Standard Gaji Karyawan Indonesia – 2015

Memberi nafkah pada anak dan keluarga secara layak saya kira merupakan salah satu ikhtiar penting yang mesti kita lakoni dengan sepenuh hati. Bekerja dengan ikhlas dan penuh dedikasi demi mendapat penghasilan atau income yang memadai tentu juga merupakan sebuah rangkaian ibadah yang mesti kita rawat dengan penuh keteguhan.

Dalam daftar berikut ini, disajikan gambaran yang lengkap mengenai standard gaji untuk beragam level — mulai dari level karyawan fresh graduate, level asisten manajer, level manajer, hingga standard gaji level direktur.

Informasi standard gaji ini akan sangat berguna sebagai bahan pembanding, apakah kira-kira gaji yang Anda terima sekarang sudah layak atau masih dibawah rata-rata standar gaji yang ada.

Jika Anda ingin meningkatkan skala gaji Anda, informasi berikut ini akan sangat bermanfaat sebagai bahan referensi.

Data standard gaji yang komprehensif ini ada dalam file PDF. Anda bisa mendapatkan dokumen ini secara gratis via email Anda.

Selain data standar gaji, Anda juga akan mendapatkan secara gratis 4 ebook bagus tentang Strategi Karir dan Kiat Pengembangan Diri (Personal Development).

SILAKAN DOWNLOAD DISINI.

291 comments on “Standard Gaji Karyawan Indonesia – 2015
  1. “Fresh Graduates/Entry Level. Kisaran Standard Gaji Rp 2 – 3 juta/bulan”
    Ups… klo di Jogja ketinggian tuh, Pak. Hehee.. Kayaknya perlu diperinci nih, kalau ini standar gaji 2009 untuk Jabotabek. Betul nggak , Pak?

  2. seharusnya diperinci lagi per industri dan per kota di Indonesia…karena saya lihat range-nya terlalu sempit…dan ini maksudnya basic salary kan? agak kurang akurat membandingkan basic salary saja, karena biasanya perusahaan itu menawarkan paket total remunerasi, bukan hanya gaji pokok…

  3. Trims mas yod bisa saya gunakan untuk mengukur besaran gaji ditempat saya bekerja, dan yang tak kalah penting adalah skala usaha perusahaan serta biaya hidup setempat

  4. Bagaimana jika diperdalam lagi seperti yang dikatakan mas Fisto di atas:
    Per industri, misalnya :
    1. Oil and gas
    2. Telco
    3. Banking
    4. ….

    Per kota :
    1. Jabodetabek
    2. Kota-kota besar, seperti Surabaya, Medan, dll
    3. Jogja,dst
    4. ….

    Jadi perbandingannya bisa lebih akurat gitu.
    *hmm, saya sepakat dengan pilihan terakhir. Makanya saya ngejar 5 step yang atas, suami saya yang bertugas di ranah pilihan terbawah, hehehe

  5. standard?maybe itu jkt y coba teropong di daerah exp. 7tahun br 4jt pak.jadi relatif pakde untuk standarisasi.or gak mestisolusina.so salut buat pak de yg telah telah memberi gambaran keadilan kaum pekerja.biar tidak dkerjain ha..

  6. Saya mendapat semangat dari artikel ini, terutama untuk anak-anak muridku demikian juga anak-anakku. Dengan info ini mereka bisa memilih, mau kemana mereka dan apa pilihan yang tepat dan cocok untuk masa depan mereka.
    Sekali lagi terima kasih, selamat dan sukses buat blog strategi+manajemen.

    Salam,

    smskalit

  7. Wah…saya jadi ngiri nih…sebagai dosen di PTS Swasta Banjarmasin yang telah bekerja lebih dari 15 tahun dan sekarang sebagai Pembantu Ketua bidang akademik gaji saya masih dalam kisaran entry level….ha..ha ..kali perlu di tambahkan juga tentang daerah/lokasi dan jenis perusahaannya ye…kasihan dah nasib si Omar Bakhri….

  8. Infonya menarik mas …cuman saya paling demen pendapat yang terakhir be positif dan optimis …ngapain juga menggantungkan hidup pada perusahaan dan orang lain ya …kalo kita yakin kita pasti bisa …mulai dari sekarang dan saat ini juga …mulai dari yg kecil …

  9. Sumber datanya dari mana ya Mas?
    Gaji di sebuah software house (yang lumayan besar di Yogya) aja masih 1/3 – 1/2 dari angka2 itu.

    Omong2, Mas Yodhia sendiri punya usaha IT jugakah?

  10. Mungkin harus dibandingkan dengan jenis dan skala/omset bisnis. Karena kalau orang HR langsung pakai standard ini untuk minta kenaikan gaji karyawan kepada owner/boss, bisa langsung di “semprot” karena ngga ada “bargaining power”nya untuk ngomong. Boss langsung bilang, itu skala yang mana, omset perusahaan kita memangnya berapa? Nggak kena imbas krisis di 2008-2009 ini aja udah syukur!!! Gitu deh kata boss….Kan kalau mau proposed mesti pakai strategy. Ya, nggak mas Yodhia….

  11. IMHO, menyatakan sederetan angka sebagai sebuah standar bukanlah perkara sederhana, yang bisa segera disimpulkan dari pengamatan sekilas dengan ngobrol2. Karena untuk menentukan kepantasan sebuah angka gaji ada banyak faktor lain, selain jabatan dan masa kerja (yang sudah disebutkan di artikel di atas). Ada faktor pengalaman, ada faktor skala bisnis (seperti disinggung Pak Suhendra), ada faktor skill individu penerima gaji, ada faktor situasi ekonomi makro, dst.

    Namun demikian, keberadaan artikel ini cukup membantu saya melihat apa yang ada ‘di atas’ sana. Paling tidak, saya jadi tahu kisaran angka yang bisa saya kejar.

    Semoga ini jadi masukan yang bermanfaat.

  12. Saya sdh bekerja slm 3 thn di sebuah perusahaan multinasional di Jakarta tetapi hingga kini stndar gaji saya msh di kisaran stndar gaji Fresh grad seperti stndar diatas. Menurut Pak Yodhia, langkah atau manuver apa yang harus saya lakukan agar setidaknya gaji saya bisa diatas kisaran standar utk fresh grad?

  13. hidup makin sulit, jurang makin lebar antara kaya dan miskin. asik sekali membaca angka2 gaji 2009-nya Mas Yod. sy hanya berdoa smoga saudara2 sy yg gajinya dibawah entry level tetap sabar, brpikir positif dan optimis. (ya kan Mas Yod..?!) bagi yg sdh mencapai spt harapan, smg sll bersukur atas nikmat yg Allah berikan…

  14. Saya rasa informasi ini dasarnya masih sangat terlalu sempit untuk dipertajam dan diangkat menjadi sebuah headline and/or topic, Saya sangat setuju dengan masukan dari Sanggita, dimana dasar angka ini harus melalui sebuah survey yang dapat dipercaya. Majalah Human Capital & Marketing di suatu edisi di tahun lalu (2008) sempat melakukan research dengan sangat detail, klarifikasi seperti apa bisa mendapatkan apa, melalui tahapan-tahapan apa dan sebagainya. Menurut pendapat saya (maafkan bila saya salah), suatu tema diangkat menjadi topic yang tidak didasari informasi terukur (measured information) bila dibaca dan ditanggapi oleh individu yang memiliki habbit reaktif, hanya akan memicu demo. Keterpurukan pendapatan bagi seseorang tidak hanya didasari oleh Posisi/Jabatan, namun juga prestasi. Pertanyaan saya, “Apakah tngkat integritas seseorang sudah cukup untuk menilai diri sendiri/orang orang lain dari berbagai faktor ?” Bila belum, banyak orang ingin memiliki posisi/jabatan dengan penghasilan tinggi, namun tanpa disadari bahwa yang bersangkutan memiliki Kapasitas serta Kompetensi yang sangat terbatas, bahkan secara EQ. Bagaimana topic ini bisa membuat mereka bisa lebih memahami keadaan dan mau berbuat yang terbaik untuk maju, ketimbang membuat mereka menjadi Provokator baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Demikian masukan dan tanggapan saya mengenai topik ini. Salam SUKSES, Selamat Pagi…

  15. @Yodhia, bukan tinggal di desa pendapatan Jakarta, mas. Tapi pendapatan dollar, habiskan dalam rupiah, whew…*ngiler*

    Memang harus cerdas juga. Kalo saya sih mikir, bagaimana caranya supaya dengan job desc sama tapi pendapatan optimal, hehe. *Greed is Good? Ups*

  16. Artikel yang menarik sekali ini Pak Yodhia Antariksa, bisa dijadikan Acuan untuk meningkatkan pendapatan dan income kita. Tentunya dengan jalan yang di ridhoi oleh Allah.

    Oh ya Pak Yodhia, Minta ijin saya ambil untuk diposting di web saya (asuransi-prudential.com) ya.

    Terimakasih sebelumnya, sukses selalu untuk Pak Yodhia dan Rekan rekan pengunjung web strategimanajemen.net/ ini.

  17. Mas itu khayalan ya? Emang enak sih buat kahayalan tapi gaji yang riel seperti itu mah sedikit kali (hanya perusahaan besar kali). Boleh deh mengkhayal asal tidak bikin stress aja coy…..Kita butuh uang tapi uang bukan segalanya……..

  18. Menarik sekali artikelnya, tetapi menurut saya memang masih terlalu umum standar gaji yang dipakai dan mungkin masih berpatokan kepada standar yang berlaku di Jakarta, tanpa ada pembandingnya.

  19. Artikel yang menarik, namun infonya tidak sepenuhnya true.
    Kompensasi tergantung jenis bidang industri, dan jenis corporate (perushaan MNC, asing atau local company), harga pasaran yang berlaku untuk jabatan2 tertentu dan kebijakan kompensasi perusahaan.
    Jadi, Mas Yodhia, si senior Manager di perkebunan yang Mas ceritakan mungkin tidak menyadari bahwa mungkin saja ia tidak dibayar sesuai harga pasar.
    Saya tahun lalu menjabat HR Head di Holding company dengan unit agri bisnis sebagai salah satu SBUnya.
    True,… bonus rata2 8 X. Tapi jangan bergembira dulu, gaji level managerial perusahaan tsb rata2 di bawah 25 percentile dari market (sekelompok perusahaan yang dijadikan pembanding). Jadi bandingkan dengan seorang manager senior perusahaan pesaing yang dibayar pada harga market (50 percentile biasanya dipakai sebagai ukuran). Penghasilan tahunan orang tsb dengan THR plus bonus 1-3 x dengan pengali gaji pada 50 percentile akan lebih besar. Banyak manager senior menyadari itu, dan sebenarnya menunggu sampai pembayaran bonus untuk kemudian pindah. Malangnya, resesi ekonomi menyambar, sehingga tidak mudah untuk pindah pekerjaan. Pemilik senang ? Mestinya kawatir,… dan you know the reason. But now, pemilik can blame it to the economic resession. Tantangannya pd bln Januari ini di mana gaji dinaikkan sesuai % inflasi. Apakah mereka akan menaikkan gaji sesuai % inflasi? I doubt it. Harga komoditi ekspor anjlok, … dsb2.

    Another comment; Mas Yodhia, untuk beberapa jenis bidang industri di mana talent pool di market reatif kecil ( terbatas jumlah talent dengan skill tertentu), biasanya gajinya lebih tinggi. Contohnya : Manager Pemasaran consumer goods.
    Selain itu, kadang2 titlenya Manager tetapi sebetulnya job descnya lebih sederhana dan hanya As Manager. Sesuatu tactic yang harus dilakukan sebuah perusahaan untuk menarik talent, di mana talentpool terbatas.Jadi dengan sendirinya kebijakan perusahaan tsb, relatif secara disguised membayar lebih tinggi.

    Gaji fresh graduate 2 -3 juta juga agak bervariasi. MNC saya akui memang dalam range itu, tapi ada beberapa perusahaan yang membayar di bawah 2 juta.

    Sekian comment saya, but by all means info di artikel Mas Yodhia cukup berguna. Salam kenal dari saya, saya sudah sekitar 20 tahun bekerja di HRD. Ini ke dua kali saya ikutan di blog ini.

  20. Saya sebagai mahasiswa sangat senang sekali mendapatkan informasi yang diberikan Mas Yodhia. Oya, Mas… saya bercita-cita ingin menjadi motivator dan penulis buku. Kira-kira berapa ya Mas pendapatan kedua profesi tersebut?

  21. Artikel ini membuat saya lebih terangsang untuk memperoleh pendapatan yang unlimited, namun dari itu semua kita memang harus menjadi orang yang berpindah mindset dari seorang pekerja menjadi seorang yang mempunyai pekerja.

