Perbandingan Return dari Saham vs Emas vs Bitcoin vs Properti

Berikut adalah perbandingan RETURN di sepanjang tahun 2022 dari sejumlah instrumen investasi :

Harga emas : naik 8%

IHSG – Indeks Harga Saham Gabungan : naik 4,6%

US Dollar : naik 9%

Bitcoin : anjlok parah 65%

Properti : estimasi rata-rata turun 10%

Deposito rata2 : 3,5 – 4%

ORI022 : 5,9%

Sepanjang tahun lalu, suku bunga deposito bergerak antara 3,5% hingga naik jadi 5,5% sejak November 2022.

Masih bnyk orang yg simpan dana dalam bentuk deposito krn dianggap paling aman dan tidak ribet spt beli saham. Dengan suku bunga terkini 5,5% maka, deposito mungkin akan tetap jadi pilihan utama banyak orang.

Harga emas ternyata tetap mengalami kenaikan yg lumayan di thn 2022, yakni sekitar 8%. Hampir dua kali lipat kenaikan IHSG. Namun ingat, di tahun 2021 harga emas turun 2%, sementara IHSG naik 10an%.

Bagi yg tidak berani ambil risiko, mungkin simpan emas merupakan alternatif yg layak juga. Emas ini jg punya fungsi sebagai penjaga nilai rupiah thd dollar. Sebab harga emas lokal juga dipatok dengan mengacu pada kurs dollar vs rupiah. Jadi kalau rupiah anjok, maka harga emas tetap stabil atau bahkan makin naik seiring kenaikan nilai dollar.

IHSG tahun ini agak kecil kenaikannya, hanya 4,5%. Not bad. Sebab bursa saham di berbagai negara banyak yg anjlok hingga 20% di tahun 2022.

Di tahun 2023, kemungkinan besar IHSG jg akan mengalami kenaikan yg cukup lumayan – sebab tahun depan pemulihan ekonomi lokal akan makin kuat. Selain itu, harga komoditi spt batubara dan kelapa sawit juga akan tetap bagus.

Sementara kalau Anda simpan USD sebagai tabungan, maka Anda akan dapat return 9% di tahun 2022 lalu. Tahun lalu, mata uang dollar memang super perkasa, sebab ada kenaikan suku bungan FED secara signifikan. Otomatis mata uang dollar nilainya naik terhadap beragam mata uang dunia, termasuk rupiah.

ORI atau Obligasi Ritel Indonesia dengan Seri 022 jg merupakan pilihan instrumen yg bagus. Aman karena dijamin pemerintah, dan mampu memberikan return 5,95% – lebih tinggi dibanding suku bunga deposito.

Sementara itu, harga properti cenderung stagnan dan turun di tahun 2022 lalu. Ada banyak rumah mewah yang dijual dengan harga turun 20 hingga 30% karena kebutuhan cash yg mendesak. Demikian juga, harga apartemen second banyak yg anjlok hingga 30%.

Omong-omong, berapa nilai investasi Anda saat ini? Dan di mana saja Anda menyimpan dana Anda? Semoga makin berkah ya.