Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan Karyawan bagi Kemajuan Bisnis Anda

Sebuah perusahaan bisnis harus mengetahui pentingnya program pelatihan dan pengembangan bagi karyawan jika ingin mencapai keberhasilan bisnis.

Program-program ini tidak hanya menawarkan kesempatan bagi karyawan untuk meningkatkan keterampilan mereka, tapi juga bagi para pemberi kerja untuk meningkatkan produktivitas karyawan dan meningkatkan budaya perusahaan.

Program ini juga dapat mengurangi tingkat turnover perusahaan.

Studi pada tahun 2020 di Amerika menunjukkan betapa pentingnya hal ini bagi laba perusahaan, menurut laporan tersebut tingkat turnover sukarela karyawan pada perusahaan Amerika menyebabkan kerugian bisnis lebih dari $630 miliar dolar per tahun.

Tidak mengherankan jika karyawan yang mendapatkan kesempatan untuk belajar, berkembang dan maju lebih mungkin untuk bertahan di perusahaan.

Pengembangan karyawan adalah upaya berkelanjutan untuk memperkuat kinerja melalui pendekatan seperti pembinaan, sesi pelatihan dan leadership mentoring.

Pelatihan adalah acara khusus yang mengajarkan informasi atau keterampilan baru, sering kali diberikan kepada karyawan baru atau yang baru dipromosikan.

Artikel kali ini akan membahas mengenai pentingnya pelatihan dan pengembangan karyawan dalam kesuksesan bisnis.

Pelatihan dan Pengembangan Meningkatkan Kinerja Karyawan

Program pengembangan dan pelatihan karyawan sangat penting untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Faktanya laporan tahun 2019 yang diterbitkan dalam The International Journal of Business and Management Research menunjukkan terdapat sebanyak 90% karyawan yang disurvei setuju atau sangat setuju bahwa program pelatihan dan pengembangan meningkatkan kinerja pekerjaan mereka.

Perusahaan dapat menawarkan berbagai jenis kesempatan pelatihan dan pengembangan secara daring ataupun luring bagi karyawan.

Mereka pun dapat menggunakan pelatihan internal, pelatihan pihak ketiga atau aktivitas di luar lokasi untuk memberi peluang tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis pelatihan dan pengembangan bagi karyawan:

  • Pelatihan Manajemen
  • Pelatihan Penjualan
  • Pelatihan Karyawan Baru
  • Program Pendampingan
  • Magang

Pelatihan dan Pengembangan Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Kita dapat melihat pentingnya peranan pelatihan dan pengembangan karyawan pada produktivitas kerja, di mana karyawan yang telah mengikuti pelatihan yang efektif bekerja lebih efisien.

Untuk mengevaluasi efektivitas program pelatihan maka organisasi/perusahaan dapat melakukan langkah-langkah seperti berikut ini:

  • Mengukur hasil kinerja – mengevaluasi hasil kerja untuk menentukan tingkat peningkatan
  • Memberikan penilaian sebelum dan sesudah pelatihan – meminta karyawan untuk membagikan apa yang mereka harapkan dari program pelatihan dan apakah program pelatihan tersebut telah memenuhi harapan tersebut
  • Mining Data – mempelajari data seperti melihat waktu yang digunakan karyawan untuk kursus  atau dropout rates karyawan saat kursus untuk mendapatkan insight tentang bagaimana karyawan terlibat dalam konten pelatihan.
  • Melakukan jajak pendapat dan tes – jajak pendapat dan kompetisi dalam pelatihan dapat mengukur pengetahuan dan keterlibatan karyawan.

Meningkatkan Manajemen Tugas

Program pelatihan dan pengembangan dapat membantu karyawan dalam mengelola tugas secara individu maupun secara tim.

Dengan mengandalkan pemahaman yang lebih baik tentang proses dan tujuan yang jelas.

Disebabkan karyawan berpengalaman dalam keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan mereka sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menemukan cara melakukan suatu tugas menjadi lebih sedikit.

Mendorong Peningkatan Berkelanjutan

Perubahan teknologi sangat pesat sehingga membutuhkan peningkatan keterampilan secara reguler, hal inilah diperlukannya program pelatihan bagi karyawan.

Adanya pelatihan dan pengembangan karyawan mendorong karyawan untuk melakukan inovasi dan kesediaan untuk mengambil risiko dalam meningkatkan proses kerja dengan lebih sedikit bantuan dari supervisor. 

Menanamkan Keyakinan

Tidak hanya karyawan yang telah mengikuti program pelatihan dan pengembangan akan lebih percaya diri dengan pengetahuan dan kemampuan mereka, tetapi manajer mereka juga. Rasa percaya diri ini menumbuhkan rasa semangat dan tanggung jawab terhadap hasil kinerja mereka.

