Berapa Persen Peluang Anda untuk Menjadi Crazy Rich? Jawabannya Cukup Mengejutkan.

Ya kira-kira berapa persen peluang Anda untuk bisa menjadi sultan dengan gelar crazy rich?

Jawaban dari pertanyaan diatas mungkin bisa memberikan motivasi dan pencerahan bagi Anda yang sekarang merasa aset kekayaan bersihnya masih jauh dari angka ideal.

Sebuah studi yang dipimpin Profesor Raj Chetty (pakar ekonomi brilian dari Harvard University), telah menemukan jawabannya (Chetty, 2015).

Dalam groundbreaking study yang melibatkan jutaan data point di berbagai negara, Profesor Raj Chetty menelisik berapa persen kemungkinan orang yang saat lahir dalam kondisi super miskin akan menjadi super kaya saat dewasa.

Jadi dalam riset ini yang diteliti adalalh peluang orang super miskin. Kondisi super miskin maksudnya adalah mereka yang berada pada bottom 5% atau posisi paling miskin dalam sebuah masyarakat atau populasi sebuah negara. Jadi kategorinya benar-benar lahir dari keluarga kere.

Sementara kondisi super kaya artinya mereka menjadi top 5% orang paling kaya dalam negara tersebut. Jadi kategorinya adalah sukses menjadi milioner. Atau menjadi crazy rich dan menyandang status sultan.

Jadi dalam bahasa awam adalah dari orang kere kemudian berubah menjadi crazy rich yang super tajir.

Jadi berapa peluang orang yang lahir dalam keadaan nestapa (bottom 5% dalam lingkungannya) dan kemudian saat dewasa menjadi top 5% orang terkaya di lingkungannya?

Dari studi yang dilakukan terhadap ribuan responden dari berbagai negara, maka rata-rata peluang orang super miskin untuk jadi orang super kaya adalah : 10,75%.

Ingat angka itu adalah perubahan dari kondisi super miskin menjadi super kaya. Atau dari tadinya mau beli buat makan saja susah, kemudian menjadi milioner yang bahkan mampu membeli pesawat pribadi. Jadi perubahan yang ekstrem.

Sementara jika prubahannya tidak terlalu ekstrem, yakni dari kondisi agak miskin (misal baru bisa beli motor bekas, dan nyicil lagi) menjadi lumayan kaya (cukup mampulah beli Honda CRV, meski bukan Mercedes Benz) peluangnya jauh lebih tinggi yakni bisa mencapai angka di atas 30%.

Data dari riset saintifik itu memberikan kabar bagus bagi kita semua. Artinya probabilitas Anda untuk menjadi sukses finansial itu ternyata cukup tinggi.

Dulu kadang ada anggapan, hampir mustahil ada orang super miskin yang kere kemudian bisa menjadi milioner. Kejadiannya amat langka. Paling maksimal hanya 1 persen peluangnya. Namun ternyata studi saintifik menyebut probailitasnya bisa di atas 10%. Atau 10 kali lipatnya.

Artinya : peluang Anda untuk meraih sukses finansial sejatinya masih sangat terbuka lebar. Probabilitas peluang Anda untuk menjadi crazy rich ternyata tidak jelek-jelek amat. Yakni 10,75%.