Cara Ampuh Menjalani “The Million Dollar Morning Ritual”

Menjalani ritual atau habit istimewa semenjak pagi hari atau bahkan dini hari, selepas bangun tidur adalah salah satu penentu sukses masa depan.

Sebutannya adalah : million dollar morning ritual. Maknanya adalah saat kita telah memiliki beragam kebiasaan atau ritual hebat sejak bangun tidur, maka niscaya kita akan bisa menjalani hari itu dengan super produktif.

Para pakar habit dan produktivitas bilang : saat kita mampu menjalani ritual pagi yang hebat, maka ritual ini akan mampu membawa “domino effect” di sepanjang hari yang kita lalui.

Dengan kata lain, ritual hebat pagi hari akan menular dan memberi energi yang dahsyat bagi kecakapan kita untuk menaklukkan tantangan di hari itu. Kalau kita ulangi ini tiap pagi, dijami hidup kita akan jadi top markotop dan jos markojos.

Jadi apa saja your morning ritual? Apa saja million dollar morning ritual Anda?

Gambar di bawah ini memberikan semacam ilustrasi atau sampel yang bisa dilakukan untuk membangun million dollar morning ritual. Perhatikan jadwal dan isinya.

Ilustrasi di atas adalah contoh morning ritual yang bagus dan layak diteladani.

Namun saya pribadi punya million dollar morning ritual yang agak berbeda dengan yang ada di atas, dan menurut saya juga tak kalah epikknya.

Berikut usulan Million Dollar Morning Ritual yang saya ajukan :

Jam 04.00 – Bangun

Jam 04.00 – Shalat Tahajud dan lalu disambung meditasi/tafakur

Jam 04.30 – Shalat Subuh berjamaah di mesjid dekat komplek lalu disambung baca Al Qur’an minimal 3 halaman beserta terjemahannya

Jam 5.30 – Baca buku atau baca koran pagi secara online

Jam 06.00 – Olahraga jalan kaki sepanjang 3 KM

Jam 07.00 – Sarapan dan mandi pagi

Jam 07.30 – Siap kerja cari nafkah

Ritual pagi hari seperti di atas adalah morning ritual yang saya usulkan kepada teman-teman (dan saya sendiri masih terus berjuang untuk juga melakukannya dengan konsisten).

Dari ritual pagi di atas, ada setidaknya empat elemen habit yang selayaknya memang benar-benar bisa kita lakukan, yakni : 1) bangun dinihari dan shalat Tahajud, lalu 2) habit shalat Subuh berjamaah di masjid (dengan tetap patuh pada aturan prokes selama Pandemi belum reda); lalu disambung 3) tadarus Al Quran dan terjemahannya, dan kemudian disambung 4) olahraga pagi.

Jika kita bisa melakukan empat elemen morning ritual atau morning habit seperti di atas, dijamin hidup kita akan lebih indah dan sumringah.

Saya sendiri merasakannya. Saat saya berhasil melakukan serangkaian morning ritual seperti di atas (meski adakalanya tidak berhasil karena kebablasan tidurnya), maka saya merasa hari itu menjadi hari yang produktif dan membahagiakan jiwa.

Kombinasi spritual habit x exercise habit adalah kombinasi paten yang benar-benar bisa membuat kita menjadi insan yang super produktif, puas secara batiniah, dan juga bugar secara lahiriah.

Bagaimana cara agar bisa bangun jam 4 dinihari? Simpel caranya : mulailah tidur sejak jam 9 malam. Sebab para sleeping experts bilang, tidur yang bagus itu minimal selama 7 – 8 jam tiap malam. Jika kita bisa mulai tidur jam 9 malam dan bangun jam 4 pagi artinya kita bisa tidur selama 7 jam.

Bagaimana cara agar jam 9 malam sudah bisa tidur? Matikan televisi atau gadget sejak jam 8 atau jam 8.30 malam. Ubah kebiasaan nonton Netflix atau main gadget saat malam hari menjadi kebiasaan membaca buku untuk mengantar tidur.

Lalu bagaimana jika seseorang baru pulang kerja jam 9 malam tiap harinya. Hmm. Artinya kantor dimana ia kerja relatif kurang bagus dalam mengelola waktu atau time management.  Atau mungkin workload management-nya kurang optimal.

Berikhtiarlah mencari kantor atau perusahaan yang lebih menghargai work and life balance. Sesungguhnya, masih banyak kantor yang menghargai waktu personal para karyawannya, demi menjalani hidup yang lebih sehat dan meaningful. Bahkan sekarang banyak kantor yang membolehkan WFH bagi para karyawannya, sepanjang hasil kerja bagus dan memuaskan.

Sebab kemampuan menjalani morning ritual yang hebat memang dimulai dari malam harinya, yakni dengan menjalani pola tidur yang sehat dan berkualitas dalam durasi yang cukup memadai.

Menjalani kebiasaan malam hari yang tidak sehat, atau sering ridur larut malam, niscaya akan gagal melahirkan ritual pagi hari yang super produktif. Dan akhirnya kegagalan ini akan menimbulkan negative domino effect juga. Karena ritual pagi berantakan, maka seseorang akan cenderung menjalani hari tersebut dengan tidak optimal.

Sekali lagi, habit atau kebiasaan adalah komponen paling krusial dalam perjalanan menentukan nasib masa depan. Kenapa? Sebab habit ini diulangi tiap hari secara berulang dan terus menerus, dalam jangka yang amat panjang.

Saat kita mampu membangun million dollar morning habit yang luar biasa (seperti contoh di atas), maka dampaknya juga akan amat powerful.

Sebaliknya, saat morning ritual kita berantakan, maka hidup kita mungkin juga akan makin termehek-mehek, dan penuh dengan narasi kenestapaan.

Laydown

Related Post

1 Habit Ajaib yang akan Mengubah Hidup Kita Selamanya Dalam sajian dua minggu lalu kita sudah mengulas 3 jenis habits kunci yang amat perlu kita jalani, yakni habit olahraga, habit membaca buku, dan ...
The Power of Habit to Change Your Life Pada akhirnya, nasibmu itu amat ditentukan oleh serangkaian perilaku (behavior) yang Anda praktekkan dalam keseharianmu. Dan perilaku atau behavior ya...
2 Habits Kunci yang akan Membuat Otak Anda Makin Cerdas dan Produktif Minggu lalu kita sudah mengulas tiga jenis habit kunci bagi masa depan yang sukses dunia dan akherat. Tiga jenis habits ini adalah : exercise hab...