Menyediakan Jasa Konsultan KPI / Konsultan Key Performance Indicators

Jika kantor Anda membutuhkan Jasa Konsultan KPI dan Balanced Scorecard (Konsultan BSC), silakan kontak kami dengan contact person : Yodhia Antariksa (phone : 0817 482 3235) dan email : antariksa@explorehr.org.

Atau Anda juga bisa mendownload contoh proposal projek penyusunan KPI dan Balanced Scorecard DISINI.

——————

Menjalankan sebuah bisnis ternyata tidak sekedar membangun usaha dengan segala modal yang ada. Banyak pengusaha bahkan memulai semuanya dengan berhutang. Memang, ada banyak jalan menuju Roma.

Begitupun saat seseorang atau Anda misalnya ingin membangun sebuah bisnis. Ada beberapa sumber modal yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Contohnya dana pribadi, pinjaman bisnis dan investasi. Namun, disamping urusan pendirian bisnis yang tidak simpel, ternyata Anda juga harus memikirkan tentang perkembangannya ke depan. Anda harus menentukan visi dan misi perusahaan dimana kedua hal tersebut harus dibuat secara jelas agar mudah dipahami oleh semua pihak. Tidak hanya SDM dalam perusahaan, tetapi juga termasuk klien, investor dan juga pelanggan.

Apakah semua visi dan misi perusahaan terlaksana dengan baik? Apakah semua tujuan sudah dicapai dengan nilai yang memuaskan? Itulah kemudian yang perlu dipertanyakan.

Diperlukan pengukuran yang tepat untuk mengetahui prospek perjalanan bisnis tersebut, apakah sudah sesuai dengan keinginan atau justru terjadi penurunan performa dan mengalami kerugian. Pengukuran kinerja ini dibutuhkan untuk meningkatkan kemajuan perusahaan itu sendiri. Untuk itu diperlukan indikator-indikator yang dapat digunakan sebagai dasar penilaian. Istilah umumnya dalam bisnis adalah Key Performance Indicators (KPI).

Key Performance Indicators (KPI) atau indikator performa utama merupakan satu set ukuran kuantitatif yang digunakan perusahaan untuk mengukur atau membandingkan kinerja dalam hal memenuhi tujuan strategis dan operasional mereka. KPI ini biasa digunakan untuk mengetahui kondisi suatu usaha serta tindakan apa yang diperlukan untuk menyikapi kondisi tersebut. Berdasarkan hal itu, penyusunan KPI menjadi sesuatu proyek yang penting bagi setiap pelaku bisnis.

Namun, menurut majalah Fortune, keberhasilan pengimplementasian strategi bisnis secara efektif kurang dari 10%. Sebabnya bukanlah kesalahan pada strategi. Aka ntetapi proses eksekusi yang tidak tepat.

Oleh karena itu, jasa Konsultan KPI / Konsultan Key Performance Indicators memiliki peranan penting dalam membantu perusahaan untuk memulai menyusun KPI.

Dalam penyusunan Key Performance Indicators, diperlukan perencanaan yang matang serta kelengkapan data dan informasi akurat dan konsisten. Jadi, disini ada peran penting dari system informasi perusahaan agar proses penyusunan KPI dapat berjalan dengan lancar. Agar dapat berfungsi secara optimal, maka Key Performance Indicators harus memenuhi kaidah SMART yaitu:

1) Scientic (spesifik): KPI harus dibuat secara khusus dan unik dalam merefleksikan tujuan-tujuan perusahaan. Jadi susunan KPI antara satu organisasi dengan organisasi yang lain tentu akan berbeda. Penyusunan dimulai dari KPI perusahaan yang kemudian dijabarkan ke bawah sehingga muncul KPI-KPI unit kerja. Kemudian diterjemahkan lagi ke KPI masing-masin individu di dalam unit kerja yang bersangkutan.

2) Measureable (terukur): Indicator performa utama tentu akan dapat berjalan secara objektif apabila dapat diukur tingkat keberhasilannya.

3) Achievable (bisa dicapai/realistis): KPI akan berjalan efektif apabila target-target yang ingin dicapai juga realistis dan bisa dicapai, walaupun tidak banyak. Pembuatan KPI tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Sebaiknya dibuat secara bertahap pertahunnya.

4) Reliable (bisa diandalkan): KPI yang dibuat memang harus bisa diandalkan, esensial bagi perusahaan karena memberikan gambaran-gambaran yang jelas kepada setiap karyawan terhadap apa yang penting dan harus dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan.

5) Time Bound (target waktu): Penetapan target waktu juga tidak kalah pentingnya dalam menyusun KPI yang dapat menjadi acuan kinerja.

Mungkin pada awalnya Anda bertanya-tanya mengapa perlu menyusun Key Performance Indicators, sedangkan selama ini sepertinya bisnis Anda berjalan dengan lancar. Anda juga sudah dapat mencapai target modal kembali.

Jika kantor Anda membutuhkan Jasa Konsultan Balanced Scorecard (Konsultan BSC), silakan kontak kami dengan contact person : Yodhia Antariksa (phone : 0817 482 3235) dan email : antariksa@explorehr.org.

Atau Anda juga bisa mendownload contoh proposal projek penyusunan Balanced Scorecard DISINI.