    Bagi yang merasa gajinya lebih kecil dari apa yang disampaikan mas Yodh, kiranya dapat mengambil pelajaran, apakah kita ingin penghasilan kita terukur atau unlimited sehingga kita bisa berbuat apapun bebas merdeka tak terkungkung dengan jam kerja 8 – 5, senin-sabtu. :D

    Saya berpendapat sih mas Yodh, walaupun sebagai HR management punya target khusus kepada para employee.

    Salut!!

    Jadikah harimu LUARBIASA!!!!!

  22. Thanks mas yodhia, setidaknya saya jd tau ada sebesar itu gaji org jakarte kota. sayapun direktur tapi gajinya hanya 4.5 juta! berhubung penjualan hanya 2.5M perbulan. But pendapatan saya satu bulan Rp 35 Juta. Karena saya buat pabrik kecil, ikut MLM, jual asuransi dan broker. Uang memang bukan segalanya! tapi segalanya butuh uang :-). so teman2 semua, mari kita jangan hanya cuma jadi karyawan gajian. tapi karyawan yang menggaji juga.
    Salam dahsyat, mulia dan Sukses untuk kita semua!

  23. Berapa besarpun standar gaji kamu……..
    Berapa besarpun tunjangan kamu……
    Yang paling penting adalah bagaimana kamu menggunakan keuangan kamu dengan baik…..
    Hemat pangkal kaya…..
    Boros pangkal Miskin…..
    So, jangan gunakan uang dan kekayaan kamu buat poya-poya…..
    Masih ada yang jauh lebih membutuhkan…..
    Buat pemerintah….
    Perhatikan rakyatmu…..
    Ingat masa depan anak cucumu…..

    joejoek/77 boy

  24. @ Sandra,

    Bu, akan sangat bermanfaat jika pengalaman ibu yang sudah 20 tahun di HRD juga di-share dengan menulis blog.

    Baik bagi para pencari kerja, newbie HRD seperti saya, akademisi bidang HR maupun sesama HR Practitioners.

    Ditunggu follow up-nya.

  25. Terima kasih atas sharingnya. Menurut saya kisaran angka yang disebutkan valid untuk kondisi saat ini.
    Besaran gaji adalah satu hal yang menarik para pencari kerja, tapi lebih dari itu, banyak faktor-faktor non gaji yang juga menentukan apakah seseorang akan kerasan di tempat bekerjanya atau tidak.

  26. Salam untuk semuanya,

    Angka yang menarik untuk dikejar, baik oleh pekerja maupun pengusaha.
    Namun apa daya kalau ternyata kemampuan pengusaha belum setinggi yang digambarkan.
    Pilihan hanya dua, bagi pengusaha, memberi gaji sesuai kemampuan atau gulung tikar. Bagi pekerja, menerima tawaran, atau mencari peluang ditempat lain. Take it or leave it.
    Anyway, nice post.. :)

  27. masih perlu dipertajam lagi mengenai kevalid-an dari data diatas, namun jika semangatnya sebagai referensi saja mungkin bisa dipetimbangkan. Keep writing mas..

    Salam,

  28. Pingback: Manajemen SDM « Djokokristianto’s Blog

  29. hahahahahha, mas yodia dari dulu sama ajah

    senangnya becanda.

    Pada akhirnya sih standard gaji 2009 akan menjadi standar gaji abadi. Kan intinya gimana kita – kita yang ada di level staff atau karyawan bergaji biasa termotivasi untuk menjadi biz owner, kan?

    hahahahahahaha, banyak juga teman – teman yang jadi serius menanggapi. kekekekekekek.

    Tenang mas, saya juga terinspirasi kok untuk jadi entreprenurer walaupun tidak dalam waktu dekat ini.

    salam !

  30. Thank you infonya Mas Yodhia. Paling tidak kita di Bali mengetahui standard gaji di Jakarta.
    Namun standard gaji di Bali lebih kecil sedikit dari angka-angka yang Mas Yodhia sebutkan.

    Karena di Bali daerah tourism, lebih banyak hotel dan restaurant, biasanya bahkan untuk staff level paling bawah dengan 0 experience mendapatkan gaji sebesar UMK lebih kurang IDR 950 ribu, namun ada tambahan service charge yang bisa mencapai 2 – 3 juta peer bulan tergantung dari jenis (*) hotel.

    Anyway, thank you so much Mas Yodhia

  31. hi mas Yodhia Antariksa,
    trims untuk artikel standar gaji 2009,
    memberikan pencerahan buat yang baru bersiap-siap berkarir seperti saya
    semoga tahun-tahun ke depan, di-upload artikel standar gaji 2010, dst.
    sukses terus…

  32. ditempatku kerja bank,
    gaji staff Rp. 3 Juta/bulan
    gaji staff senior Rp. 5 Juta/bulan
    gaji asisten manajer Rp. 10 Juta/bulan
    gaji manajer Rp. 20 Juta/bulan
    gaji senior manajer Rp. 40 Juta/bulan
    gaji Direktur Rp. 80 Juta/bulan
    gaji presdir Rp. 120 Juta/bulan

  33. Tepat sekali. Saya fresh graduate, masuk langsung dapet 2,5jt, tapi koq temen-temen kantor saya pada banyak yang mau keluar ya… heran…
    hmmm…
    hmmm…
    hmmm…
    Mungkin karena kami disuruh kerja 12 jam sehari kali :D, mungkin mereka lebih suka kerja dibayar 1,5jt aja tapi kerja cuma 7-8 jam sehari, huehehe

  34. hmm…… artikel yang menarik. Tapi ya itu, sama dengan comment2 yang lain Mas, kurang detail!. Tapi ya nggak masalah sich, lha wong ini juga cuman blog, cuman uneg uneg. Bukan headline dari surat kabar resmi. :D

  35. Mas Yodhia, kalo pendapat mas.. apakah orang2 sebagai employee di level honorer harus banting setir ke profesi lain umpama jadi enterpreneur atau bisnis sampingan yang lebih menjanjikan gaji dengan tingkat kondusif

  36. salam kenal pak

    ikut membaca nich, sebuah artikel yang menarik , bisa dijadikan Acuan untuk acuan bagi publik, tapi sumber nya dari penelitian atau observasi saja ya pak???
    .

    thanks untuk infonya

  37. Kayaknya mending jadi Selebritis atow Pemain Sinetron kale, karena penghasilannya dari sana-sini & 1 thn bisa Rp. M-M-an, bisa bebas pajak lagi. Ayo, sapa yg mau……..?

  38. Ini semua bukan acuan wajib/pasti

    lebih baik kita jadikan penyemangat supaya hidup lebih berwarna …

    salam kenal semua dari saya

  39. saya S1, kerja 13 th di sekolah asing di Jakarta, but gaji bersih belum sampai pada level kepala bagian, baru sebatas entry level lebih 40%. Jam kerja 7 pagi sampe 2 siang. setiap tahun dapat libur 6 minggu (juli+agustus) n gaji dibayar fullll :-D n libur 10 hari tiap 2 bulan … dibawa enjoy aja deh..

  40. Duh, daku termasuk golongan yg gajinya ‘unlimited’ nih. Tapi beneran lho ‘unlimited’-nya bisa ke atas dan bisa juga ke bawah (merugi dan nggak gajian). Kalau posisi pas dibawah itu yg pusing.

    kalau dirata2 kok lebih enak kerja ya… tiap bulan bisa ngantongin 20jt fixed lagi!

    Hahaha, lucu juga ya mas, yang sekarang masih kerja sama orang pengen wirausaha. Eh, yg sudah wirausaha kok malah mau balik jadi karyawan.

    Rumput tetangga selalu lebih indah… :)

  41. Pingback: Kisaran Standard Gaji 2009 | segala warna dunia

  42. trim’s infox Mas Yodhia,
    bagi yang gajian, tidak ada salahnya mencoba ke unlimited (keatas tentunya..), tapi jangan langsung dilepas yang sudah ditangan..
    Padahal sudah diperoleh dengan susah payah, melalui seleksi yg ketat, menghabiskan ratusan edisi “kompas Minggu”, mengikuti test yg panjang dan melelahkan, kemudian meremehkan penghargaan karyawan teladan yg telah diraih, untuk suatu yang belum dikuasai.

    kepekaan bisnis diasah dulu…
    kalau sudah mantap, baru tancap gas, pikirkan juga fixed cost yang sudah menjadi tanggungan saat ini: anak dan cucu Mertua he3x..

  43. Alhamdulillah….
    berarti Allah SWT telah mengkaruniai saya rezeki yang berlimpah kepada kami..
    Kami kira apa yang ditulis oleh P yodhia meskipun memiliki spectrum yang lebar data tersebut benar dan cukup mewakili, serta bisa sebagai bahan kejaran untuk yang belum segitu. Dan saya simpulkan pula bahwa data tsb lebih mewakili terhadap perusahaan-perusahaan besar atau kecil namun sehat.

    Kesimpulan saya ambil dari komentar para pembaca yang mungkin masih dibawah standard tsb, terutama untuk perusahaan yang ada didaerah dan dari yang saya alami. Alhamdulillah meskipun saya bekerja dikota kecil dan perusahaan kecil, sepertinya memang mengikuti standard tsb.

    Namun yang perlu diingat sebesar apapun gaji anda sebagai karyawan sebaiknya anda tetap berpikir untuk memiliki usaha sampingan. Kalau anda berbisnis sendiri, maka sebenarnya gaji 10 jt perbulan itu tidak terlalu besar.

    Lalu bagaimana supaya kita bisa mendapatkan rezeki yang besar dan selalu mengalir…Salah satu kunci pertama adalah sedekah dan infag, yang kedua adalah terlibat dalam urusan-urusan sosial….

    Maaf terlalu banyak…nanti disambung lagi

  44. Mantap Mas.
    Bicara tentang penghasilan memang memancing minat untuk berkomentar.
    Terus sbg Business Owner,
    Bagaimana kondisi Mas Yodhia sendiri ?
    Udah berapa lama dan berapa rata-ratanya saat ini ?
    pasti udah di atas pilot senior garuda yah ?

    Any way terima kasih banyak atas artikelnya,
    bisa menjadi inspirasi bagi saya.

    Dan saya tertarik untuk memakai file presentasi Mas.
    Salam kompak dari Bandung

  45. Baca tulisan Pak Yodhia, kok saya jadi sedih ya mengingat suami saya yang sudah bekerja 30 tahun di sebuah BUMN dengan level jabatan sih keren GM, penghasilannya cuma setara dengan fresh graduate.Padahal tanggung jawab jabatannya menuntutnya untuk stand by 24 jam. Untuk ngirit biaya hidup,kami hidup berjauhan terus sejak anak sulung kami SD sampai sekarang sudah semester akhir universitas.
    Klo kami mengandalkan pendapatan suami yang di bawah garis ‘kelayakan’ untuk jabatan dan tanggung jawab sebesar itu, barangkali kami sudah lama gali lubang tutup lubang untuk membiayai hidup kami. Tapi saya yakin dengan firman Allah dalam surat al-insyirah:5-6. Kami ubah masalah jadi peluang.Suami ada di kuadran E di kota lain, saya di kuadran B di kampung halaman bahu-membahu dengan anak-anak. Alhamdulillah, pada saat krisis global sekarang ini, unit-unit perusahaan lain banyak yang tutup dan dirumahkan pekerjanya,unit perusahaan suami saya masih bisa eksis.
    Satu lagi yang tidak boleh lupa, berapa pun penghasilan yang kita dapat, harus kita terima dengan rasa syukur. Rasa syukur atas rezeki yang dilimpahkan Allah kepada kita itu diwujudkan dengan selalu menyisihkan rezeki kita untuk infak, shadaqah, dan zakat. Insya Allah rezeki kita barokah.

  46. klo di temapt kerjaku yang bergerak bumn yang bergerak di bidang pembangkit tenaga listrik n penempatan dijakarta untuk fresh graduate digaji 3,6 juta tapi klo mau lembur bisa nyampe 4,5 – 5 juta gitu

  47. yang jelas sih berapun yang kita dapet itu adalah rezeki kita, banyakpun kalo biaya hidup juga tinggi ya sama aja kali… khan segala sesuatunya berbanding lurus ——– semakin tinggi, biaya hidup juga pasti makin tinggi, so rezeki ga’ ada yang ketuker, percaya dech !

  48. terima kasih mas infonya,
    meskipun saya masih semester 4, tapi sangat berguna
    untuk plan ke depan.

    Mmm, kalau semisal besok ketika habis lulus saya konsultasi n tanya-tanya ke jenengan boleh gak? He he he. Maaf ya ..kalo sok kenal. Coz keliatae wajah jenengan sangat familiar buat saya.

    Terima kasih dan salam kenal, :)

  49. Informasi ini sangat bermanfaat. Hasil survey atau tidak, bahkan opini sendiri merupakan suatu keberanian dalam mengemukakan suatu topik. Ambil dari segi positifnya saja.

