The Science of Success : Cara Terbaik untuk Meraih Keberhasilan dalam 7 Dimensi Kunci Kehidupan

Artikel ini merupakan cuplikan dari isi buku The Science of Succes : Strategi Meraih Sukses dalam 7 Dimensi Kehidupan karya Yodhia Antariksa.

Apa sebenarnya definisi dan makna kunci dari kata SUKSES? Sederhana. Sukses sejatinya adalah saat Anda berhasil mewujudkan harapan personal Anda (personal goal). Dengan kata lain, secara esensial sukses adalah saat Anda berhasil merealisasikan segenap impian dan angan-angan Anda menjadi realitas nyata.

Dan harapan personal Anda yang menjelma menjadi kenyataan itu tidak harus berupa  sukses finansial semata. Sukses bisa menjelma menjadi dalam beragam dimensi kehidupan. Misal, saat seseorang bermimpi bisa sekolah ke luar negeri dengan beasiswa dan kemudian dia berhasil mewujudkannya, maka sejatinya ia telah meraih sukses keilmuan. Atau saat ada orang yang punya angan-angan bisa menulis buku bisnis yang legendaris dan kemudian dia berhasil merealisasikannya, maka ia sejatinya telah merenggut sukses profesional.

Contoh lain, saat ada orang yang berangan-angan bisa menyelesaikan lomba lari marathon dan dia bisa wujudkan angan-angan itu, sesungguhnya dia juga telah meraih sukses dalam dimensi kesehatan fisikal. Atau manakala ada orang yang punya cita-cita ingin bisa salat Tahajud tiap malam dan dia berhasil melakukannya dengan konsisten, maka ia pada dasarnya telah meraih sukses spiritual.

Contoh lain lagi, kalau ada orang yang punya cita-cita ingin membangun perpustakaan umum di kampungnya dan kemudian dia bisa wujudkan cita-cita itu, maka ia telah merengkuh sukses sosial. Atau satu contoh lagi, saat ada orang ingin bisa punya aset investasi senilai Rp 1 milyar, dan dia bisa wujudkan harapan itu, maka dia sejatinya telah meraih sukses finansial. Dan jika ada orang yang punya angan-angan bisa menjadi VP pada sebuah perusahaan multinasional dan kemudian dia bisa jadikan angan-angan itu menjadi realitas, maka ia telah meraih sukses karier.

Pendeknya, sukses itu multidimensi dan bersifat holistik. Sukses memiliki banyak wajah dan sukses sejati hanya bisa kita rengkuh manakala kita bisa meraih sukses atau bisa mewujudkan harapan personal dalam beragam bidang kunci kehidupan yang multidimensional tersebut.

Sukses yang holistik hanya bisa kita peluk saat kita bisa mewujudkan harapan personal dalam beragam dimensi kunci kehidupan. Sebab tak jarang sejumlah orang bisa meraih sukses masif dalam sebuah dimensi tertentu, namun mengalami kegagalan total dalam dimensi lainnya. Misal, seseorang bisa meraih sukses finansial yang masif, namun gagal dalam bidang pengembangan keluarga yang harmonis dan produktif. Atau bisa juga ada orang yang meraih sukses profesional, namun dirinya termehek-mehek dalam aspek spiritual.

Atau ada juga orang yang sukses dalam dimensi spiritual dan sosial, namun sayangnya gagal dalam dimensi finansial. Atau ada yang sukses dalam kariernya, namun gagal total dalam meraih sukses kesehatan fisikal tubuhnya.

Kesuksesan yang timpang semacam itu sesungguhnya belum layak disebut sebagai sukses sejati. Dengan kata lain, sukses kekayaan, ketenaran dan kemegahan, mungkin pada akhirnya hanya akan meninggalkan duka, saat misalnya tidak disertai dengan sukses spiritual, sukses kesehatan, sukses sosial ataupun sukses kebahagiaan jiwa yang hakiki.

Tentu saja yang sangat kelam adalah saat misalnya Anda mengalami kegagalan dalam beragam dimensi kehidupan. Harapan sukses finansial Anda kandas di tengah jalan. Lalu, impian sukses spiritual Anda juga makin jauh dari jangkauan. Dan setelah itu, Anda juga makin sulit meraih sukses kebahagiaan jiwa yang penuh suka cita.

