7 Skills yang Perlu Anda Pelajari Saat Pandemi

Artikel ini merupakan kontribusi dari guest blogger Mas Afik Canggih yang punya Podcast Keren DISINI.

Ditengah Pandemi seperti saat ini, jutaan orang terdampak finansialnya sampai dirumahkan atau bahasa lainnya di-PHK . Efeknya banyak orang menjadi tidak memiliki pekerjaan dan tidak memiliki penghasilan.

Hal ini terjadi karena sebagian perusahaan berkurang pemasukannya sehingga memaksa mereka untuk melepas sebagian karyawannya untuk bertahan hidup.

Kalau Anda salah satu dari orang yang terdampak krisis ekonomi seperti ini, jangan berkecil hati karena rezeki bukan hanya dari gaji. Percayalah, ketika satu pintu tertutup ada seribu pintu rezeki terbuka untuk Anda.

Memang tidak instan, tapi 7 kemampuan ini bisa Anda pelajari secara gratis maupun berbayar di berbagai artikel, video maupun buku. Kemampuan apa saja kah itu? Mari kita bahas:

1. SELLING
Jualan atau Selling hanya sebagian kecil dari keseluruhan aktivitas dalam bisnis, akan tetapi peran jualan begitu penting. Bisnis yang menghasilkan produk terbaik, belum tentu sukses kalau orang-orang didalamnya tidak bisa jualan.

Guru-guru besar mengatakan Cash is King, dan uang cash hanya bisa didapatkan ketika ada transaksi dalam bisnis tersebut. Lalu apa yang sebaiknya Anda lakukan? Anda bisa mencari produk baik itu di marketplace maupun di social media. Lalu daftarlah menjadi reseller dan mulailah berjualan.

Mulailah menghasilkan terlebih dahulu dengan menjual produk merek orang lain, jangan memulai bisnis dari membuat produknya dulu karena membuat produk dan membangun merek membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan waktu yang tidak sebentar.

2. PUBLIC SPEAKING
Hanya bermodalkan smartphone dan koneksi internet saja, sebenarnya Anda bisa menjadi Youtuber. Dan youtuber hebat biasanya memiliki skill public speaking yang mumpuni.

Berdasarkan survey yang dilakukan Chapman University, di tahun 2016 ada sebanyak 25,9% warga Amerika yang memiliki ketakutan terhadap Public Speaking. Yang menggelitik adalah, ketakutan terhadap banjir hanya 22%. Artinya orang lebih memilih kebanjiran daripada harus berbicara depan panggung!

Hal ini yang membuat seorang pembicara itu langka.

Dengan memiliki video di youtube, maka saldo Anda akan terselamatkan dengan adsese iklan yang Anda dapatkan. Ditambah lagi kalau Anda memiliki konten yang menarik dan membuat orang penasaran dengan konten Anda berikutnya.

Gimana, apakah Anda sudah memiliki skill public speaking?

3. MONEY MANAGEMENT
Mengelola keuangan sebenarnya bukanlah yang susah, karena setiap uang yang Anda terima akan nurut dengan Anda mau dibawa kemana uang itu Anda belanjakan.

Tapi mengelola uang menjadi cukup susah karena pikiranlah yang memutuskan untuk membeli hal yang tidak perlu, dan pelit dengan sebuah peluang bisnis yang menjanjikan.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengelola pikiran agar tidak membeli hal yang tidak penting. Tidak membeli produk yang cuma sekedar keinginan.

Berkaitan dengan hal ini, tokoh hebat bernama Warren Buffet mengatakan “If you buy things you do not need, soon you will have to sell things you need”.

4. DESIGN FOTO dan VIDEO
Aktivitas ini bisa Anda kerjakan dimana saja seperti di Rumah saja. Era online seperti saat ini membuat foto dan video menjadi penampilan penting baik individual maupun perusahaan. Karenanya memiliki kemampuan editing foto dan video, menguasai photoshop, adobe illustrator dan semacamnya menjadi intangible asset bagi Anda.

Meski tutorial cara mengedit dibuka begitu lengkap di berbagai blog dan youtube, tidak banyak yang mau dan tekun mempelajarinya. Anda bisa menangkap peluang ini dan mulai menjadi editor.

5. CREATIVE THINKING
Meski beberapa jenis produk dan usaha mengalami penurunan omset, orang-orang yang mampu berpikir kreatif mampu mengatasi badai krisis ekonomi dengan cara yang sulit dibayangkan.