  50. Selamat malam Pak Yodhia,

    Habis benchmark kemana saja pak ? ke seluruh Indo yach ? sebagai personil yang berkecimpung di HR, apa yang Bapak paparkan benar adanya kecuali untuk beberapa posisi strategis tertentu yang memang berbeda nominalnya.

    Saya pernah ikut training Bapak mengenai HR Balance Scorecard dan sekarang nyangkut di blog ini.

    Sukses selalu Pak Yodhia….

  51. kalau hanya untuk brainstorming..
    it’s okay ya pak yod…

    tapi kalo jadi standard gaji di daerah – meski perusahaan sekelas PMA
    sama aja tuh….

    kalo pengen nyamain standard itu – ya harus cari sampingan juga..
    he he

  52. Capekkkkkkkkkkkkkkkk deh nunggu kenaikan gaji….. tapi hanya ada dua pilihan tahan atau serang 50:50 di tahan akan mati juga mending serang aja……….hidup enterprenur..kalo ngga jadi batu ya jadi tape pe pe

  53. Pingback: Mediantara e-Pulsa - Standard Gaji di tahun 2009

  54. Hallo..rekan2 semua, minta bantuan nich..!! Untuk ukuran gaji staf dan karyawan yang seperti apa yang umum dipakai? Terimakasih

  55. Memang riskan menentukan standar salary, namun ini tuntutan setiap karyawan. Hanya saja owner-nya lah pemegang kebijakan yg menentukan, sebagai owner mungkin ingin tiap tahun punya growth income, what ever.
    Karena uang yg dia tanamkan untuk usaha tentunya harus bertambah, itu CASH-FLOW sehat ya Pak?Bu.. Nah, bagaimana menjembataninya..?? Menurut saya relatif yaaa….

  56. Thanks mas, selama ini saya masih bingung menghitung kira2 berapa kisaran gaji. Soalnya teman2 ku pada gede-gedean gaji, entah bener, entah nggak. fresh S1 gaji 2 digit?? Aku yang belum dapat kerja kadang susah juga kalo ditanya range gaji, mau kayak teman2 tapi kayaknya kok kondisi gak memungkinkan (tau diri lah….). Tapi nggak apa2 kalo memang teman2 kayak gitu, bisa nodong traktir kan?? he..he..

  57. setaon lalu waktu hbs lulus (fresh graduate), swktu ngelamar kerja di semarang sy ditawarin gaji 900,000 /bln…(padahal sy lulusan UGM cumlaude)..
    tp alhamdulillah akhirnya ketrima kerja di kaltim..dgn gaji awal 3,5 juta..setelah setaon kerja salary ku naek jd 4,2 jt….

    tp kerja di Jawa (terutama di kota2 kecil) emng makan ati….^_^

  58. kalo diliat2 thp ku ya gak jauh2 dari standar tsb, tapi masalahnya aku kan harus kerja jauh dari keluarga jadi ya jatohnya ga segitu lagi.tapi thks anyway, aku masih punya banyak waktu untuk mensyukurinya.

  59. gw kerja di bank asing baru masuk udah RP. 6 Juta, asisten manajer rp.10 juta, manajer rp. 20 juta, general manajer rp. 40-50 juta, direktur rp. 50-100 juta perbulan

  60. Dear Mas Yod,

    Mungkin apa yg mas Yod tulis itu adalah idealnya, tapi kenyataan yang ada di lapangan ??? tugas, tanggungjawab manager dan jam kerja yg unlimited ngga pernah bisa tuh lebih dari 3,5 juta. Jadi yang ngga bener yg mana nih mas…. karyawan yg terlalu besar tuntutannya atau perusahaan yg ngga pernah baca blog mas yod ya…

  61. Pernah baca buku yang judulnya” Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak bisa Kaya?”.

    Menurut saya bisa saja, tergantung perusahaannya ngasih gaji berapa :D

  62. makasih kang mas ,tapi kalau dipikir di ina ini standar gaji dibilang murah khususnya u pekerja lokal n u pekerja asing gajinya geeeuudaaa,ga adil deh

  63. Dear all,

    Minta masukkannya donk…
    Klo buat posisi business controller (create SOP and other company policy), biasa standart gajinya brp yah???

    Thx..

  64. Di tempat saya bekerja (perusahaan pertambangan) :
    Untuk yang masih training (Management Training) = 5-6Jt/bulan
    Untuk yang sudah permanent staf baru (level 1) = 8-12jt/bulan

  65. hmm..gmana ya..sebagai calon fresh graduate kok tampaknya sangat menggiurkan ya?
    tapi ya apa iya demikian?
    mungkin Pak Yod..bisa memberikan informasi lebih mengenai faktor-faktor yang yang mempengaruhi variasi pendapatan di seluruh seantero negeri kita ini..
    but, terimakasih atas insightnya..

  66. waduh2. itu fakta atau hanya opini? kalo di semarang, ga ada yang seperti itu. sy aja yang sudah mengabdi 5 thn di kontraktor ga gitu2 amat. dari pada mikirin buat menstandarkan gaji, mending mulai berfikir utk mandiri. ga ada kok yang rela menggaji krywnnya segitu. meski kita sdh kasih lebih ke perusahaan. mungkin utk para fresh graduate itu bagus, tp tdk jika waktu sdh berjalan. pikiran akan berkata lain terus tiap waktu. Don’t be a dreamer!!! OK!!

  67. Mas Yodhia, standard itu mungkin diluar bidang telkom, oil & mining. Utk fresh di mining sktr 7-8 jt net. Utk superintendent (stara kepala seksi atau setingkat dibwh Mgr) diatas 20-an jt net. Mgr diatas 40 an net. Standard Oil lbh tinggi lagi…macam Chevron freshnya mungkin sktr 12-13 jt.

    salam
    htm – pekerja tambang

  68. Kalo aku di dunia wartawan televisi. Standar gaji dari temen temen yang senasib ga jelek jelek amat kok. Meski di dunia kewartawanan katanya ga bisa kaya, nyatanya ga juga. Banyak dari mereka yang hidup layak setidaknya menurutku. walaupun aku masih staf/wartawan biasa tapi gajiku sesuai sppt pajak Alhamdulillaah 162 juta pertahun.

  69. Hi pak Yodhia, salam perkenalan.

    Pak, saya akan mengahdapi intv via suatu head hunter untuk its MNC client di industry service. post nya untuk asssistant manager hrd. tidak ada pengalaman berapa lama disebutkan pd saat saya apply untuk post ini.
    Karena ini pertama kali saya dipanggil via sebuah head hunter (ternama), saya mohon advice untuk pertanyaan saya:
    1. kebetulan head hunter ini pernah mengeluarkan sebuah guide salary untuk indonesia accross industry. nah, apakah saya dapt mentah-mentah menjadikan guide ini untuk bahan interview bila disinggung nantinya.
    2. jika tidak, apa yang bisa menjadi faktor pegangan untuk menentukan expectasi saya?
    3. apakah saya harus menjawab jujur pada si head hunter bila ditanya current package atau tidak atau no comment?
    4. karena recruitment via head hunter, bagaimana enaknya/etikanya saya bertanya untuk mendapatkan info seputar: apakah antara saya & head hunter tsb akan dikenakan service fee,& semacamnya?

    Trims atas bantuan advicenya, saya sangat berharap Bapak bisa membantu.

    Dona

  70. @ Dona, saya kira anda harus lebih menonjolkan APA yang kelak bisa Anda kontribusikan bagi kemajuan perusahaan; dan dari sini Anda bisa menduga imbalan berapa yang layak Anda dapatkan. Saya kira bilang apa adanya saja, gaji Anda sekarang, dan berapa yang kemudian Anda harapkan. Anda ndak perlu bertanya mengenai fee dll-nya. Ini urusan headhunter dengan perusahaan.

  71. Pak Yodhia saya pengangguran, apakah benar seleksi kerja ada rasisme?
    apakah benar seleksi kerja harus berkulit putih baik itu pribumi jawa, sunda atau wni tionghoa? apa ada komisi negara yang membahas pengaduan lamaran kerja?terimakasih maturnuwun

  72. Saya tidak bisa memberikan jawaban yang pasti mengenai ada tidaknya rasialisme dalam seleksi kerja.

    Namun YANG PASTI : kalau anda TIDAK KOMPETEN, ya pasti ditolak. Jadi dari pada mikir yang ndak-ndak lebih baik fokus pada diri sendiri : kalau memang Anda hebat, pasti akan diterima, apapun perusahaan itu.

    Jadi lebih baik pikiranmu itu difokuskan pada your inner skills and mindset. Build positive mindset !!

  73. Standard gaji memang perlu, tapi bagaimanapun juga ukuran dari gaji sendiri pastinya bergantung juga dari besar kecilnya sebuah perusahaan. Betul juga kata bung Admin ini, ndak usah ngomel ngomel kalau ternyata gajinya masih jauh di bawah standard. Ya kalau ndak suka, knapa ndak keluar saja trus cari yang lain……. ya to ????

  74. kalo PNS gak bisa ngikutin yang atas yah wekekeke…
    kalo freelance-an standarnya brapa tuh? maksudnya diluar PNS kemabli menjadi praktisi (just wanna know ajah..)

  75. hemm,,,kalau mengenai pengalaman sih,,pada gede2 ya giji nya,jabatan saya GM disalah satu perusahaan jogja,kisaran 10-15jt/ bulan, luamyan lah,,

  76. mas Yod
    gimana klo lulusan D3
    saya kerja dh 4 th bagian ADM ditahun ke 4 gaji saya seperti yg disebutkan.
    sebenarnya standard gaji u 4 tahun dan di bibidang ADM berapa ya
    ya ini untuk tolak ukur saya, saya tetap berkoreksi diri dan juga untuk melihat apakah bos saya itu adil…????

  77. kalo untuk guru kayaknya gak masuk ukuran deh, hehehe… gaji tertinggi terakhir 900 ribuan per bulan, tapi puassssssssss …… jadi yah, gaji memang boleh tinggi tapi kalo hati gak tenang buat apa, gaji kecil tapi penghasilan besar dan hati tenang gitu kali yah …

  78. blognya bagus, tapi sayang kog gak diberitahu standar honorer pegawai dibidang pendidikan si,soalnya masih terlihat aneh saja didalam pemberian gaji sesama sekolah.ada yang sudah mendapatkan standar selama bulan januari kemarin dengan gaji perbulannya Rp.1.300.000,- tapi masih juga ada yang diberi gaji perbulannya Rp. 6.500.000,- apa itu sudah cukup buat kebutuhan hidup selama 1bulan???

  79. wah thx mas buat range2 nya, info spt ini jarang ada … apalagi di level manager ke atas

    buat yg masih di awal2 tahun/leve kerja… modal nya INTEGRITAS sama HONESTLY plus jangan lupa bayar ZAKAT, Qurban sama Sedekah

    Uang ibarat air laut … ga akan pernah puas …. kalau berbagi ke sesama baru hati jadi tenang

  80. mas, kasih info donk mengenai salary ranges perusahaan industri farmasi? mulai dari OB (Office Boy),Operator Produksi….s/d Apoteker, TQ

  81. saya Office boy di salah satu perusahaan, gaji 850rb/bulan, tapi saya punya toko kelontongan omzetnya perbulan rata2 43jtan

  82. klo tempat sy bekerja lbh sadis lagi fresh graduated S1 HANYA RP 1750000,padahal perusahaanya merupakan group yg besar dan ternama,,di tambah lagi pulang paling cepet jam 7 mlm dan tidak pernah dihitung lembur,,,APAKAH ITU MELANGGAR UU PERBURUHAN?!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  83. Sekedar sharing :
    Ada baiknya bila kita memastikan dulu:
    Mencari Kerja atau Mencari Uang …
    Karena apapun itu kita tetap harus melakukan sesuatu.
    Bila kita Bekerja dimanapun .. kita masih bisa membagi waktu …
    Jam kerja jangan dikurangi … tp waktu diluar jam kerja perlu kita optimalkan …
    Sulit itu pasti .. tapi kita bisa memilah dan memilih ..
    Semoga ada manfaat.
    Golom di Bandung … gpandiangan@yahoo.com

  84. mo share,
    dl aku fres grad dpt kerja di jkt (telco-operator)
    dpt 2.5/bln stlh 1.5 thn naik jd 3.5
    sebulan kemudian pindah ke (telco-vendor) dapet 4.9
    4 bln kemudian pindah ke (IT-vendor) dapet 8,5. tapi jauh dr peradaban :(

    ttp semangat

  85. saya tinggal di bgr freshgraduate lama….ga dpt2 kerja,sekalinya dapet di perusahaan kecil dgn 6 karyawan,dan saya harus kost Rp.350rb/bln,makan 350rb/bln. dengan tekanan target kerja perharinya..gaji saya cuma Rp.1,5 all in! kurang bersyukur ga klw saya berharap dapat pekerjaan lainnya??