Mengklarifikasi Harapan

Program pelatihan dapat membantu perusahaan menjelaskan kepada karyawan mengenai harapan-harapan perusahaan kepada mereka. Upaya ini mempromosikan budaya berbasis kinerja dimana karyawan menetapkan tujuan yang dapat dicapai berdasarkan prinsip-prinsip organisasi yang terdefinisi dengan baik.

Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Dengan program pelatihan ini akan memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengetahui bahwa pemberi kerja bersedia mendukung karyawannya sepanjang karir mereka. Sehingga hal ini juga dapat membantu perusahaan untuk mengurangi tingkat turnover karyawan pada perusahaannya.

Berkomitmen untuk pengembangan dan promosi ketenagakerjaan

Perusahaan yang memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan akan meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja karyawan dan membuka peluang untuk kemajuan dan promosi. Work Institute melaporkan bahwa pada tahun 2019 sebanyak 20% karyawan yang turnover disebabkan kurangnya peluang pengembangan karir.

Menumbuhkan Rasa Harga diri dan mencegah Stagnasi

Peluang adalah pendorong utama dalam mempertahankan karyawan. Dengan mempertimbangan hal ini, Society for Human Resource Management (SHRM) mengatakan bahwa perusahaan harus melatih para manajer agar karyawan tetap termotivasi, terlibat dan merasa dihargai.

Program pelatihan ini juga dapat membantu mencegah kejenuhan pada karyawan yang telah menguasai tugas awal mereka.

Pelatihan dan pengembangan membantu meningkatkan budaya perusahaan

Meningkatkan budaya perusahaan adalah manfaat lain dari penyediaan program pelatihan bagi karyawan.

Dalam buku Chris Dyer, The Power of Company Culture tahun 2018 menjelaskan bahwa peluang pelatihan dan pengembangan sejalan dengan atribut yang disebutnya sebagai pilar utama untuk budaya perusahaan yang kuat:

  • Transparansi – berkomunikasi tentang detail perusahaan seperti feedback karyawan dan status keuangan.
  • Kepositifan – menerima tantangan detail perusahaan dengan membangun kekuatan organisasi
  • Pengukuran – mengumpulkan, mengukur, dan mengevaluasi informasi.
  • Pengakuan – memuji dan menghargai pekerjaan yang baik
  • Keunikan – memajukan kualitas unik perusahaan
  • Mendengarkan – mendorong untuk aktif mendengarkan yang mengarah pada action.
  • Kesalahan – membina lingkungan dimana karyawan belajar dari kesalahan.

Mengurangi kebutuhan akan pengawasan konstan

Program pelatihan dapat meningkatkan kompetensi karyawan dalam pekerjaan mereka dan membiasakan mereka dengan pekerjaan yang dibutuhkan orang lain dalam tim. Manajemen tugas dan kerja tim yang ditingkatkan ini membantu mengurangi kebutuhan akan pengawasan yang ketat.

Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan

Penguasaan tugas akan memberikan rasa pencapaian. Dengan memberikan kesempatan pelatihan akan memungkinkan bagi karyawan untuk berprestasi yang memberikan mereka rasa harga diri dan meningkatkan moral.

Menyediakan jalan untuk improvement

Program pelatihan menyediakan jalur yang jelas bagi karyawan untuk belajar dan maju. Pembelajaran yang memenuhi kebutuhan khusus untuk peran saat ini ataupun di masa akan dapat membantu karyawan menetapkan arah kesuksesan mereka sendiri.

Untuk memberi pelatihan efektif pada karyawan perusahaan, Anda dapat menggunakan LMS Learning Management System dari Codemi.

Codemi merupakan platform online yang menyediakan program manajemen pembelajaran berbasis cloud untuk perusahaan. Dengan menggunakan Codemi, perusahaan bisa lebih mudah memberikan pelatihan kepada karyawan atau mitra.

Demi mendukung kelancaran pelatihan, Codemi dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung. Beberapa di antaranya seperti Learner Dashboard, Online Training, Course Catalog, Online Test, dan Learning Reward. Melalui Codemi, kami berharap bisa membantu perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan kualitas kemampuan karyawan.

Dari artikel ini dapat ditarik kesimpulan bahwa demi kelancaran dan kesuksesan suatu bisnis maka hal penting yang harus diperhatikan oleh pemberi kerja adalah menyediakan program pelatihan dan pengembangan karyawan pada perusahaan mereka.

Hal ini menjadi amat sangat penting karena perusahaan tidak akan bisa maju tanpa karyawan yang handal dan bertanggung jawab akan tugas-tugasnya. Demikianlah artikel mengenai pentingnya program pelatihan dan pengembangan bagi suatu perusahaan jika ingin sukses dalam berbisnis, semoga bermanfaat.