : Sense of Achievement. Atau perasaan bahwa Anda atau tim Anda telah menuntaskan sesuatu yang berharga. Mission accomplished. Well done.

Beragam studi tentang job motivation mengungkap pentingnya elemen ini untuk mendorong semangat kerja. Sense of accomplishment atau achievement membuat Anda atau aggota tim tahu apa yang telah mereka kerjakan, dan apa kontribusinya bagi kemajuan bersama (common goals).

Positive emotions and engagement memang menjadi lebih mantap jika semuanya ditautkan pada great achievement, pada best performance yang layak dibanggakan.

Demikianlah tiga elemen kunci untuk merajut kondisi well-being. Sebuah kondisi yang kudu hadir kala Anda mau mendedahkan berkeping keunggulan kinerja.

Positive emotions. Engagement. Sense of Achievement. Narasi indah tentang keberhasilan hanya bisa dilukiskan ketika tiga elemen itu bisa di-bungkus secara jitu.

Photo credit by : Diego da Silva @flickr.com

Related Post

3 Best Ways to Find Balance between Great Job and Happy Family Isu keseimbangan antara dunia kerja dengan waktu untuk keluarga kini makin mencuat ditengah ritme kesibukan yang terus menderu. Sebagian lantaran beb...
Bonus 70M untuk Direksi Telkom : Kisah Kelam tentang Reward and Performance Berita kecil ini membuat saya tercenung agak lama. RUPS Telkom memutuskan untuk memberikan total gaji + tunjangan + tantiem (bonus) sebesar Rp 8.8 mil...
3 Best Decisions in My Professional Life Minggu lalu kita telah mencicipi sajian tentang pentingnya makna sebuah decision dalam mewarnai sejarah bisnis di tanah air. Dengan kata lain, kita t...
21 comments on “3 Rute Ampuh untuk Merajut Best Performance
  1. Duhhh gemez banget pagi pagi baca tulisannya bang Yodia…… manstrapp
    Sabtu kemaren saya mengikuti acara motivasi yang mengajarkan agar kita dalam kondisi emosi yang baik/ postif serta penuhi pujian untuk tim.

    Tapi yang engangement ini yang belum, jadi tambah lengkap… makasrii

  2. Tiga kunci (Positive emotions, Engagement, Sense of Achievement)untuk menuju kondisi well-being, sebenarnya tidak hanya cocok untuk lingkungan korporasi.

    Namun untuk kepemimpinan publik (pusat dan daerah) pun tiga faktor kunci ini menjadi penentu kesuksesan seoarang pemimpin publik.

    Kita sangat miskin terhadap sosok pemimpin publik yang sanggup memberikan inspirasi pada masyarakat luas untuk bisa bangkit dan menatap masa depan yang lebih gemilang……

  3. Pagi yang indah, dengan kopi yang hangat, cetar motivasi kalimatnya, ini adalah penggugah yang mengubah dengan penuh tergugah. thanks kang mas yodhia.

  4. Jarang perusahaan yang mau peduli dengan masalah-masalah pekerja nya, maka nya turn over karyawan di perusahaan-perusahaan PMA atau PMDN di Indonesia tinggi.

  5. masih banyak perusahaan menerapkan sistem lingkungan kerja efisien, dimana bisa jadi 1 ruangan besar banyak meja kerja tanpa space atau ruang dan berdesakan sehingg pekerjaan terkesan seperti robot.

    semoga kedepannya banyak perusahaan besar yang nantinya menerapkan sistem baik seperti ini pak.

  6. Ijin share ya pak Yodh….
    Selama ini saya menjadi silent reader njenengan.
    Bener….rasanya mak nyuss setelah mbaca tulisan njenengan….
    Dan sekarang…makin cet-thaar membahana….
    Terimkasih…

  7. Ditunggu buku karya pak yodhia ya.. sungguh menarik jika artikel2 yang terbit tiap hari senin ini diterbitkan dalam bentuk buku.. ditunggu pak.. 🙂

Comments are closed.