  86. sy pengajar di bandung,penghasilan 10-12jt se-bln. Sy ada keinginan berkarier di perusahaan,tapi sepertinya ga ada pers yg mau ya nge gaji lbh tinggi atau minimalnya sama lah. Padahal sy pd loh dg kemampuan sy, ada solusi pak?thx b4.

  87. Saya di tawarin kerja sebagai IT Support di pers Telekomunikasi Jakarta (daerah sudirman),,,di tawarin salary 3.5jt..kekecilan nggak yaaaa ???

  88. saya seorang fresh graduated perhotelan,cuma diploma III,saya bekerja di hotel di daerah nusa dua bali as a bartender,basic salary sih kecil cuma 1.2 tp klo tips ma service juga d gabung saya bisa dpt 9jtaan..

  89. mo tanya dong,
    w lulusan d3 okt 2009,
    posisi w sbg HR Admin udh hampir 1 thn.
    kira2 standar gaji w brapa ya klo w pgn naik gaji karna menurut w gji w skrg blm memenuhi standard.
    tolong kasih masukan ya….

  90. Sekedar sharing pengalaman pribadi…

    Sy seorang professional, engineer yg b’kerja utk kontraktor PMA di bidang migas. ketika br lulus dr teknik kelautan ITB awal tahun 2006 sy & bbrp teman kuliah ditawarin kerja sbg jr. engineer dg gaji awal 4.5jt di sebuah kontraktor PMA bidang offshore oil&gas construction. Alhamdulillah, tiga tahun berjalan perusahaan menaikkan gaji kami jd 12jt/bln.

    Di awal tahun ke-4 sy memutuskan pindah ke engineering company (msh bidang migas jg) dg gaji awal 16.5jt, + bonus & THR yg setahunnya bs dapet 14 kali gaji.

    Bekerja di kontraktor migas enak jg, disamping gaji yg lumayan, jg dapet pengalaman traveling ke luar negri ke project2 site. Disamping dapet pengalaman yg langka, dr situ jg dapet tambahan living allowance yg per-bulannya bs mencapai 2x gaji. Disamping menikmati hidup mewah krn difasilitasi hotel kelas bintang 5, jg dapet pengalaman menarik saat berinteraksi dg professional2 dr manca negara. Asuransi dr perusahaan jg sangat besar meng-cover biaya Istri & anak2.

    Sy memang tidak seberuntung teman2 seangkatan sy dr teknik kelautan yg sekarang bekerja di perusahaan2 migas besar (oil company) atau di luar negeri. Tp alhamdulillah dg pengalaman kerja sy yg msh 4 tahun, segini aja sy rasa udh sangat lumayan.

    Itu aja sedikit sharing sy utk para freshgraduate. Mudah2an jd motivasi utk berkarya lebih baik.

  91. Gaji tukang sapu di Atlanta (AS) sekitar $2500-2700 per bulan atau setara dengan 25 juta. Di Australia gaji tukang petik buah $13 per jam alias A$2080 per bulan sekitar 18 jutaan. Jadi tukang sapu di USA gajinya sama dengan VP perusahaan besar di Jakarta ya… standar gaji kita memang menyedihkan :(, Negaraku kapan majunya ya?

  92. @ iyha : Untuk tenaga pemasar (agen) tidak ada gaji, namun yang ada adalah penghasilan sesuai dengan kinerjanya. Yang berarti penghasilannya adalah TANPA BATAS, karena sejatinya sebagai tenaga pemasar sama seperti Anda membuka usaha sendiri. Hasilnya seberapa besar ditentukan oleh kinerjamu. Jadi penghasilan 5 juta perbulan bisa, 10jt /bln, 100 juta, 500 juta bisa bahkan 1 M perbulan pun bisa. Namun penghasilan 0 pun bisa bila Anda tidak punya kinerja.

    Jadi dapat disimpulkan penghasilandi Industri Asuransi (Agen) sangat ditentukan oleh kinerja orang tsbt.

    Salam Sukses selalu

  93. salam kenal pak,
    saya bersama teman saya saat ini sedang merintis usaha di bidang periklanan dan sekarang sedang mencari tenaga marketing dengan kualifikasi pendidikan minimal tamatan SMU, kira-kira berapa ya besaran gaji marketing saya sewaktu training dan setelah training. sebagai catatan bahwa marketing tersebut hanya di beri target kunjungan dengan harapan semakin banyak kunjungan maka kemungkinan untuk mendapatkan pemasang iklan juga semakin besar, jam kerja normal 8 jam. Soni, Pontianak, Kalbar. Terima Kasih Pak yodhia

  94. Salam Kenal,
    Saya minta info tentang standar gaji asst manager hotel di kota Manado sulwesi utara. Kira-kira basic nya 4-5jt kegedean ga ya? :)
    Sebelumnya terima kasih buat info dan bantuan nya…

    Rgrds,

  95. Mohon di kirimkan file megenai gaji ini pak,
    karena saya sedang mensetting gaji karyawan saya untuk 2010 ini, supaya lebih efisien dan lancar
    trims

  96. mo tanya donk berapa y standar gaji seorang manager operasional dan manager marketing.utk fresh graduation …?
    kalau untuk yg pengalaman kerja tp bukan di bidang marketing n operasional brp y utk standar nya di jakarta bagian restaurant..
    trus ada yg tau gak y tugas 23 n wewenang dr masing2 manager
    thanks
    kl ada yg bisa bantu tolong emailin saya donk…
    ASAP
    thnx

  97. Salam kenal

    Masalah standar gaji pada dasarnya tidak ada aturan yang baku.. Pemerintah hanya bisa mnetapkan bahwa KAryawan tidak boleh digaji dibawah UMP. selebihnya menjadi peraturan dan kebijakan perusahaan, so tergantung perusahaan menetapkan skala upah sesuai dengan inflasi dan kemampuan perusahaan.

    Salam

  98. Berapa standard gaji untuk pekerja perminyakan di lepas pantai ( offshore ) masa kerja sudah lebih dari 8 tahun..sebagai tenaga operator mekanik ( maintenance ) dengan jam kerja 12 jam per hari selama 15 hari kerja..

  99. Pak Yodia Yth.

    Saya sudah bekerja dibeberapa perusahaan tetapi saya selalu mendapatkan standar gaji yang selalu standar. Padahal untuk level saya yang setingkat manager dan memiliki pengalaman seharusnya bisa mendapatkan lebih. Saya sudah berusaha sebaik mungkin dan memberikan yang terbaik untuk perusahaan dengan memberikan hasil yang selalu maksimal, bahkan sering kali saya memberikan hasil yang bagus untuk perusahaan. Tetapi tetap perusahaan memicingkan mata. Pernah saya meminta kenaikan gaji tahunan ‘lebih’, tetapi ditolak. Saya berani meminta karena saya memberikan kontribusi, dan sekarang saya merasa ada ganjalan dalam bekerja walau saya tetap bekerja seperti biasa tanpa ada uneg-uneg. Hanya rasanya seperti ada ketidak nyamanan.

    Pertanyaan saya :
    – Berapakah standar gaji untuk level manager sekarang? Dengan pengalaman dan kontribusi yang saya berikan, ini untuk pertimbangan saya apakah saya yang salah karena meminta kenaikan gaji lebih?

    Demikian postingan dari saya, besar harapan saya Pak Yodia bisa membantu saya. Karena sekarang saya mendapatkan tawaran baru disebuah perusahaan, dan saya masih bingung untuk menegosiasikan gaji yang saya minta karena takut akan kejadian serupa yang menimpa saya di perusahaan yang sekarang. Terimakasih.

    Hormat saya,

    Permana

  100. ASwb. Semoga kita sama sejatera.

    Mas Yodia and All.
    Tentang gaji harusnya kita lihat dulu dari prosesnya.
    Pekerja itu akan ‘menjual’ waktu, pikiran dan tenaga yang sesuai dengan latar belakangya.
    Perusahaan menyiapkan fasilitas agar pekerja bisa menghasilkan omset atas ‘terjualnya’ produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen. Jadi gaji itu akan berbeda standarnya tergantung perusahaan dan jenis bisnisnya, dan juga keahlian/kinerja kita. secara sederhana, itulah yang kita kenal dengan sistem penggajian.
    Menurut saya, sebaiknya pertanyaan itu harus kita awali dulu dengan berapa penghasilan yang kita inginkan.
    Dengan begitu saya sering diskusi dengan teman2 bahwa kita harus kebih memahami perbedaan mencari kerja dan mencari uang.
    Andai ada yang ingin diskusi lebih detail silahkan ke japri gpandiangan@yahoo.com
    Makasih banyak Mas Yodi.

  101. Permana (151); untuk standar gaji manajer, bisa anda lihat di lampiran file ini. Pede saja….jangan takut. Kita memang harus berani menghargai diri sendiri dengan optimal, jangan terlalu rendah maksudnya.

  102. Waduh, saya pikir rinciannya detail soalnya pake download segala, gimana caranya unsubscribe ya :/

    Anyway thanks to miyoshimasato, you’ve provided more proper info

  103. Pak Yodia (153) Mohon maaf…. lampiran file yang mana ya? Saya masih bingung neeh… maklum masih awam… Terimakasih.

  104. saya lulusan th.2008 di ptn.ternama ,habis lulus saya terus cari kerja mula2 ditawarkan di Bank asing dijakarta sebagai mt dengan gaji 4j,tapi harus kontrak selama 2 th.syarat ini tidak saya terima. Lalu saya ikut test di lembaga keuangan ternama asing ,dijakarta.test sampai tahap 4 saya sudahlewatti ,terachir saya disuruh ikut test di KL dengan biaya ditanggung perusahan tsb.tapi gagal,sebab sy harus teleconfrnce dengan bos2 di London sy. kurang jelas dan memahami arti dan suaranya.Akhirnya cari2sy. diterima MT bank asing dengan gaji pemula 6 juta,sampai sekarang sdh. kerja kl.2.5th.dan salary sy. sdh diatas 8 angka.plus THR 2x/th.setiap th. ada bonus 3-7x gaji. Pengalaman saya minimal kita harus mempunyai IPK diats 3.50 dan mengusai b.inggris yang baik.biar bagimanapun dalam tahap recut,diskusi dan penilaian semua dlm.b.asing.

  105. Wah, diskusi yang menarik.

    Mo sharing juga:
    Sy kerja di Bandung.
    Saya lulus taun 2009 awal, dan langsung ditawarin jadi MT di perusahaan ritel.
    Pas MT, dikasih ‘honor’ 1,25 jt selama 4 bulan, dengan iming-iming kalau lulus MT gaji naik jadi 2.5 jt.
    Sayangnya di akhir masa training, saya dan seluruh temen2 MT, divonis tidak lulus training. Tapi ditawarkan posisi staf biasa, dengan gaji rata-rata 2 juta.

    Kasuistik, tapi mungkin ada juga tempat lain yang melakukan ‘penjebakan’ halus seperti ini.

  106. saya memang bukan Lulusan Pt..
    namun saya praktisi,saya 2 th bekerja di Eropa dalam sebuah perusahaan niaga..dan balik lagi keindonesia.
    karena g punya ijazah Pt..ya akhirnya belum bisa dapat posisi yg oke disi..tapi bisa diadu dg sarjana yang ada..
    dan sekarang berkerja disebuah Perusahaan Besar disolo..tapi ya namanya kota kecil tidak UMR….
    sehingga timbul niat untuk ber- entrepenour aja deh…masa kalah sama orang yg tidak sekolah tapi sukses..hanya degan tekad yang kuat pasti bisa.kalo mo tahu kunjungi website blog saya http://denbeit-shirt.blogspot.com/2010/03/motivasi-t-shirt-denbeisolo.html
    berharap temen-temen pesan untuk semua masalah cetakan dan t-shirt..untuk semua kebutuhan promosi atau image label.

    dan insyaalloh ga bakal yesel deh..dengan produk saya

    salam,
    Miftah

  107. Saya krja di salah satu bank swasta di bandung(baru 1 tahun). Standard yg disbutkan diatas benar adanya. setidaknya yg sy tau memang kisaran itu. unt s1 fresh itu 2.5 s/d 3.5 juta. belum ditambah benefit2 lain seperti biaya ke dokter ditanggung 100% dng limit berbeda2 untuk tiap tahun nya tergantung grade.(grade s1 fresh 3,5 – 4 juta/thn. biaya kaca mata 1x/thn, thr 2x gaji, bonus tahunan 2 s/d 5x gaji. saving plan dll.

