Bagaimana Bisa Punya Saldo Tabungan 1 Milyar Sebelum Usia 35 Tahun?

gold rerBeberapa waktu lalu saya pernah menulis artikel yang menjadi viral berjudul : Jika Sampai Usia 35 tahun Kamu Masih Miskin, Maka Salahkan Dirimu Sendiri.

Maka artikel pagi ini mungkin merupakan semacam sambungannya, dengan ambisi yang heroik : bagaimana bisa punya saldo tabungan 1 milyar sebelum usia 35 tahun?

Ya, bagaimana caranya agar kita bisa meraih rezeki yang barokah dan melimpah, sehingga kita bisa memberi sedekah lebih banyak kepada mereka yang membutuhkan?

Sajian kali ini akan membedahnya dengan renyah dan maknyuss.

Memiliki saldo tabungan 1 milyar sebelum usia 35 (atau 3 milyar saat usia 40, dan 5 milyar saat usia 45 tahun) mungkin merupakan target yang menantang, namun juga sangat mungkin dicapai.

Challenging goal but really achiaveble.

Saldo tabungan 1 milyar artinya aset kekayaan Anda diluar rumah utama yang dihuni dan mobil yang digunakan sehari-hari. Artinya 1 milyar ini bisa berbentuk deposito, emas, reksadana atau aset properti (kos, apartemen atau rumah kedua) yang disewakan.

Bagaimana caranya agar bisa punya saldo tabungan atau aset senilai 1 milyar sebelum usia 35 tahun? Ada dua rute yang paling reasonable yang bisa dilakoni untuk menembus impian itu.

Rute #1 : Berkarir Menjadi Manajer di Perusahaan Bonafid

Sekarang gaji manajer di perusahaan bonafid atau multinasional (seperti Unilever, Citibank, Telkomsel, Indofood, Astra, Bank BRI, dan perusaan sekelas lainnya) sudah menembus angka 30 jutaan per bulan. Plus bonus yang kadang bisa sampai 9 kali gaji.

(Standar Lengkap Gaji Karyawan Indonesia bisa Anda pelajari DISINI)

Kabar baiknya, kini Anda juga sudah bisa menjadi manajer di usia awal 30-an tahun. Atau bahkan usia 28 โ€“ 29, asal prestasi kerja Anda memang cetar membahana.

Dengan gaji 30 juta per bulan saat usia 30 tahun, maka akan ada sejumlah dana yang bisa di-tabung dan di-investasikan (untuk mendapatkan return yang memadai).

Tabungan sisa gaji dan return dari hasil investasi bisa membuat orang tersebut punya aset senilai 1 milyar (diluar rumah utama dan mobil yang dimiliki) – persis saat di usia 35 tahun.

Apakah bisa menjadi manajer di usia 28/29/30 tahun dengan gaji 30 jutaan per bulan? Sangat bisa. Kuncinya adalah : selepas lulus kuliah di usia 22/23 tahun Anda diterima kerja di perusahaan bonafid.

Maka Anda yang masih muda harus benar-benar berjibaku untuk bisa masuk kerja di perusahaan bonafid. Bukan di perusahaan PT. Maju Mundur atau PT. Rindu Order.

Anda harus benar-benar gigih, terus berusaha, yakin dan selalu berdoa, agar bisa diterima bekerja di top companies.

Sebab jika selepas lulus kuliah (fresh graduate) Anda diterima kerja di โ€œperusahaan yang biasa-biasa sajaโ€, maka karirmu 25 tahun ke depan bisa terus berada dalam bayang-bayang kelabu.

Sebaliknya, jika selepas lulus (saat usia 22 tahun) Anda bisa diterima kerja di perusahaan sekelas Unilever atau Telkomsel, plus ditopang prestasi kerja yang wow, maka di usia 35 tahun Anda sudah bisa punya aset 1 milyar.

Believe me.

Rute #2 : Membangun Bisnis Sendiri.

Rute yang kedua ini acap bisa menghasilkan income yang lebih maknyus. Dan seperti yang pernah saya sampaikan saat saya tampil di Metro TV : di era ledakan internet dan social media ini, makin banyak anak muda lokal usia dua puluhan yang sudah menjadi milioner.

Never too young to become a millionaire.

Ya, ledakan internet adalah berkah yang indah bagi anak-anak muda kreatif untuk menjadi milioner di usia yang relatif muda. Keajaiban internet adalah ibu kandung yang melahirkan banyak milioner muda.

Faktanya, saya sudah sering menulis profil mereka. Ada Yasa Singgih (pengusaha fashion, usia 21 tahun), Laksita Pradnya (owner produsen kaos kaki, usia 20 tahun) dan Dea Valencia (pengusaha batik, usia 24 tahun).

Dan semua anak muda belia tersebut sudah jadi milioner. Tentu saldo tabungan mereka sudah diatas 1 milyar, jauh sebelum usia 35 tahun.

Bagaimana supaya sukses membangun bisnis dalam usia belia? Modal kuncinya ada dua : kegigihan (resiliensi) dan kreativitas. Bukan modal uang. (Maka aneh kalo ada orang mau bisnis, mengeluh ndak punya modal uang. Sudah pasti orang ini tidak kreatif, dan tidak punya bakat jadi entrepreneur).