Sebagai contoh ada beberapa kenalan saya yang awalnya menjual boneka, yang sempat mengalami penurunan karena orang tidak lagi ingin membeli boneka ketika pandemi.

Tidak kehabisan akal, dengan bahan kain yang ia miliki dan resources mesin jahit. Ia membuat masker kain. Ia tidak menjual dengan harga mahal, akan tetapi keuntungan kecil akan menjadi besar ketika kuantitasnya banyak.

Hal serupa juga dilakukan oleh stand up comedian Raditya Dika yang membuat konten audisi stand up comedy hanya melalui suara.

Tertarik untuk belajar berpikir kreatif? Silakan dicoba…

6. NEGOTIATION
Disadari atau tidak, negosiasi adalah ilmu penting yang sering kita pakai. Contoh gampangnya saat Anda menyuruh anak Anda mandi, dan si Kecil menolak, lalu Anda mulai bernegosiasi dengan janji membelikan es krim atau jajan. Itu adalah bagian dari negosiasi.

Dalam bisnis, skill ini menjadi penting saat Anda berhadapan dengan supplier maupun customer yang nawar ingin mendapatkan harga murah. Dan saya sampaikan lagi, bagaimana caranya? Anda bisa mencarinya di google maupun youtube.

7. COPYWRITING
Mungkin sebagian dari Anda baru mendengar kata ini, copywriting adalah segala bentuk tulisan yang bertujuan untuk menjual produk. Memang foto dan video berperan penting dalam bisnis online, akan tetapi copywriting-lah yang membuat orang tertarik dan membeli produk.

Di Instagram, copywriting letaknya di caption, di Youtube pemilihan judul dan deskripsi video menjadi peran penting agar video tersebut ditemukan orang. Di Facebook dan blog tidak perlu dibahas lagi, sangat penting.

Nah, Kabar baiknya, saya berbagi Teknik copywriting secara GRATIS dan bisa Anda pelajari di podcast saya. Untuk mendengarkan podcast dari saya, Anda boleh klik DISINI. Sekali lagi GRATIS…

Kenapa saya sampaikan dalam bentuk podcast, hal ini agar Anda bisa mendengarkan dan mendapatkan ilmu dari saya sambil masak, sambil berkendara, dan bisa diselingi aktivitas lainya…

Meski kondisi pandemik ini kita semua tidak tahu kapan berakhirnya, saya tetap mendoakan semoga keadaan finansial kita membaik. Jangan lupa share artikel ini agar manfaatnya tersebar luas.

Related Post

Sajian Podcast, Powerful Video Learning dan Infografis yang Memukau Selama ini, selama 8 tahun tanpa henti, tiap Senin pagi Blog Strategi + Manajemen selalu berusaha menghadirkan sajian teks yang bermutu tinggi dan sar...
Business War : Taman Kematian bagi Bad Management Skills Padang kurusetra bernama perang bisnis itu selalu saja meninggalkan duka bagi mereka yang terluka. Microsoft sudah lama mengalami stagnasi. Dell kini...
Anda Ingin Lebih Kreatif ? 40 Cara Wow ini Wajib Anda Lakukan Edisi infografis perdana yang super keren ini adalah tentang 40 cara menjadi lebih kreatif. Anda ingin menjadi lebih kreatif? 40 cara wow berikut ini ...
11 comments on “7 Skills yang Perlu Anda Pelajari Saat Pandemi
  1. Sajian renyah pak, inspiratif. Dikala pandemi kita harus hemat dan kreatif mencari sumber pendapatan. Jadi semangat mengasah skill jualan yang sebelumnya hanya ditawarkan ke tetangga tak ada salahnya tawarkan ke sosial media

  2. benar sekali pak Yodhia, pada masa ini saya semakin menyadari kemampuan membuat video bisa menjadi senjata yang ampuh dalam meraup cuan.
    Dan mungkin boleh saya tambahkan, yaitu kemampuan skill acquisition pak. Karena pada masa ini, perubahan trend bisa dibilang cukup cepat.

    Terima kasih atas artikel yang bergizi seperti biasanya.
    Salam

  3. Perubahan dalam masa pandemi ini memang cukup masif. Artis aja mulai pada berbondong-bondong jadi Youtuber.
    Kalau skill Programming, kira2 masuk gak yaa? Jadi software developer, web developer, atau mobile apps developer.

  4. Alhamdulillah nemu ilmunya yang “daging” abis…

    Materi seperti inilah yang memang patut kita kuasai dikala pandemi seperti sekarang ini.

    Thanks sudah berbagi ya. Salam kenal

Comments are closed.