    So bukan bermaksud untuk sombong, klo masih bnyak yg digaji dibawah standard itu artinya anda telah dizholimi. dengan kata lain di gaji “under paid”. mungkin ada baiknya unt memikirkan pindah ke perush yg lbih baik.( karena sy juga pernah krja diprus sbelumnya selama 3 tahun dan digaji “under paid”)

  108. UUhh….susahnya jadi karyawan di Indonesia negeri tercinta… kebanyakan perusahaan or government office di Indonesia ini masih saja pilih2 seorang karyawan dari level pendidikannya untuk masuk di awal kualifikasi, padahal belum tentu juga otak si S2 lebih pintar dari otak si lulusan SMA. and makanya banyak praktek pemalsuan ijazah. Kalo sudah begini siapa yg mau disalahkan ya?? Untuk sekedar info, seperti yg sdh sy dengar, story dari seorang warga negara Korea Selatan, di negaranya utk masuk ke sebuah perusahaan/institusi, bukan cuma di lihat dari background titel aja pd awal masuk kerja, background terendah pun (SMA) bisa lgsg di hire di sebuah perusahaan besar asal dia punya niat maju dan bisa dipercaya, malah kalo si karyawan/official berprestasi pihak perusahaan/institusi akan memberikan scholarship, ga tanggung2 tujuan belajarnya ke Europe atau USA, tapi dgn catatan harus kembali ke negaranya dan tidak menjadi imigran, dgn membekal ilmu utk di terapkan di negaranya. MMMm…

  109. asal dia punya niat maju dan bisa dipercaya …
    kalau ada yang begini dan berminat … bisa menghubungi kita …
    kerja dengan penghasilan Rp 500rb/hari … hitung aja /bulannya.
    Mau lebih … kemngkinannya juga terbuka ..gpandiangan@yahoo.com

  110. Ini cerita sekilas tentang gaji PMDN Poultry besar di Indonesia

    1. FG : 1.5 s/d 1.75 jt
    2. Staff : 1.75 s/d 2.5
    3. Junior Spv : 2.5 s/d 3
    4. Senior Spv : 3 s/d 4.5
    5. Manager : 4.5 s/d 15
    6. GM : 15 s/d 35 (Tergantung posisi)
    7. Dir : > 35 (kebanyakan masih sedarah)

  111. So,kalau memperhatikan Mas Edo, maka tawaran kerja yang saya ajukan kepada teman-teman dan pemerhati, setara dengan posisi manajer ..
    24x500rb=12 juta/bln.
    Padahal ijazah bukan menjadi pertimbangan utama, kita lebih membutuhkan niat dan kemauan untuk maju, serta mau bekerja jujur.
    Detail teknis dan kegiatan operasional bisa kita diskusikan untuk dipertimbangkan dgn baik. Kalau masuk akal baru mulai dikerjakan.

  112. Saya seorang peneliti bioteknologi dengan bidang keahlian Genetika Molekuler. Saya berencana pindah ke lembaga atau perusahaan lain yang bergerak dibidang apapun dengan didukung lembaga riset bioteknologi. Pengalaman kerja saya 6 tahun gaji 6.5jt/bln. Saya meminta kompensasi gaji lebih tinggi menjadi sekitar 10-15jt/bln di tempat kerja yang baru nantinya, apa ada yang berminat? Saya kira itu harga yang pantas untuk sebuah pengalaman. Thanks.

  113. Omong omong Soal Gaji memang ga ada matinya he he he. Yang terpenting sebenarnya bukan Gaji itu sendiri, melainkan apa yg sudah kita lakukan. Kita harus punya mental entrepeneur. Maksudnya misal kontribusi kita belum bagus untuk perusahaan namun hasilnya besar (gaji besar) malu lah. Namun misal kontrobusi kita udah besar namun gaji dibawah standar, Berarti Anda harus Action yaitu bisa keluar ke Perusahaan yang lain atau Keluar terus menjadi seorang wirausaha.
    Yang penting jangan hanya menggerutu aja. Lebih baik ACTION. Bagaimana dengan pendapat rekan semua..? Salam cerdas.

  114. saya kerja sebagai sales sebuah perusahaan susu, gaji 4,2 jt diluar insentive,tp setiap hari saya bekerja selalu diatas 12 jam……hmmmm….kasih saran dong layak ga ya gaji segitu??

  115. 5 tahun kerja di LSM, posisi sekarang program manager, gaji 9.2 juta.
    untuk manager senior hay pointnya digeser ke 15 jutaan.
    kalo baru masuk posisi supervisor ada di rentang 3-5 juta

  116. Saya minta tolong mas untuk standar gaji guru di lingkungan Depdiknas berapa ? beserta rincian tunjangannya? trimakasih sebelumnya.

  117. Kalo membicarakan masalah gaji memnag tdk ada habisnya. Diyakini bahwa bila kita sudah usaha namun rezeki yang didapat belum sesuai harapan patut di syukuri saja. Itu artinya rezeki Allah SWT yang mengatur. yang paling penting berapun penghasilan yang kita terima adalah menjadi cukup, berkah dan masih dapat bersedekah. Memang kita perlu uang, namun uang bukan segalanya. Banyak orang yang punya pendidikan tinggi sekali tetap dengan gaji yang murah, namun banyak juga orang yang cukup tamat S1 saja namun bisa mendapatkan gaji yang besar. Itulah yang namanya rezeki adalah kuasa Illahi. Urusan gaji tetap tdk akan pernah habis dan cukup berapapun yang anda berhasil capai. Bagaikan meminum air laut, makin banyak makin haus dan kurang. Bersyukur dan ikhlas adalah yang paling nikmat. Tetap bersedekah adalah suatu kebahagiaan dan rahmat dari Allah. Krn Allah yang akan mencukupkan rezeki dari semua makhluknya.

  118. Komentar yang mantap Mas Agoes. Uang bukan di atas segalanya, tetapi segalanya butuh uang. Dan aku setuju bila keBERKAHan menjadi yang menjadi pertimbangan utama, bukan hanya jumlahnya. Andai ada yang ingin mendalami cashflow makin memberi makin banyak hasilnya boleh kontak, gpandiangan@yahoo.com.
    Mas Agus, andai boleh dapat kontaknya, saya ingin diskusi lebih lanjut.
    Terima kasih, semoga kita semua makin bahagia. Amin YRA

  119. Tambahan komentar saya sblmnya. “Kita perlu uang tapi uang bukan segalanya”. Apa yg sebenarnya kita butuhkan bukanlah banyaknya, tapi benar adalah “berkahnya”. Pengalaman pribadi membuktikan, saya bersyukur memiliki pendidikan tinggi S2 bahkan tamatan dari Universitas ternama di Inggris. Ketika selesai studi S2 dan pulang ke Indonesia dlm 1 bulan saya dpt pekerjaan di sebuah multinasional company. Dgn standard gaji yg pd wkt itu bisa dibilang rata-rata dan tdklah istimewa bila saya melihat pendidikan saya, namun tetap di syukuri. Ketika saya melihat balik kebelakang dan membandingkan dgn posisi sekarang dgn gaji yg sdh sangat jauh lebih baik saya dapatkan saat ini (setelah berpindah-pindah kerja) ternyata yng kita butuhkan BUKAN besaran gaji, tapi apa yang kita butuhkan adalah sebuah “KEPUASAN, dan KENYAMAN” dalam bekerja. Sehingga dpt disimpulkan standar gaji adalah tergantung dari masing2 kebutuhan orang menurut kriteria kata “cukup dan berkah”. Gaji yg berkah pasti mampu memenuhi segala kebutuhan kita. Sementara gaji yang besar belum tentu mampu memenuhi kebutuhan apabila tdk berkah dan jauh dari memberikan kembali (sedekah) kpd mereka yang membutuhkan.

  120. mau nanya dong..
    saya lulusan D2 dibidang IT dan dapat sertifikasi IT Network dari NIIT.
    saya pengen masuk dunia kerja Network Administrator atau IT Administrator.kira2 gaji yang saya dapat berapa ya?? ada yang tahu kah??
    mungkin ada saran kah tuk diperusahaan mana saja saya harus melamar??

    Mohon bantuannya

    terimakasih..
    ^^

  121. Ehmmm…..jabatan saya sekarang ada disitu…tapi gajinya laen…..bener pak..optimis aja ato putar haluan jadi enterpreneur sejati…ya..sejati..karena sy sekarang masih setengah dagang setengah karyawan……salam

  122. Menarik !!
    Tapi kok tidak realistis ya….?
    Realita yang terjadi saat ini adalah berlaku ungkapan Take it or Leave it.
    Akan lebih informatif bila diklasifikasikan per jenis industri dan lokasi .

  123. Pingback: Browsing Report ! « fahmijafar

  124. Mas Yod,

    Ini Wahana yg sangat menarik dan bermanfaat buat kita semua, maju terus Mas.

    O ya Mas Yod, kali ini saya perlu bantuan, Bisa tolong info untuk standard gaji Karyawan Hotel dari rank & file sampai Managerial utk thn 2010?

    Ditunggu infonya ya Mas.

    Salam,
    Arvin

  125. Saat ini saya bekerja di perusahaan asing terkemuka di Indonesia bahkan didunia dengan penghasilan yang lumayan. Saya cukup sedih membaca tulisan dari teman2 diatas. kenapa pola pikir kita tidak dirubah dari seorang karyawan menjadi seorang pengusaha. Sebesar2-nya gaji menjadi karyawan, tatap saja kacung bagi yang diatas!!!, tidak mempunyai nilai positip bagi diri sendiri dan orang lain. Saya selalu ngiri kepada teman2 yng memiliki usaha sendiri, walahpun secara benefit lebih rendah daris saya. Bagi saya merekalah orang-orang hebat!!!

  126. woow.., artikel yg sangat menarik. Sy jadi tahu trnyata msh bnyak orang” di sktar saya yg tidak mendapatkan gaji sesuai dengan pekerjaannya. saya mau tanya, kalau untuk gaji asisten notaris pemula, blum wisuda, hari kerja senin sampai sabtu, jam kerja 8 jam berapa yah?

  127. Menarik memang dengan artikel mas Yod… keren…
    Mungkin bisa ditambah dong untuk standard gaji 2010 untuk seorang MR (management representative ISO) itu berapa untuk yang bukan dari PT?

    Sekedar share saja… bagi pembaca yang punya perusahaan dan ingin set up ISO mungkin bisa saya bantu… :)
    thanks banget sebelumnya…

  128. wah..susah2 amat..mau cari gaji segitu…saya kerja di US jadi waiter di salah satu fine dining bisa dapat $3500 – $4000 perbulan..kerjanya ga susah dan ga perlu pake otak..yg penting ramah sama pelanggan dan menguasai menu..tempat tinggal gratis,makan juga gratis..pengeluaran saya sebulan cuma $100 – $300 aja untuk kebutuhan pribadi..sisanya ditabung…enak kan!!

  129. Salam kenal,

    saya mau cerita mengenai pencapaian saya sampai saat ini:

    tahun 2002 pertama saya kerja setelah menyelesaikan S1 Teknik Sipil dengan status site manager sebuah kontraktor di Jakarta utk project (double track) di Pantura total perbulan yang saya dapat = Rp. 800.000,-
    Tahun 2003 saya diajak teman ke-Jambi dengan status sebai freelance utk project2 pemerintah sebagai konsultan, rata2 perbulan yang saya dapat Rp. 1.250.000,-
    Tahun 2004 bekerja pd kontraktor lokal di samarinda dgn gaji per bulan Rp. 2.000.000,-
    Tahun 2005 bekerja pd mining & Oilfield Service and Fabricator di Balikpapan dgn gaji per bulan Rp. 6.500.000,-tahun 2006 naik menjadi Rp. 7.500.000,- Tahun 2008 naik menjadi 10.500.000,-
    Pertengahan tahun 2008 sampai sekarang Pindah ke EPC and mining Company di Jakarta dengan Gaji+tunjangan perbulan Rp. Rp,22.500.000,- dan sekarang sudah Rp. 35.500.000,-

    Maaf tanpa bermaksud pamer/sombong point dari cerita saya adalah kalo kita mau mencapai penghasilan yang kita cita2 kan kita jangan pernah membatasi diri dalam berkembang secara Skill, attitude dan selalu mencoba explor di luar area kerja utk mendapatkan info atau relasi baru, saya pernah dapat nasehat dari senior “Orang pintah/jenius itu banyak sekali di dunia ini tapi yang membedakan mereka berhasil atau tidak adalah Attitude”

    dan satu hal lagi ; selalu banyak ibadah dan berdoa kepada Yang Maha Kuasa

    Salam,

  130. Saya adalah seorang guru SD di desa dengan gaji 3,8 jt ditambah dengan tunjangan sertifikasi 2,5 jt total rata-rata 6,3 juta dan istri juga guru SD dengan gaji selisih sedikit dengan saya plus tunjangan sertifikasi jadi gaji kami lebih dari cukup untuk hidup didesa.

    Nikmatnya bukan digaji kita yang memang terasa cukup untuk hidup didesa tapi kita merasa dituakan, dihormati oleh lingkungan, dijadikan tempat bertanya oleh lingkungan kita, di tokohkan.

