Formula Baru Kenaikan Gaji yang Sangat Menentukan Masa Depan Anda

business-managers reMinggu lalu, pemerintah merilis kebijakan baru tentang formula kenaikan upah buruh atau pegawai. Formula kenaikan gaji yang mungkin lebih reasonable.

Rumus persentase kenaikan gaji atau upah yang baru adalah : persentase inflasi ditambah persentase pertumbuhan ekonomi nasional.

Rata-rata inflasi dalam setahun sekitar 6%. Sementara tren pertumbuhan ekonomi nasional adalah sekitar 5%. Jadi total kenaikan upah atau gaji tahun depan akan berkisar pada angka 11% (6% inflasi + 5% pertumbuhan ekonomi).

Yah, lumayan gajinya naik 11%. Daripada tidak sama sekali.

Formula kenaikan gaji yang baru itu mungkin lebih reasonable dan lebih bisa diprediksi. Dua hal yang sangat penting bagi pihak perusahaan dalam mengelola production cost.

Formula kenaikan gaji berdasar inflasi + laju pertumbuhan ekonomi nasional akan membuat kenaikan UMP atau gaji pegawai secara umum akan berkisar pada angka 10 s/d 12%. Relatif jauh dibanding tuntutan kenaikan gaji yang kadang mintanya 30 atau bahkan 40%.

Tuntutan gaji yang terlalu tinggi bisa membuat perusahaan kolaps. Angka pengangguran dan PHK bisa naik secara drastis. Dan ujungnya ini akan membuat semua pihak mengalami kerugian.

Kebijakan formula kenaikan gaji yang baru ini mungkin pada akhirnya akan berlaku juga bagi semua pekerja, tidak hanya golongan buruh.

Artinya Anda yang bekerja sebagai staf non buruh, supervisor, atau manajer – juga akan memakai formula diatas dalam menentukan kenaikan gaji. Plus mungkin juga akan ada elemen pencapaian target kinerja.

Dengan kata lain, setiap tahun gaji Anda akan mengalami kenaikan antara 10 – 12%.

Jika gaji dasar Anda adalah 5 juta maka kenaikan 10% hanya menghasilkan kenaikan 500 ribu. Lain jika gaji dasar Anda sudah menembus 30 juta/bulan, maka kenaikan 10% ekivalen dengan 3 juta.

Kenaikan gaji 10% per tahun mungkin juga tidak murni 10%. Sebab ingat, angka itu salah satu komponennya adalah inflasi (atau kenaikan harga barang-barang). Jika komponen inflasi adalah 5%, maka kenaikan gaji Anda sejatinya hanya 5% – sebuah kenaikan angka yang relatif kecil.

Kenapa angka kenaikan itu kecil? Sebab seringkali kenaikan harga barang-barang jauh lebih tinggi. Kenaikan harga rumah dan tanah kadang juga bisa tembus 25% per tahun.

Jika gaji seorang pekerja hanya 5 juta per bulan, dengan potensi kenaikan gaji per tahun hanya 10%, maka impian untuk bisa membeli rumah sendiri mungkin makin jauh dari kenyataan.

Apalagi menyiapkan dana pensiun minimal 3 milyar agar bisa terus survive setelah memasuki usia 56 saat masa purnabakti (perhitungan dana pensiun minimal 3M pernah saya ulas DISINI).

Itulah kenapa saya juga pernah menulis income minimal yang layak direngkuh untuk bisa hidup dengan relatif nyaman di kota-kota besar adalah 15 juta/bulan. Dengan gaji dasar sebesar ini, maka kenaikan 10% akan menghasilkan tambahan income 1,5 juta (lumayan).

Sekali lagi, dengan kebijakan baru tentang formula kenaikan gaji ini, maka potensi kenaikan upah atau gaji Anda dalam setahun berkisar antara 10 – 12%.

Bagaimana agar penghasilan bisa naik jauh lebih cepat daripada sekesar 10% per tahun, agar gaji kita tidak habis digerus laju inflasi dan kenaikan biaya hidup yang terus melaju?