Kegigihanmu itu harganya mahal. Priceless. Kreativitasmu juga amat berharga. Kekuatan kreativitas dalam sel otakmu itu acap harganya jauh lebih mahal dibanding sebuah Toyota Alphard.

DEMIKIANKLAH, dua rute utama yang layak dilakoni untuk bisa punya saldo tabungan 1 milyar di usia 35 tahun. Dan bukan saldo tabungan yang cuma senilai Rp 2.450.000,-

Saya juga telah menyusun panduan yang lebih detil tentang tahapan untuk meraih financial freedom sebelum usia 35 tahun.

Anda bisa download panduannya secara GRATIS DISINI.

Baca, pelajari dan praktekkan.

Selamat berjuang kawan. Selamat bekerja keras meraih rezeki yang barokah dan melimpah.

Related Post

Bagaimana Cara Meracik Twitter Marketing untuk Menghasilkan Uang? Jika Anda ingin mulai menghasilkan uang dari internet, atau bahkan sudah mulai melakukannya, maka Twitter Marketing haruslah menjadi salah satu media ...
Berapa Besar Bonus Akhir Tahun yang Akan Anda Terima? 9 Kali Gaji? Beberapa minggu lagi tahun ini akan segera berakhir. Mestinya bonus akhir tahun untuk segenap manajer dan pekerja sudah bisa mulai dihitung. Jadi bera...
Bagaimana Rasanya Bekerja di Perusahaan Seperti Google ? Very fun and very productive.....begitu jawaban yang kira-kira akan diberikan jika judul tulisan ini ditujukan kepada para pekerja Google. Mungkin ...
21 comments on “Bagaimana Bisa Punya Saldo Tabungan 1 Milyar Sebelum Usia 35 Tahun?
  1. Hahahaha, saya jadi ingat…karena sekarang ketika pertama kali membaca buku Safir Senduk yang berjudul “Siapa Bilang jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya?”

    Faktanya, banyak sekali orang yang meremehkan kreativitas.

    Bahkan tak jarang pula yang berusaha membunuh kreativitasnya dengan cara yang bodoh. Misalnya dengan menyebarkan kekhawatiran.

    Jika dicermati sih, antara tabungan dan aset memang tidak sama.

    Menurut pandangan saya pribadi, segala sesuatu yang sifatnya produktif juga dapat dikatakan aset, contohnya website yang sedang kita bangun dari Nol.

    Maka sangat mungkin untuk diraih Aset 1 m pada saat berusia 35 tahun, semuanya mungkin aja sih…

  2. Kedua cara itu, Berkarir Menjadi Manajer di Perusahaan Bonafid atau Membangun Bisnis Sendiri, keduanya memerlukan proses, dan hanya mereka yang mampu bertahan, tekun, dan pantang menyerah menjalani proses itu yang akan keluar dengan senyum mengembang.

    Nikmati prosesnya dan jangan lupakan berdo’a.

  3. Jika anda pegawai biasa saja..cobalah buat blog yang profesional dan isinya solid dan tertarget.

    Sabar dan jangan terlalu cepat kaya karena adalag efek dari kita berproses. Yang mahal itu kebebasan waktu dan tentunya financial

    Terima kasih mas Yod doakaan tetep istiqomah.

  4. Kegigihan & Kreatifitas.. Semangat yang kembali membakar siapapun yg membaca nya..

    Yuk Berjuang.. Saldo 1 M, Aset 1 M, Piutang 1 M

  5. Kalau aku sekarang lagi belajar mendalami satu bidang, yang bisa buka jasa juga, tapi bisa juga berwirausaha. yaitu IM ๐Ÿ˜€
    soalnya masih 19th, semoga 2-3 tahun kedepan udah bisa expert

  6. Iya sih bro bener.
    tapi kalau kita bisa menjadi mukmin yang kuat (baik dari agama, ekonomi maupun fisik)
    itukan bakal jadi lebih baik ๐Ÿ™‚
    #i think

  7. Untuk yang berusia di atas 35 tahun jangan berkecil hati. Tetap berjuang karena ide usaha tidak mengenal usia dan rezeki bisa datang jika kita tetap berusaha..terimakasih artikelnya

  8. Prinsip hidup yang saya jalankan dan tiem dalam membangun dan mengembangkan ecommerce kami adalah diawali dengan Ikhtiar (Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Nyata dan Kerja tuntas)

    Setelah itu dilanjut ke Tawakkal (Shalat, Berbuat baik dan bersabar) dan yang paling tinggi dari itu semua itu yang jika sudah dilasanakan poin diatas adalah istiqomah.

    Jadi Istiqomah buat tiem adalah tingkatan tertinggi dalam hal apapun. ๐Ÿ™‚

    Sukses buat kita semuanya

  9. Inspiratif…
    pas banget sekarang pas 35th, tapi tabungan belum segitu…hiks..
    semoga bisa cepat terkumpul saldonya..
    amiien..

    Makasih pak Yodhia buat artikelnya..

  10. cara yang luar biasa menarik,,,namun untuk jadi manajer enggak mudah dan harus berbenturan dengan saingan…

    cara terbaik adalah berwiraswasta.

    makasih atas share artikelnya

Comments are closed.