    Jadi gaji sebesar apapun jika kebutuhan kita besar ya…. isinya mengeluh….dan mengeluh. Jadi jika anda sarjana apa salahnya jadi PNS/Guru yang besar kemungkinan bisa menikmati tunjangan sertifikasi gaji jadi terasa besar dan mencukupi, dan bila masih gadis atau bujang usahakan dapat suami atau istri yang juga guru……mengapa malu jadi guru yang penting anak-anak kita sarjana semua.

  131. Pingback: Komentar Menarik tentang Standar Gaji 2010 | blog strategi + manajemen

  132. saya bekerja di percetakan terbesar di Indonesia GP awal 1,6 juta. take homepay 2,6… jam kerja lebih dari 8 jam tanpa uang lembur / kompensasi, hari sabtu / minggu masuk untuk lembur…tidak ada kompensasi hari pengganti libur.

  133. Tidak layak kalau kita hanya mengukur rizki atau pendapatan itu cuma gaji dari hasil kerja.

    Sebenarnya diluar itu masih banyak rizki atau pendapatan yang kita terima nilainya jauh lebih besar dari gaji seorang derektur sekalipun kalau kita mau menilai dengan uang, hanya saja banyak diantara kita cara mengukurnya hanya dari sisi materi saja sementra yang non materi cendrung diabaikan seperti,kesehatan baik istri, anak,maupun orang tua dan masih banyak lagi yang nilainya unlimited.

    yang penting sekarang adalah bagaimana kita mensyukuri apa yang kita terima selama ini dengan sabar dan ikhlas karena apa yang kita lakukan selama ini kita niatkan sebagai ibadah.

  134. Hmhm jadi inget masa-masa perjuangan nih..
    10 tahun lalu, pertama kali kerja prakter dgn gaji cuma Rp. 800.000.
    3 bulan kemudian diangkat karyawan kontrak dengan gaji Rp. 1.000.000.
    Awalnya job desc cuma testing produk.
    Tapi jiwa ini gak puas, lalu coba kutak kutik utk buat program.
    Walaupun sudah 6 tahun kerja tp masih sbg karyawan kontrak, tetap saja saya buat program kecil supaya kerja lebih efektif dan efisien.
    Alhamdulillah.. banyak dipakai programnya sama perusahaan.

    Akhirnya bisa pindah setelah 6 tahun bekerja.
    Ditempat yang baru sudah menjadi programmer dengan gaji Rp. 3.500.000.
    Terus mengembangkan diri selama 2 tahun dengan gaji akhir Rp. 4.500.000

    Setelah itu pindah ke perusahaan lain dengan gaji Rp. 6.500.000
    Sebagai system analyst di perusahaan yg bergerak di bidang telco.
    Terus mengembangkan diri selama 2 tahun dengan gaji akhir Rp. 8.000.000

    Sekarang sudah pindah lagi di perusahaan foreign, yg juga bergerak di bidang telco.
    Sebagai manager software development dgn gaji awal Rp. 10.400.000.

    Selama 10 tahun bekerja, saya rasa ada pelajaran tersendiri utk bisa di share dengan teman2x:
    1. Jangan mengeluh dengan keadaan
    2. Berbuatlah yang terbaik, dengan memberi solusi yang bermanfaat buat perusahaan. Walaupun anda merasa perusahaan tidak adil terhadap anda, tapi yakinlah solusi yg anda buat akan menambah nilai dari kualitas diri anda.
    3. Kalau 2 point diatas sudah anda lakukan, tapi anda merasa perusahaan tidak memberikan hak anda dengan adil, maka cobalah untuk mencari-cari pekerjaan lain. Karena itulah cara tercepat utk menaikan karir dan gaji anda. Kendatipun demikian, janganlah anda bersikap negatif terhadap perusahaan anda bekerja. Karena saya dalam membuat lamaran kerja selalu mencantumkan referensi direktur atau minimal manager di perusahaan yg lama. Itu bisa anda lakukan, kalau anda bersika positif dan memberikan sumbangsih utk perusahaan anda bekrja.
    4. Dan yang terakhir, berdoalah.. Karena semua bisa terjadi atas kehendakNya. Yakinlah atas firman-Nya: “Allah tidak akan merubah nasib seseorang sebelum seseorang itu merubah nasibnya sendiri..”

  135. Saya di swasta bergerak di bidang IT posisi masih entry, gaji masih entry, sudah 4 tahun.

    Alhamdulillah dari sampingan penghasilan 4 kali lipat :)
    Sepertinya jalan singkat untuk dapat yang berlipat insyaAllah bisa dengan wirausaha. Walau tantangan dan rintangannya lebih besar namun alhamdulillah yang didapatkan lebih dari yang diharapkan

  136. Bisa kasih gambaran umum, level Supervisor,Pers. Swasta ternama, masa kerja 14 th,Pengalaman, Bidang Freight Forwarder, tinggal di Bandung kira-kira standar gaji yang layak diterima berapa? tq

  137. saya berkerja di travel, awal saya berkerja dgn gj 1300000 (kotor) dengan posisi messenger, saya melamar dgn ijazah SLTA sampai sekarang bos saya hanya tahu saya lulus SLTA pada hal saya lulus S1, alasan saya mungkin waktu itu agar tidak terlihat berkerja sementara saja (batu loncatan)dan waktu itu jg saya membutuhkan uang untuk membayar kridit motor. gaji saya naik menjadi 2500000 (kotor)3 tahun lalu dan sampai sekarang. Niat bekerja sementara tapi akhirnya berjalan 4 tahun.

  138. Saya suka sekali kata-kata dari Rene Suhardono yang kurang lebih begini, “great money will follow great work, great works come from great passion.” – http://www.passionoutloud.com/

    Saya rasa, keinginan untuk mengejar uang bisa jadi ga ada habisnya. Tapi apapun bidang kita, pastikan kita berkarya, pastikan kita berkontribusi.

    Salam,
    Erik Eneddy

  139. Terima kasih infonya, menyadarkan saya untuk mensyukuri nikmat yg saya peroleh sekarang. 7 tahun yl saya masuk perusahaan saya bekerja (mining company) sbg fresh graduate dgn gaji 3,5 jt/bulan, dalam kurun waktu tsb dipromosikan menjadi Supv & sekarang sedang dalam percobaan menjadi asisten Manajer dgn gaji hampir 12 jt/bulan dan InsyaAllah bisa meningkat lagi setelah masa percobaan selesai. Alhamdulillah saya lebih beruntung daripada teman2 seangkatan yg juga lulusan dari universitas di daerah apalagi dengan adanya info dari mas yodhia di atas.

    Bukan kebetulan saya bekerja di mining company dan bukan karena kebtulan pula menjadi asisten manajer di salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia, namun dengan sebuah mimpi dan motivasi yang tinggi untuk terus belajar dan belajar sehingga saya bisa diterima dan bisa berprestasi. sebelumnya lebih dari 5 tahun sebagai staff akuntansi, dan ketika ada kesempatan saya memberanikan diri untuk mencoba tantangan baru di HRD, 1 tahun kemudian saya dipromosikan menjadi Asisten Manajer.

    Jadi, untuk menjadi lebih baik selain kita harus memiliki mimpi, juga motivasi dan semangat belajar serta keberanian untuk mencoba tantangan baru yang disertai dengan restu dan doa orang tua.

  140. buat para bankers di sudah selayaknya mulai melirik bank2 asing atau bank nasional yang dipegang asing, karena terbukti gaji jauh diatas bank bumn…

    kagak percaya…silakan dicoba…..

  141. saya lulusan sma tahun 2005. pertama kerja jadi office boy dengan gaji harian = 37000/hari. tahun 2008 diangkat menjadi team leader dengan bayaran 1.350.000/bulan. dan pada tahun 2010 diangkat lagi menjadi supervisor dengan bayaran 2.000.000/bulan. sekarang terus bekerja keras agar tahun 2012 bisa menjadi manager (infonya sekitar 5.000.000/bulan)
    amin

  142. @Pak Yodhia, yang posting blog luar biasa karena dapat beragam tanggapan, yang menarik kita yang membaca jadi tahu bahwa tidak ada standar sebetulnya karena semua kembali lagi pada kemampuan individu dalam mengembangkan diri dan perusahaan yang peduli dengan kesejahteraan karyawan dengan catatan disesuaikan dengan omzet atau pendapatan perusahaan itu sendiri.

    Well, sukses buat temen, sukses juga buat pak Yodhia.

    *berniat -> berpikir -> bertindak -> berhasil -> bersyukur

  143. Senang saya melihat semangat rekan2 di bogg ini, tambah lama tambah seru .

    Saya mau sharingkan sedikit pengalaman, saya lulusan S1 Acounting,memulai karir sebagai staff accounting di perusahaan rokok selama 5 tahun sambil free line sbg konsultan pajak, karena prospek perusahaan rokok kedepan dalam pandangan saya kurang menjanjikan.

    Saya memutuskan resign dan masuk di sebuah perusahaan group otomotive roda 2 dengan posisi skrg sbg General Manager (gaji +/- sama spt disampaikan diatas ) dan saat ini saya juga mengelola 3 side bisnis (perdagangan) yang memberi hasil lebih dari 3 kali gaji saya.

    dari pengalaman hidup saya ada 3 hal yang sangat menentukan nasib kita di kemudian hari :

    1. Ambil putusan yang tepat untuk profesi kita di usia maksimal 30 tahun, karena usia 30-40 tahun adalah saat dimana kita bisa menunjukan prestasi dengan energi yang masih full.

    2.Berani mengambil putusan menjadi wiswasta karena ini akan menjadi warisan buat anak2 kita dengan memanfaatkan sumber daya yang ada (Istri, modal. dll)dengan mempelajari prospek bidang usaha tsb secara detail, memang disini diperlukan jiwa enterpreneur karena ada faktor resiko yang cukup besar, makanya kerjaan tetap jangan dilepaskan.

    3.Pantang menyerah menghadapi masalah dalam bisnis, karena wiraswasta adalah puncak pengujian kredibilitas kita sebagai profesional,jadi HARUS berhasil . semoga bisa menjadi inspirasi bagi yang sedang ada kebimbangan

  144. Menurut saya, sebesar apa pun gaji yang diberikan tetap saja buat karyawan kurang. Entah dia manajer senior ,manajer junior tetap saja merasa kurang. Namanya jg manusia, tidak ada puasnya. Sebaiknya kita berpikir jangan cari kerja terus, tetapi bagaimana “membuat sebuah pekerjaan” atau membuat usaha, sehingga memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Daripada menampilkan survei gaji 2010 ,lebih baik menampilkan survei bisnis / usaha baru tahun 2010 / 2011 atau prediksi usaha kecil yang akan tumbuh tahun 2012.

  145. @ P Yodhia.

    Saya mau minta saran nih, saya sudah bekerja kurang lebih 10 tahun dan masa kerja saya banyak di habiskan di luar negri sekarang saya bekerja di Qatar sebagai Senior engineer dengan penghasilan kurang lebih sama dengan (Division Head/Executive VP/Direktur/Direktur Utama. Kisaran Standard Gaji Rp 50 juta – 100 juta/bulan).
    Saya sedang berusaha untuk mendapatkan kerja kembali di Indonesia meskipun gaji yang saya minta 1/3 dari penghasilan saya di sini belum ada perusahaan di indonesia yang mengcontac saya..malahan perusahan dari Ausie ato Dubai yang mengkontak saya.

    Salam

    Dari yang rindu suasana kampung nun jauh di sana.

  146. Kalau di Jakarta, saya baru lulus (2010) bisa dapat 4-5 juta, Bos…
    Tapi, buat di Jakarta sih itu kemurahan, gak kebeli apartemen sama modal nikah, hehe…

  147. hehehe… pas banget sesuai tulisan pak YA.. sekarang saya kerja di perusahaan telco industry as assistant manager finance & HR.. gapok 5 jt + tunjangan / bulan. setaon 15 x gajian.. oia saya lulusan s1 adm fiskal UI. alhamdullillah

  148. saya sudah memberi yang terbaik tapi manajer saya bukan orang yang adil sepertinya. Dia menilai prestasi kerja bukan dari beban kerja atau kemampuannya, tapi dari kedekatan pribadi dengan dia. Lama-lama jadi males juga. Tapi saya suka lingkungan kerja saya yang kekluargaan. Itulah yang membuat saya cukup lama bertahan (8 thn). Tapi dengan gaji yang ternyata underpaid dengan beban kerja skrg ini, setelah saya melihat opini di sini, saya jadi berpikir ulang untuk mencari pekerjaan baru. tapi mendapatkan pekerjaan baru dengan situasi yg lebih baik juga tidak mudah, sepertinya faktor luck juga berperan besar.

  149. mantap pak data nya…..baru sadar klo 4 taon ini saya dikadalin…

    3 tahun saya bergabung dengan perusahaan retail sebesar INDOM****RT dgn background SMA,dengan jabatan terakhir assistant kepala toko kurang lebih 6 bulan dengan gaji terakhir yg saya terima sbesar 1,5 juta..untung 3 tahun itu saya sambil kuliah n bisa nyeselsaikan D3.