Opsi pertama tentu adalah percepatan karir. Dengan promosi yang cepat, gaji Anda akan mengalami kenaikan jauh lebih tinggi daripada 10% per tahun. Promosi yang cepat bisa didapat dari perusahaan sekarang, atau juga didapat dengan pindah kerja ke perusahaan yang lebih bonafid.

Bagaimana supaya karir bisa melaju dengan maknyus? Mudah. Miliki sikap kerja yang positif. Selalu bisa menuntaskan target pekerjaan dengan cetar membahana. Atau juga punya kompetensi teknis yang terus meningkat.

Dus, tidak hanya jadi karyawan yang plonga plongo.

Opsi kedua mungkin juga bisa dilakukan dengan berusaha mendapatkan income sampingan.

Income sampingan bisa dilakukan dengan menjadi freelancer tiap sabtu minggu (sesuai bidang keahlian Anda). Melalui internet kini menjadi relatif mudah untuk bekerja sebagai online freelancers.

Income sampingan juga bisa didapat dengan mulai menjalankan usaha kecil-kecilan yang bisa mendatangkan income. Agar tidak menganggu jam kerja di kantor, usaha ini bisa dikelola dengan istri atau rekan yang lain; atau dilakukan selepas jam kerja melalui bantuan internet.

Yang penting mulai segera action. Tidak terlalu lama dianalisa dan dipikir-pikir terus tanpa action. Atau tidak action karena ragu, gamang, atau takut.

Sebab, sebenarnya rasa takut yang paling besar itu adalah ketakutan itu sendiri.

Demikianlah sekilas ulasan tentang dampak kebijakan baru formula kenaikan upah dan gaji pekerja bagi masa depan Anda. Juga sudah coba diuraikan alternatif solusi agar income Anda bisa naik dengan cepat dan penuh barokah.

Selamat bekerja teman.
Selamat menikmati kenaikan gaji yang baru di tahun depan.

Related Post

Berapa Kenaikan Gaji yang Ideal untuk Anda? Bagi para pekerja kantoran, kenaikan gaji tahunan adalah sebuah ritual yang selalu ditunggu dengan setangkup harapan. Sebab kita tahu, biaya hidup ...
Apa Sasaran Masa Depan Hidup Anda? Inilah Contoh Life Goals yang Inspiring Tulisan ini merupakan kontribusi dari guest blogger bernama Gilbert SUbay Banyak orang di dunia ini yang memiliki impian untuk memiliki prestasi a...
17 comments on “Formula Baru Kenaikan Gaji yang Sangat Menentukan Masa Depan Anda
  1. Mantaps Kang, maturnuwun.

    dan yang terpentinga adalah memberi semangat untuk terus berusaha lebih baik, walaupun kalau sudah jalan dan tidak sesuai dengan yang diharapkan kadang ‘klimpungan’ serta galau….

    so kembali lagi ke blog ini, semangat lagi deh 🙂

  2. Hitung-hitung Gaji tdk pernah cukup….

    kebutuhan selalu lebih besar belum ditambah lagi keinginan…he.he..

    Bersyukur dan tetap semangat menjalani aktivitas…

  3. Kembali lagi harus menginvetaris bila mungkin punya hobi yang bisa dikembangkan untuk dijadikan usaha sampingan Pak

    sekarang kan banyak orang memulai usaha dari sekedar hobi

    namun keterusan dan keenakan karena mengerjakan hobipun bisa jadi penghasilan.

  4. Jauh lebih baik jika memiliki usaha sampingan atau freelancer online atau offline, jika hanya mengandalkan gaji, berarti cuma cukup untuk makan, dan nggak bakalan bisa.

    Agar sejalan, bukan cuma kerja keras saja melainkan iklas keras juga, agar vibrasinya sejalan

  5. salah satu penyakit orang indonesia adalah menganggap usaha sampingan sebagai second choice..

    karena tidak dianggap serius, jd tidak pernah maju..

    pdhl bisa saja earningnya lebih besar dari gapok bulanan

  6. ternyata kenaikan gaji tahun ini bahkan tidak sampai 5%, hanya 3%! apakah ini wajar? setelah 3thn bekerja baru kali ini kenaikan gajinya sekecil ini.

Comments are closed.