Menyediakan Jasa Konsultan Balanced Scorecard yang Andal dan Kompeten di Indonesia

Kami menyediakan jasa konsultan balanced scorecard yang andal dan kompeten. Selama ini kami telah memberikan jasa konsultasi manajemen kinerja dan penyusunan BSC kepada lebih dari 80 klien – baik dari national companies, multi national companies, BUMN dan juga organisasi publik dan pemerintahan.

Spesialisasi jasa konsultasi manajemen kami ada dalam bidang manajemen kinerja dan penyusunan balanced scorecard. Kami memiliki pengalaman yang yang amat luas dalam penyusunan corporate performance scorecard, business strategy mapping, dan juga perumusan key performance indicators yang terukur untuk setiap fungsi dalam bisnis perusahaan.

Kami juga memiliki katalog lengkap KPI untuk hampir semua jenis industri, mulai dari industri perbankan, manufaktur, consumer goods, keuangan, farmasi, rumah sakit, perhotelan, industri makanan, hingga industri IT. Kami juga memiliki katalog Indikator Kinerja Utama (IKU) untuk hampir semua lembaga pemerintahan.

Jika Anda membuhkan jasa konsultan balanced scorecard dan KPI yang andal, jangan segan-segan untuk menghubungi kami dengan contact person : Yodhia Antariksa, Msc in HR Management (email : antariksa@exploreHR.org dan HP : 0817 482 3235).

Jasa konsultan balanced scorecard yang kami lakukan biasanya terdiri dari beberapa tahapan berikut ini.

Tahapan konsultan balanced scorecard pertama : penyusunan corporate balanced scorecard. Dalam tahapan ini dilakukan proses penyusunan Balanced Scorecard dan KPI untuk Level Korporat. Penyusunan Corporate BSC /KPI dilakukan dengan mengacu pada rencana bisnis perusahaan, dan juga analisa atas setiap proses bisnis kunci yang ada.

Dalam tahapan ini, konsultan telah menyediakan template tabel BSC yang standar, dan juga menyediakan Katalog KPI dari berbagai perusahaan sejenis sebagai bahan referensi.

Hasil dari tahapan ini adalah tersusun-nya Peta Strategis BSC Level Korporat, lengkap dengan daftar Key Performance Indicators untuk setiap sasaran strategis yang ada. Didalamnya juga disertai dengan bobot KPI dan target yang relevan.

Tahapan konsultan balanced scorecard kedua : penyusunan balanced scorecard level divisi/departemen atau bidang. Dalam tahapan ini dilakukan cascading (penurunan) BSC dan KPI pada level korporat ke level Division Head/Departemen Head yang ada dalam perusahaan. Tahapan ini dilakukan agar tercipta keselarasan (alignment) antara KPI Korporat dengan KPI Divisi/Departemen

Output dari tahapan ini adalah : tersusunnya Tabel BSC/KPI untuk semua Division/Departement Head dalam format Template Tabel KPI yang telah disediakan. Termasuk didalamnya dilengkapi dengan bobot KPI dan target KPI yang telah disepakati. Penyusunan BSC/KPI level divisi/departemen dilakukan dengan mengacu pada tugas dan tanggungjawab utama setiap Divisi / Department Head.

Tahapan konsultan balanced scorecard ketiga : penyusunan BSC dan KPI untuk karyawan level asmen/supervisor/staf. Dalam tahapan ini dilakukan penyusunan KPI untuk setipa posisi/jabatan yang ada dalam perusahaan (sd dengan posisi staf). Penyusunan KPI dilakukan dengan mengacu pada tugas dan tanggungjawab utama setiap posisi (job desc).

Tim Konsultan akan menyediakan referensi dan katalog KPI untuk semua fungsi dalam perusahaan (mulai dari fungsi pemasaran, keuangan, produksi, HRGA, legal, customer service, hingga KPI fungsi operasional).

Output dari tahapan ini adalah : tersusunnya Tabel BKPI untuk semua Posisi/Jabatan/Staf. Termasuk didalamnya dilengkapi dengan bobot KPI dan target KPI yang telah disepakati.

Jika Anda membuhkan jasa konsultan manajemen yang andal, jangan segan-segan untuk menghubungi kami dengan contact person : Yodhia Antariksa, Msc in HR Management (email : antariksa@exploreHR.org dan HP : 0817 482 3235).

Tahapan konsultan balanced scorecard keempat : Dalam tahapan kedua ini akan disusun prosedur dan panduan untuk memantau penerapan BSC; dan sekaligus sosialisasinya. Tahapan ini dilakukan untuk membekali para Manajer/Department Head agar dapat melakukan proses review BSC/KPI secara reguler, konsisten dan efektif.

Panduan/manuals menjelaskan : Cara, tahapan dan tools untuk mengukur dan mereview data pencapaian KPI serta template tabel pendukung untuk memantau pencapaian KPI.

Output dari tahapan kegiatan ini adalah tersusunnya : Manuals dan prosedur untuk melaksanakan manajemen kinerja berbasis KPI serta template tabel pendukung untuk memantau realisasi KPI.

Tahapan konsultan balanced scorecard keempat: tahapan monitoring penerapan balanced scorecard. Dalam tahapan ini, konsultan akan sesi monthly monitoring ke setiap divisi/departemen/section untuk memantau proses penerapan/realisasi KPI.

Dalam sesi ini akan didiskusikan dua agenda : 1) pengisian dan validitas data realisasi KPI serta 2) action plan untuk memenuhi target KPI. Monitoring dilakukan selama 3 kali (dilakukan setiap bulan).

Melalui sesi monitoring ini diharapkan proses penerapan KPI dapat berjalan dengan optimal, dan memacu tumbuhnya “performance-based culture”.

Jika Anda membuhkan jasa konsultan balanced scorecard dan KPI yang andal, jangan segan-segan untuk menghubungi kami dengan contact person : Yodhia Antariksa, Msc in HR Management (email : antariksa@exploreHR.org dan HP : 0817 482 3235).

Kami adalah penyedia jasa konsutan BSC terkemuka di Indonesia, dengan lebih dari 100 klien yang telah dibantu dalam proses penyusunan BSC.