    .sekarang saya bergabung dgn perusahaan outsourcing di jakarta dengan jabatan supervisor(1,5 tahun)..mantap bukan jabatan yang saya dapat dan gaji sebesar 1,7 juta !!!!!hahahahahaha (nambah abis saya dikadalin,lulusan D3,pengalaman sebagai ast.kepala toko 6 bulan,MD 1 tahun,dan 1 tahun sebagai tukang panggul di retail)

    sekarang ada klient yg perusahaan nya saya urus menawarkan saya posisi sebagai asistan HRD ditempatnya(dgn jumlah karyawan kurang lebih 500 orang n bergerak dibidang automotive sebagai vendor dari AHM …)

    kira2 berapa besar gaji pokok yg bisa n pantas untuk saya minta yg sesuai dengan pengalaman n background D3 saya…
    tolong bantu ya pak n teman2 semua masukan nya saya tunggu !!!

    thank’s
    ardi

  150. lumayan menarik artikelnya.walaupun tidak disebutkan secara detail salary untuk bidang dan lingkup pekerjaan apa .saya kira cukup bisa dijadikan referensi awal bagi tenaga kerja atau pelamar kerja
    trims infonya mas
    regards

  151. Salam kenal semuanya,

    saya lulusan sarjana pendidikan elektro salah satu PTN di Surabaya

    sekarang masih bekerja sebagai teknisi mesin sudah bekerja selama 2,5 tahun,(status pegawai outsource/pegawai non organik) di salah satu bank sentral, dengan gaji total sekitar 1,5 jt/bln. Apakah masih pantas mendapat gaji segitu ? saya sudah berkeluarga dengan 1 putra, istri bekerja, hidup serumah dengan ortu.

    Apakah saya harus mencari pekerjaan lain dengan gaji lebih layak atau penghasilan sampingan ? Apakah saya harus menjadi guru karena sesuai dengan gelar pendidikan ? Apakah gelar SPd tidak bisa disetarakan dengan Sarjana Teknik Elektro lainnya (IPK saya 3,03 skala 4,00), Apakah yang harus saya lakukan ?

  152. mas yodhia, berapa expected salary yg hrs saya ajukan untuk information system manager perusahaan kelapa sawit pusat jakarta, dgn plant sekitar 115000 ha. urgent
    thx.

  153. Berapapun besar gaji anda…syukurilah itu.
    Saatnya anda mulai melirik kerja sambilan wiraswasta.
    ……
    Ditempat sy ada seorang lulusan SMA, masih muda tapi boleh dibilang tidak berprestasi di sekolahnya. Saat itu dia bingung cari kerja dg gaji yg memadai buat hidup sehari-hari. Intinya tidak ada perusahaan yg mau kasih dia gaji seperti keinginan dia.
    Kemudia dia coba2 berwiraswata. Dia sengaja memilih bidang usaha yg sederhana…jualan cimol. Yaa cuma jualan cimol dg sepeda ontel.
    Tapi seiring waktu berjalan, kini dia sudah punya 30 lapak cimol. Dia merekrut temen2 di kampung yg masih pengangguran. Nongkrong lapak cimolnya cuma di depan sekolah2 SD.
    Sehari cuma setor Rp 10.000/penjual. Jadi tiap hari dia dapat total setoran Rp 300.000,-.
    Bayangkan, cuma lulusan SMA yg tidak berprestasi bisa berpenghasilan Rp 300.000,-/hari atau Rp 9.000.000,-/bulan.
    Satu kata “hebat dia”.

  154. Pak Yodia,
    Tanya kalo untuk perusahaan media elektronik (TV Swasta) untuk Internal Audit Manager berapa ya range-nya?
    Terima kasih.

  155. masuk jalur MT di Bank asing baru masuk di gaji 6 juta,setelah kerja 3 tahun diangkat menjadi Manajer junior dgn.income 12 jutaan,belum termasuk tunjangan transport/kesehatan. Lebaran dan Natal kasih 1 bulan gaji.Nanti awal tahun ada bonus tahuan kira2 antara 2-5 bulan gaji.

  156. Dulu saat freshgraduate kerja di bank Rp 1,6 juta/bulan. Hanya tahan 1,5 bulan. Setelah itu mengejar cita-cita menjadi wiraswasta. Sekarang penghasilan saat “kering” Rp 5 juta per bulan (Semogaga turun lagi, hiks…). Atau jauh lebih besar bila pas “rame”. Lebih dari cukup karena tinggal di kota kecil.
    Alhamdulillah, senang sekali. Bisa mengerjakan apa yang diinginkan. :)

  157. bagi2 info :
    kebetulan profesi gw IT, spesificnya development dan yang berhubungan dengan itu. Saya kerja di jkt dan memulai karir hingga matang disana

    Untuk gaji outsource di jkt :
    Developer / Programmer 4 juta ke atas, kalo yg menguasai produk rata2 diatas 8, bahkan ada yang sanggup membayar 15 juta atau bahkan 20 juta (yg 2 nilai ini untuk share point)

    Untuk karyawan tetap di vendor
    developer : 3 juta, senior 4-5 juta, architect & BA up to 5 juta rata2 7 juta, PM up to 5 juta semua tergantung nego

    kalo punya kemampuan dan menguasai produk seperti BI, Biztalk atau sharepoint dll, gak ngomong boong gaji diatas 9 juta, tapi yaaa liat2 companynya, jangan apply di prsh burjo (bubur kacang ijo) teu nyaho euy :-D

    yg pasti gaji IT di jkt paling tinggi dari wilayah laen di Indonesia.
    Utusan Jkt yg kedaerah dihargai lebih mahal di daerah.

    Kalo saya sendiri gajinya….. wah daerah ngurut dada deh :-D hehe
    lagian gaji yg gw dapet gw kerja sante, dari pada didaerah dengan gaji 2 digit yang sama, mungkin gw neh selain ditugaskan untuk job IT, juga merangkap jadi OB jadi satpam, ngurus anak boss ngurus bini boss, mandiin keluarga boss *WALL* mampus gw, itu kenapa gw gak minat kerja didaerah, kecuali 1 wilayah diIndonesia yaitu Balikpapan. Karena balikpapan mempunyai pendapatan perkapita tertinggi. sumber dari mana ? yaaa pengalaman gw aja kok :-D

  158. umur saya 19 tahun,,bekerja offline sudah saya lakoni 1 tahun yang lalu,
    gaji yang didapat pun sangatlah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari..hanya 1,2 sangatlah sulit untuk mengatur keuangan kita sendiri…

  159. Ngak usah jadi ribut mas, makanya jangan mau jadi pekerja. Mari jadi wiraswasta aja. Kalau anda jualan bakwan saja di pinggir jalan itu untuknya bisa Rp. 100.000 per hari bersih sedikit di atas gaji sarjana yg baru lulus. Di sisi karir, sy kira sama karena mereka lama-lama bisa membuka gerai di tempat lain.

  160. Bapak/Ibu yang sudah sukses-sukses,tolong cariin kerjaan dong buat saya,saya baru lulus SMK jurusan IT,ada lowongan ga ?

    Mohon bantuannya ya.
    Terima kasih.

  161. standart gaji???
    kalo mau yg gak terhingga standartnya masuk aja ke divisi sales, apalagi di PMA, gross sebulan bisa sampai 10 jutaan, bahkan kalo dah senior bisa sampai angka 15 juta

  162. wacana diskusi bagus.. banyak manfaatnya.. o..ya saya sekarang bekerja di jakarta… rate sallarynya..masih dibawah/under paid. padahal sudah perusahaan besar…untuk koordinator/supervisor cuma 4.5 jt….jadi…perusahaan jenis/bidang usaha apa yang memberi gaji fantastis untuk karyawannya ????? terima kasih

  163. Slamat sore mas..,
    saya baru saja dinyatakan lolos untuk bekerja di perusahaan kelapa sawit asing dan di tempatkan di nabire-papua ,
    Gaji+allowance yang ditawarkan : 7,5jt untuk posisi officer.
    selain itu dapat asuransi kesehatan, tempat tinggal, dan 60% kepemilikan spd motor. Selain itu juga ada 1xTHR, dan bonus tahunan yang minimal 3x gaji/bulan.

    Apakah paket yang ditawarkan oleh perusahaan itu sudah memenuhi standard di untuk perusahaan kelapa sawit..?? penghasilan saya saat ini di jawa (gresik) Total 4jt dengan posisi yang sama..

  164. gaji selama hidup kita di gaji berapun besarnya……saya rasa kurang nyaman yach…lebih nikmat pendapatan diluar gaji,jika kita pny pendapatan di luar gaji….so psti jgn dlu mundur dr perusaan atau di tmpat kerja sebelum ada yg cocok di hati.
    intinya gaji besar,,,,hati ga nyaman sama aja hamabar..
    atau cari kerja yg mengasilkan nyaman.

  165. ada yg tau info standard salry sales engineer d sby ga?? kebetulan aq ada panggilan untuk besok interview d salah salah perusahaan pneumatic.
    aq udh punya experience krg lebih 4 tahun d industri,, apa pengalaman ini bisa menjadi pertimbangan dalam penentuan salary??
    please butuh pencerahan

  166. Yap, kayaknya semua harus ada penilian. Tergantung dari pekerjaan dan keperluan perusahaan.

    Problemnya, gaji tanpa penilaian performance untuk membantu perusahaan sangat sulit di nilai. Dimana gaji pokok besar dan performance nilai berkisar sama atau lebih rendah dari yang bergaji dua tingkat arah bawah, itu sangat meresahkan.

    Sesudah di terima, apakah jalan yang baik untuk melepas atau bertahan dengan pekerja itu?

    Kebanyakan perusahaan memberi entry level gaji, ini hanya untuk pekerja membuktikan dalam waktu terbatas bahwa apa kesanggupan yang di aplikasinya sama dengan atau lebih.

    Penilaian ulang bisa di minta oleh pekerja atau pihak yang memerlukan dia, tentunya dengan laporan yang cukup lengkap untuk membuktikan keperluan perusahaan dan nilai dalam kemampuan pekerja itu untuk yang perusahaan perlukan.

    Bila tercapai, inipun dengan jangka waktu untuk pembuktian dengan tingkat atas pengawasan dan penilaian. Sesudah, performance harus dipertahankan oleh pekerja itu dengan resources yang perusahaan telah sediakan untuknya.

  167. sepertinya menarik sekali Diskusi tentang standart gaji ini ya, saya sangat setuju dengan statemnt bahwa berapa pun gaji kita jika gayahidup dan kebutuhan kita bisa menyesuaikan akan Aman, tapi tentu anda harus lihat juga kebutuhan manusia yang nota bene selalu meningka dan selalu saja tidak ada rasa puas.

    buat anda yang ingin mencari incom tambahan sah – sah saja mencari sampingan, baik itu berdagang ataupun apa saja sesuai dengan skill yang kita punyai….. untuk anda yang berminat bisa di lihatnformasi berikut ini ==>www.dBC-Network.com/?id=taste

  168. saya rasa masalah besar gaji itu tidak masalah. kalo memang kita ingin mndapatkan gaji besar, kita harus bisa membawa perubahan dari hal kecil hingga yg terbesar di perusahaan kita bekerja.

    sedikit pengalaman dari saya. saat saya bekerja di suatu perusahaan di Jakarta Pusat, saya memberikan CV dengan ijasah SMA dan Nilai kuliah Semester 4 Tahun 2010. Saya masuk dengan gaji sebesar 1,5jt sebagai IT Development.Net.

    Setelah 10 bulan (bulan Oktober 2011) gaji saya sekarang jadi 2,7jt dan itu diberikan tnpa sepengetahuan saya, dan pas saya sedang pergi ke kota Bali (September 2011, “sempat terjadi gempa di Nusa Dua”) saya diberi kabar dari kantor bahwa saya diberikan jabatan baru, yaitu “SPV Research Development.Net” dengan gaji yang akan dibahas saat saya pulang dari Bali.

    Jadi saya rasa semua itu bergantung dari kita. kalau memang kita menginginkan gaji yg tinggi, maka kita harus bisa memberikan kontribusi yang baik kepada perusahaan tersebut.

  169. Yup setuju sama pendapat Robby. Bekerjalah semaksimal mungkin. Jika perusahaan anda baik, maka dia akan menghitung lagi gaji yang sekarang kita dapatkan sudah cocok atau belum. Kalau tidak diperdulikan ya… ganti yang lain saja… he..he..

  170. mas saya fresh graduate ni, saya baru mau sign kontrak untuk salah satu perusahaan swasta. kira2 apa yang perlu dipesiapkan dan standar gaji untuk manajemen trainee itu berapa?