——————

Walaupun penyusunannya terkesan tidak mudah, akan tetapi KPI memiliki banyak manfaat bagi perusahaan Anda, seperti:

• Kinerja karyawan dapat dievaluasi secara lebih obyektif dan terukur,
• Indikator kunci mempresentatifkan hasil kerja, sehingga karyawan menjadi paham tentang orientasi targetnya secara jelas.
• Indikator kunci secara obyektif dapat diukur sehingga memunculkan pembelajaran untuk berhasil didalam organisasinya.
• Arah pengembangan karyawan menjadi terarah

• Dapat dijadikan sebagai dasar perancangan coaching & training.
• Dapat dijadikan sebagai dasar pemberian reward maupun punishment.

Dalam menyusun Key Performance Indicators, diperlukan persiapan yang matang. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelumnya adalah:

• Menetapkan tujuan yang hendak dicapai.
• Memiliki bisnis proses yang telah terdefinisi dengan jelas.
• Menetapkan ukuran kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
• Memonitor setiap kondisi yang terjadi serta melakukan perubahan yang diperlukan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan, baik tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.

Kemudian, menurut Richard Y. Chang, ada enam langkah yang harus dilalui dalam proses penyusunan. Langkah-langkah tersebut adalah:

• Mencari dan mengumpulkan input pengukuran dari strategi perusahaan, target bisnis, proses inti bisnis, harapan pelanggan, baik internal maupun eksternal, hasil pekerjaan setiap unit kerja dan hasil pekerjaan setiap individu pemegang jabatan dalam unit kerja.

• Menemukan key result area yang penting dan key performance indicator yang sejalan bersama pihak atasan.

• Melakukan review sistematis atas semua indicator yang telah ditemukan. Tujuannya agar setiap indikator memiliki keterkaitan dan diyakini penting diperhatikan untuk meningkatkan performa perusahaan.

• Memperkuat hubungan indikator mulai dari level tertinggi sampai ke level operasional.

• Menghubungkan setiap indikator dengan setiap individu pemegang jabatan, memasukkan indikator sebagai pedoman perencanaan pekerjaan dan melakukan aktivitas coaching and counseling selama proses pekerjaan.

• Mengevaluasi efektivitas indikator yang telah dipakai, mengecek apakah perusahaan telah memilih indikator yang teat, memperbaiki sistem pengukuran performance sesuai dengan

Anda dapat menyusunnya sendiri bersama tim kerja di perusahaan Anda. Akan tetapi, seringnya kegagalan dalam penerapan dan pelatihan KPI tentu harus menjadi pertimbangan tersendiri.

Ada beberapa kesalahan yang mungkin terjadi sejak awal seperti kurang optimalnya KPI yang dipilih, tidak tepat dalam menentukan KPI, KPI yang tidak selaras antara objective dengan KPI yang dipilih, menetapkan KPI yang sebenarnya bukan KPI, salah dalam pemberian bobot dan lain-lain.

Walaupun terlihat sepele dan mungkin bisa diulang kembali, namun semua kesalahan tersebut sebenarnya dapat berakibat fatal dimana perusahaan harus membayar mahal suatu kondisi yang tidak diharapkan seperti kehilangan kesempatan, waktu dan biaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Keberhasilan-keberhasilan sasaran kemudian tidak dapat diukur dan juga terjadi misleading dan false information bagi perusahaan, manajer dan karyawan. Untuk itulah, Anda perlu memanfaatkan jasa layanan dari Konsultan KPI / Konsultan Key Performance Indicators yang handal.

Sekarang ini, sudah banyak sekali tersedia layanan jasa konsultasi KPI untuk segala hal yang berkaitan dengan manajemen perusahaan. Beberapa mungkin merupakan tenaga freelance yang bekerja sendiri. Selain itu, ada pula perusahaan-perusahaan yang secara khusus menyediakan pelayanan tersebut. Untuk memilih mana yang ingin disewa, tentu itu tergantung dari kebutuhan Anda.

Yang perlu diperhatikan adalah reputasi dan track record dari perusahaan tersebut, karena itu berkaitan dengan pentingnya penyusunan Key Performance Indicators pada bisnis Anda. Pemilihan konsultan KPI yang tidak cermat dapat berpengaruh pada kualitas KPI yang kemudian berimbas pada jalannya kehidupan bisnis di perusahaan.

Jika kantor Anda membutuhkan Jasa Konsultan KPI dan Balanced Scorecard (Konsultan BSC), silakan kontak kami dengan contact person : Yodhia Antariksa (phone : 0817 482 3235) dan email : antariksa@explorehr.org.

Atau Anda juga bisa mendownload contoh proposal projek penyusunan KPI dan Balanced Scorecard DISINI.

——————

Related Post

Yodhia Antariksa Konsultan Manajemen Kinerja dan Pakar dalam Penyusunan KPI serta BSC Yodhia Antariksa adalah founder PT. Manajemen Kinerja Utama, dan sekaligus konsultan senior dalam bidang manajemen kinerja, KPI dan Balanced Scorecar...
Menyediakan Jasa Konsultan KPI dan BSC (Balanced Scorecard) yang telah Teruji Keahliannya Jika kantor Anda membutuhkan Jasa Konsultan Balanced Scorecard (Konsultan BSC) dan Penyusunan KPI, silakan kontak kami dengan contact person : Yodhia ...
Menyediakan Jasa Konsultan Manajemen SDM Jika Anda ingin mendapatkan informasi mengenai jasa konsultan manajemen SDM, silakan klik DISINI. Pekerjaan sebagai konsultan manajemen saya kira...