Bagaimana Cara Melatih Pikiran dan Mengatasi Negative Over-thinking?

Pikiran yang ada dibalik sel saraf otak kita itu tak pelak merupakan bekal esensial bagi kita dalam menjalani perjuangan hidup yang acap penuh rintangan ini.

Saat pikiran kita mudah stuck dan tulalit, maka hampir pasti nasib kita akan stagnan dan tenggelam dalam kenestapaan yang perih.

Pun demikian, jika pikiran kita acap dibayangi oleh negative over-thinking, maka masa depan yang kelam barangkali akan terus menyergap.

Itulah kenapa menjadi penting agar kita terus berupaya untuk melatih pikiran kita agar kian tajam dan tajir kemampuannya.

Dalam sajian kali ini, saya hendak membedah sebuah buku menarik tentang topik tersebut. Judul bukunya adalah Train Your Mind, Change Your Brain.

Buku ini berisikan risalah saintifik tentang bagaimana cara melatih pikiran kita dan kemudian pelan-pelan mengubah struktur sel saraf yang ada dalam otak kita.

Proses melatih pikiran dan sel saraf ternyata memang secara ilmiah terbukti bisa dilakukan. Proses ini bisa dilakukan karena temuan terbaru dalam ilmu neurologi (ilmu tentang brain science) menunjukkan adanya fenomena yang disebut dengan “brain plasticity”.

BRAIN PLASTICITY merujuk kepada fakta bahwa sel saraf dalam otak itu ternyata bersifat plastis, atau fleksibel seperti otot (muscle).

Seperti halnya otot kita, kalau jarang dilatih maka akan tertumpuk dengan lemak, dan melemah kekuatannya. Sebaliknya, jika kita rajin melatih otot kita, misal dengan sit up atau angkat beban, maka otomatis otot tubuh kita akan makin menguat.

Konsep serupa terjadi pada brain plasticity. Saat kita paham cara melatih pikiran dan otak kita, maka sel-sel saraf yang ada dalam otak kita akan mengembang dengan kekuatan luar biasa.

Sebaliknya, kalau pikiran kita justru terus dilatih untuk hanya fokus pada negative overthinking, maka kekuatan sel saraf kita akan melemah dan rapuh.

Jadi bagaimana cara melatih pikiran untuk mengubah kekuatan otak kita itu?

Saya membahasnya dalam video renyah dibawah ini. Di dalamnya, saya melacak satu teknik praktikal namun powerful untuk membuat pikiran kita menjadi makin cetar membahana.

Apa satu teknik yang powerful itu? Dan bagaimana cara mengatasi negative over-thinking? Saya mengulasnya dengan tuntas dan ringkas dalam dalam sajian video amazing dibawah ini. Enjoy it.

Laydown

Related Post

4 Cara Ampuh untuk Membuat Otak Anda tetap Tajam dan Sedikit Lebih Jenius Ketajaman dan kejernihan otak Anda tak pelak merupakan pilar paling kunci untuk meraih keberhasilan hidup. Kehebatan hidup Anda mungkin sebagian be...
6 Tips Praktikal agar Sel Otak Anda Tidak Menjadi Ambyar, Stuck dan Tulalit Sel otak kita itu tak pelak merupakan salah satu pilar kunci untuk membuat kita bisa meraih sukses. Saat sel otak kita macet, stuck dan ambyar...
Kenapa Internet telah Menghancurkan Thinking Skills Kita? Beberapa pekan lalu, sambil duduk leyeh-leyeh di serambi rumah, saya melakoni apa yang selalu saya lakukan di kala sore yang senggang dan teduh : memb...
7 comments on “Bagaimana Cara Melatih Pikiran dan Mengatasi Negative Over-thinking?
  1. Pembahasannya keren banget Pak apalagi ada videonya.

    Satu lagi asupan bergizi agar kebal terhadap informasi berlimpah ruah di sekitar kita.

    Salam sukses penuh keberkahan.

Comments are closed.