Anda seperti terjebak dalam sebuah “kegagalan yang holistik” atau kegagalan yang paripurna. Kegagalan sempurna dalam berbagai aspek kehidupan. Betapa malangnya nasib kalau memang demikian adanya.

Sukses Sejati dalam 7 Dimensi Kehidupan

Itulah kenapa dalam buku tentang the science of success ini, kita akan menjelajahi strategi kunci untuk bisa merengkuh sukses dalam beragam dimensi kunci kehidupan secara menyeluruh. Sebab sekali lagi, sukses yang holistik hanya bisa kita dekap dengan erat dan penuh rasa bahagia, manakala kita bisa mewujudkan impian personal kita dalam segenap dimensi kunci kehidupan secara komprehensif.

Di dalamnya kita akan mengulik temuan-temuan saintifik (based on science) yang terbukti berguna untuk meningkatkan peluang kita meraih sukses dalam berbagai aspek kehidupan yang penting. Dus dengan kata lain panduan praktikal yang nanti akan disajikan dalam buku ini, semuanya berbasis pada temuan ilmiah yang sudah terbukti valid tentang the science of success (dan bukan berdasar perasaan atau feeling samata).

Secara spesifik, kita akan menjelajahi strategi sukses dalam 7 dimensi paling kritikal dalam arena kehidupan yang kita jalani, yakni:

  1. Sukses Kebahagiaan
  2. Sukses Profesional
  3. Sukses Finansial
  4. Sukses Sosial
  5. Sukses Spiritual
  6. Sukses Keluarga
  7. Sukses Kesehatan dan Kebugaran

Sukses Kebahagiaan

Sukses kebahagiaan merupakan salah satu pilar sukses yang layak kita kejar. Sebab pada akhirnya salah satu impian final yang hampir dimiliki oleh semua orang di segenap kolong jagat ini pasti adalah ingin bisa menjalani hidup yang membahagiakan.

Kemampuan untuk membuat hati merasa bahagia dan tentram dalam sebagian besar waktu yang kita jalani adalah sebuah sukses masif yang layak kita perjuangan. Bahkan, Anda belum bisa disebut sukses beneran jika Anda gagal dalam dimensi ini. Sebab apa artinya bisa raih sukses dalam bidang-bidang lainnya, jika jiwa dan hatimu tak pernah merasa bahagia? Dan sungguh hidup kita hanya akan bisa bermakna jika kita bisa selalu merajut perasaan bahagia dalam sekujur batin kita.

Namun, yang menarik, temuan terkini dalam the science of sucess juga menemukan fakta berikut: Anda akan menjadi lebih bisa meraih sukses dalam beragam bidang lainnya jika Anda sukses meraih kebahagiaan terlebih dahulu dalam jiwamu. Dengan kata lain, sukes kebahagiaan adalah modal awal bagi Anda untuk bisa meraih sukses lainnya, seperti sukses finansial, sukses karier, hingga sukses kesehatan. Sukses jiwa atau sukses kebahagiaan hati adalah pondasi dengan mana Anda akan bisa membangun monumen kusuksesan dalam beragam dimensi lain kehidupan.

Lanjutan narasi indah tentang the story of success ini bisa disimak dalam buku saya berjudul : The Science of Success – Strategi Meraih Sukses dalam 7 Dimensi Kehidupan. Bukunya bisa dipesan DISINI.

Related Post

Bagaimana Cara Meraih Sukses Masa Depan dengan Kekuatan Good Habits dan Life Skills? Minggu ini saya resmi me-launch 3 buku amazing yang akan bisa mengubah arah masa depan Anda secara signifikan. Jika dikombinasikan, maka tema utama...
Setelah Melepas Gaji 21 Juta/Bln, Saya harus Sukses sbg Full Time Blogger. Sebab Jika Gagal, Saya B... Artikel ini merupakan kontribusi dari guest blogger bernama Herman Yudiono. Tidak pernah terbayangkan saya akan menjadi full time blogger. Bahkan d...
Kapan Waktu Terbaik untuk Pindah Kuadran secara Sukses? Pindah kuadran adalah sebuah istilah yang menjadi sangat populer lantaran buku best seller bertajuk Rich Dad, Poor Dad karangan Robert T. Kiyosak...