Berkenalan dengan Investasi Masa Kini Cryptocurrency

Artikel ini merupakan artikel pariwara dari TOKENOMY, sebuah start up yang ingin membangun ekosistem Cryptocurrency – dan juga bekerja sama dengan Fintech Lab – National University of Singapore.

Bitcoin menjadi cukup populer beberapa tahun belakangan ini. Sebagai salah satu mata uang cryptocurrency, bitcoin mampu memberikan benefit yang tinggi. Bahkan bitcoin masuk dalam daftar tertinggi Crypto investment. Oleh sebab itu, kini saatnya kamu juga mengenal dan ikut dalam investasi yang menjanjikan ini.

Jenis – Jenis Cryptocurrency

Pada dasarnya, cryptocurrency memiliki banyak sekali jenis. Namun, hanya beberapa saja yang masuk dalam jajaran atas investasi. Cryptocurrency sendiri memiliki lebih dari 1000 jenis. Meski demikian, ada 5 jenis cryptocurrency yang popularitasnya terus naik. Kelima mata uang tersebut adalah Bitcoin, Litecoin, Monero, Ethereum, dan Ripple. 

Dari kelima jenis mata uang cryptocurrency di atas, ada satu yang paling terkenal. Cryptocurrency yang paling terkenal adalah bitcoin. Bitcoin merupakan crypto investing paling populer. Dikabarkan, harga untuk bitcoin akan terus naik. Jumlah bitcoin juga tidak akan habis dalam waktu singkat. 

Penemu bitcoin, telah menciptakan sekitar 21 juta koin. Dengan jumlah yang fantastis, BTC tidak akan habis ditambang hingga tahun 2140 nanti. Jadi, investasi dalam bentuk bitcoin akan sangat menguntungkan di masa mendatang. 

Investasi Staking Online

Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu temukan dalam Crypto management. Sama halnya seperti mata uang konvensional, mata uang cryptography juga menyediakan berbagai ragam instrumen investasi. Salah satu investasi cryptocurrency yang bisa kamu coba adalah staking

Jika dalam dunia finansial kamu mengenal deposito, maka dalam dunia maya ada , staking online. Staking online mirip dengan deposito hanya saja menggunakan mata uang digital; seperti bitcoin. Staking online memungkinkan kamu meletakkan uangmu dengan beberapa keuntungan lalu mendapatkan imbal hasil. 

Staking btc ada dua macam yaitu PoS (Proof of Stake) dan PoW (Proof of Work). Sederhananya, dengan PoS berarti kamu mengendapkan uang digital dalam kurun waktu tertentu. Kamu akan mendapatkan imbal hasil sesuai dengan jumlah koin yang kamu investasikan. Sedangkan PoW melihat pada seberapa besar kemampuan untuk memecahkan persoalan. 

Investasi Passive Income 

Buat kamu yang tidak memiliki banyak waktu, maka sebaiknya kamu coba crypto funds. Dalam bahasa sederhananya, crypto funds ini seperti reksadana. Crypto funds juga menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Meski demikian, kamu tidak perlu terlibat terlalu banyak atau melakukan usaha besar. Kamu bisa memperoleh imbal hasil investasi dengan baik tanpa perlu bekerja secara langsung.

Trading Cryptocurrency

Ada juga yang dikenal dengan trading cryptocurrency Indonesia. Trading cryptocurrency sudah cukup umum ada di Indonesia. Meski begitu, tidak semua broker menyediakan trading jenis mata uang digital. Jika kamu memilih investasi dalam bentuk trading mata uang digital, kamu juga tidak perlu melakukan banyak usaha. Sama halnya dengan investasi dalam bentuk saham, forex dan sebagainya, trading crypto tidak memerlukan banyak pengetahuan khusus. 

Cara untuk melakukan trading crypto juga cukup mudah. Kamu hanya perlu membeli mata uang digital pilihanmu pada exchange yang ada. Lalu, kamu tinggal menunggu hasil dari investasi tersebut. Ini adalah cara paling mudah untuk melakukan investasi trading pada mata uang digital. 

Kekurangan Cryptocurrency

Mata uang digital digadang sebagai mata uang dengan banyak kelebihan. Karena dilengkapi dengan blockchain, maka keamanan mata uang digital sangat terjamin. Hanya saja, ada beberapa kekurangan dari mata uang digital. Mata uang digital merupakan mata uang desentralisasi. Mata uang crypto juga menggunakan wallet digital sebagai wadah penyimpanan. Akan sangat berisiko jika kamu sampai lupa dengan wallet key.  Jika lupa wallet key kamu tidak akan bisa membuka digital wallet-mu.

Kekurangan lain dari cryptocurrency adalah berkaitan dengan aturan pemerintah. Sampai saat ini, keberadaan cryptocurrency masih dilarang pemerintah. Dengan begitu, risiko pelanggaran hukum mungkin saja bisa terjadi. Nilai mata uang digital juga naik dan turun tanpa bisa diprediksi. Hal ini bisa menjadi keuntungan sekaligus kerugian dari penggunaan mata uang digital. 

Kesimpulannya, cryptocurrency cukup menjanjikan. Investasi cryptocurrency bisa memberikan timbal balik yang sangat tinggi. Setiap instrumen investasi dengan nilai tinggi tentu juga memiliki risiko yang tinggi. Tips untuk kamu adalah, kamu harus mempelajari tipe investor seperti apa dirimu. 

Artikel ini merupakan artikel pertama dari serial lima artikel. Sambungan artikel bisa dibaca DISINI.

Artikel dipersembahkan oleh TOKENOMY – start up yang hendak membangun ekosistem Cryptocurreny.

Related Post

Mengenal Staking pada Cryptocurrency Artikel ini merupakan artikel pariwara dari TOKENOMY, sebuah start up yang ingin membangun ekosistem Cryptocurrency – dan juga bekerja sama denga...
Tentang Trading Crypto dan Cara Menjalankannya Artikel ini merupakan artikel pariwara dari TOKENOMY, sebuah start up yang ingin membangun ekosistem Cryptocurrency – dan juga bekerja sama denga...
Belajar Investasi di Cryptocurrency Untuk Pemula! Artikel ini merupakan artikel pariwara dari TOKENOMY, sebuah start up yang ingin membangun ekosistem Cryptocurrency - dan juga bekerja sama denga...
3 comments on “Berkenalan dengan Investasi Masa Kini Cryptocurrency

Comments are closed.