  171. Just share:

    Saat ini saya bekerja di mining contractors di daerah Sangatta (kontraktor KPC) di Plant Dept dengan jabatan Maintenance Planner Supv
    Basic Salary: 5jt. Allowances (Site allowance, Attendance allowance, Safety allowance, Production target bonus, housing allowance jika tidak tinggal di mess) mencapai 6,5jt (sebulan dapet 11-12jt tergantung produksi).

    Cuti dapat tiket atau uang perjalanan PP sesuai KTP. Mess untuk level supv a/l: fasilitas meal, laundry, kamar AC, snacks. Jadi tinggal bawa keperluan pribadi aja dari rumah, semua sidah di sediakan di mess *kecuali istri tentunya*
    Roster cuti 8 minngu kerja 2 minggu cuti, off per 13 hari sekali.

    Sekedar gambaran untuk bidang pekerjaan di tambang siapa tau ada yang tertarik, dari pada kerja di jakarta terus. Saya terbilang fresh graduate juga, baru berkecimpung di dunia alat berat pertambangan selama 2 tahun.

  172. Membaca artikel bapak, hati sy jadi tambah miris ! Sy sudah bekerja lebih dari 15 tahun di industri property, tp selalu dikadalin sama perusahaan ! Perusahaan property di Indonesia umumnya sering berjanji akan memberikan bonus besar, tp kebanyakkan nol besar dalam realisasinya ! Malah sy pernah mengalami, ada sales kita yg begitu hebatnya bisa ‘memperoleh’ komisi sebesar 8 juta (tahun 2002) pd bulan tsb ! Tp direktur kita malah mencari-cari kesalahan sales tsb spy dikeluarkan cuma karena dia tidak rela membayar komisinya !!

    Jaman sekarang developer property lain lagi ceritanya, memang benar kebanyakkan sudah memperbaiki sistem management terutama mengenai bonus & komisi dari management team.

    Mau tau standard gaji manager di bidang property di Jkt ??? Dari mulai 3 juta sampai max 10 juta ! Padahal margin dari industri ini sangat luar biasa gemuknya !

    Lalu bagaimana soal komisinya ??? Saat ini komisi utk sales yg berlaku antara 0.25% sampai 2%, tergantung perusahaan. Dalam artian, perusahaan yg besar tidak menjamin komisinya jg besar ! Komisi tersebut biasanya baru akan dibayarkan sekitar 4 bulan sampai 1 tahun kemudian !

  173. Saya masih mahasiswa, tapi sy pernah bekerja dan masih bekerja.

    Dulu awal-awal kerja jd freelance designer. Digaji klo ada orderan, klo gak ada ya gak dpt duit. Karena merasa sngat butuh uang, tahun ke-3 kuliah nyoba jadi operator warnet, dg gaji perbulan sekitar 400rb sampai 600rb tergantung ambil shiftnya.

    Lumayanlah buat ukuran mahasiswa sprti saya. itu bertahan sampai 1tahun 4bulan. 5bln setelahnya baru dapat kerja lg, jd layouter disebuh penerbitan kecil d Jogja dg gaji UMR jogja 850rb, sampai sekarang.

    saya hanya berharap setelah lulus kuliah (insyaAllah 4bln lg) nanti g kerja ngikut orang, tp bs ‘mempekerjakan’ orang.

  174. Sharing nih…

    1999 lulus kuliah, kerja di sebuah bank asing, jabatan sales executive gaji Rp. 450,000,- perbulan, nekat cabs ke singapore, kerja di konsultant lokal gaji SGD 1650, kalo rate sekarang sekitar 11jt an, nekat lagi pindah ke perusahaan IT lokal, dapet gaji cuman 3,5jt setaun naek 4,5jt (sedihnya).

    Nggak lama dari itu nekat lagi pindah ke industri iklan, masuk di 4jt setelah 7 taun jadi 10jt, dan alhamdulillah sekarang udah di angka 30jt / bulan nett diluar tunjangan2 dan fasilitas.

    tips dari saya:

    1. nekat. tanpa nekat kadang kebanyakan mikir, malah jalan ditempat
    2. pilih lah industri/ kategori yang memang standar nya besar (oil n gas, iklan, etc),
    3. kerja serius be happy, jangan pernah kejebak dengan politik perusahaan
    4. dan jangan pula kejebak dengan orang2 yang membenci perusahaan nya sendiri.
    5. kalo sampe kejebak buru2 cari way out, pindah kerja or ganti profesi
    6. don’t settle, keep loooking….. comfort zone adalah musuh terbesar dalam karir

    semoga membantu :) salam

  175. sebesar apapun gaji kita tanpa rasa syukur tiada artinya..
    liat ja bnyak pejabat dan pengusaha yang gajinya puluhan juta,tapi apakah bisa mnjamin mereka hidup bahagia???

    dan untuk orang2 yg mgkin gajinya belum mmenuhi standart jangan takut dan jangan khawatir,qt ttp wajib bersyukur,karena tuhan tidak akan mgkin salah membagi rezeki untuk kita,mgkin hari ini mereka mndapat gaji yang lebih dari kit, tapi siapa tahu besok tuhan memberi kita rezeki yang lebih dari mereka.

    yang pasti mari kita syukuri apa yang kita dapat hari ini,dan ttp optimis untuk melakukan yang terbaik..karna sesungguhnya Tuhan maha kaya dan maha pengasih..

  176. indonesia masih butuh banyak wirausaha dan entrepreneur. Mari, kita mjd wirausaha yg sukses dan amanah dgn kerja keras dan kerja cerdas. Mampu berpenghasilan tinggi dan menggaji orang/karyawan. Caranya? Kita kembangkan kreativitas dan kita jual produk kita itu… Intinya maju terus…

  177. Dear All,
    Saya mau nanya, standard penggajian untuk level Supervisor dan Senior Supervisor di perusahaan oil service sekelas Halliburton, Baker Hughes dan Schlumberger berapa ya??

    Sebelumnya terimakasih banyak atas infonya.

    Salam,
    EKOS

  178. Pak….berapa gaji construction superintendent di perusahaan kontraktor PMA asing di indonesia. mohon kirannya di bantu jawabannya, terima kasih

  179. Biaya kuliah untuk D3 saja sudah mahal sekali , apalagi sampe S1/S3 .. wahh makin mahal biaya kuliah hanya untuk dapat ijazah .. padahal ijazah tidak dapat dijual, heheee

    1. Fresh Graduates – Kisaran gaji 2 – 3 juta per bulan.

    2. Asisten Manajer – Kisaran gaji 5 – 8 juta per bulan.

    3. Manajer / Kepala Bagian – Kisaran gaji 10 – 15 juta per bulan.

    4. General Manajer. Kisaran gaji 20 – 30 juta per bulan.

    5. Kepala Divisi / Eksekutif/ Direktur / Direktur Utama – Kisaran gaji 50 – 100 juta per bulan.

    6. Business Owner – Kisaran gaji tidak terbatas.

    Enak thoo jadi business owner :D
    contoh business owner hebat tanpa ijazah yaitu Bill gates menghasilkan 1US$ per/detik

  180. Saya FreshGraduate S1 Dari PTN Ternama di Surabaya, Bekerja Sbg Financial Consultant di Industri Asuransi Global Dari Prancis.

    Sudah 2 Tahun, Ditahun Pertama Income Saya Rata2 2,2 Juta s/d 2,8 juta Di Tahun Kedua Income Saya Rata2 3,4 Juta s/d 4,5 Juta.

    1 tahun bekerja saya sudah dapat awarding trip perjalanan ke bali dari perusahaan, keliling ke bbrp kota di Indonesia: sumatra, jawa, bali, (bekerja sambil travelling), selain itu juga dapat bonus kuatalan, voucher bbm, camp, training, gathering di hotel2 berbintang selain itu juga excecutive lunch setiap bulan.

    Utk perlindungan asuransi jiwa saya dgn uang pertanggungan lbh dari 100 juta dan dana pensiun lbh dari 1M.

    Kerjanya Senin – Jumat Jam 9-12 Siang Ajja, Setelah Itu Mobilitas Tanpa Batas.

    Income Ditentukan Oleh Kinerja Kita, Incomenya Juga Tanpa Batas. Namun Utk Ukuran Fresh Graduated Yg Nota Bene Relasinya Tidak Sebanyak Orang Yang Sudah Berkarir Lama Di Perusahaan.

    Alhamdulillah Income Saya setara lah dgn Pegawai Bank yg baru bekerja juga.

  181. gaji say cuma dihargai cuma 1,030 jt sebgai adm prod/gdg say bigung dgn posisi say kurg yakin gaji say bs dinaikan apakah itu cuma teknik perusahaan untuk mencari keuntungn semata tetapi tdk mementikan kesejahteraan karyawan….. tolg beri solusinya untuk semua sahabat seindonesia, plesed to come back for here ……

  182. Salam kenal untuk semua, Saya Taufik Waris (HR-recruiter di sebuah perusahaan kontraktor Swasta), saya mohon bantuan dari rekan-2 semua jika memiliki/informasi Standar Gaji untuk karyawan kontraktor mulai dari Level PM (Project Manager) – hingga – Level Helper. Trims banyak atas bantuan dan informasi dari rekan-2 semua.

    Note : silahkan dikirimkan melalui email mtwaris@gmail.com

  183. Yang penting bukan besar atau kecilnya gaji, tapi bagaimana kita mensyukurinya, dan disesuaikan kebutuhan kita.

    Teman2 saya yang pindah ke perusahaan lain hanya melihat gajinya saja, (rata2 naik 3x lipat) kebanyakan dibawah 1 tahun sudah resign lagi karena tidak betah dengan suasana kerjanya, dan bekerja di perusahaan yang standard gajinya di bawah saya.

    Gaji 50 juta/bulan pun akan terasa terlalu kecil kalau kita mikir kebutuhan macem2 (mobil mewah, rumah mewah, 5 istri, dll)
    Contoh nyata ya para koruptor yang rakus itu, gaji udah gedhe, masih makan uang rakyat.

  184. jika perusahaan tempat anda bekerja mendapatkan keuntungan bertrilyun-trilyun rupiah tapi gaji anda dengan pendidikan S1 hanya rp 4 jutaan/bulan dan sdh bekerja 10 tahunan anda hrs segera pindah kerja ke perusahaan lain. intinya adalah perusahaan besar hrs mau membayar mahal pekerjanya, sedangkan perusahaan kecil dimaafkan bila membayar pekerjanya dengan murah.

  185. @ Sandra yang berpengalaman sebagai HRD di perusahaan holding.
    @ Yodhia Antariksa sebagai trainer sdm.

    Saat ini saya melamar pada posisi accounting manager pada holding company yang berkedudukan di Makassar dengan 14 anak perusahaan.

    Pada awalnya sy tidak tahu bahwa posisi itu untuk holding company. Mereka baru akan membentuk holding company.

    Oleh karena itu saya kelabakan saat ditanya tentang gaji yang diminta. Pada interview pertama sy hanya tahu jumlah anak perusahaan mereka 14buah dan beberapa di antaranya merupakan supplier kebutuhan kantor atau peralatan ringan pada beberapa perusahaan tambang.

    Mereka minta sy menyebutkan gaji yang saya minta. Oleh karena saya tidak tahu gambaran gaji untuk posisi itu maka sy meminta mereka menyebutkan standar perusahaan mereka untuk saya pertimbangkan.

    Akhirnya karena mereka tetap ingin mendengarkan standar dari saya maka saya memberi kisaran angka pada anak perusahaan sebuah holding company dengan harapan agar mereka mempertimbangkan untuk memberi di atas angka itu.

    Setelah wawancara pertama itu sy mencoba mencari referensi melalui Om Google. Akhirnya sy sampai pada blog ini.

    Mungkin pada interview kedua bila saya masih mendapat kesempatan saya harus memperoleh minta informasi berikut :

    1. Penjelasan umum untuk semua anak perusahaannya.
    2. Cakupan tugas yang ditawarkan.

    3. Ada tidaknya staf yang akan langsung membantu saya
    4. Ada tidaknya internal control.

    5. Ada tidaknya head Divisi untuk setiap jenis line bisnis atau kelompok
    usaha yang sejenis yang akan megolah data sebelum dilaporkan kepada
    accounting manager di holding company.

    6. Mungkin untuk nomor 2 – 5 di atas mesti ditanyakan secara umum dengan
    topik Struktur Organisasi perusahaan.

    Saya sangat berharap bisa mendapatkan gambaran yang memadai karena sy khawatir angka yang saya sudah sebutkan terlalu kecil atau terlau besar. Soalnya pada saat wawancara pertama itu kami hanya 2 orang peserta yang mendapat panggilan wawancara untuk posisi itu.

    Mohon masukannya kalau masih ada hal lain yang perlu saya tanyakan kalau saya menerima panggilan interview berikut.

  186. @ Sandra yang berpengalaman sebagai HRD di perusahaan holding.
    @ Yodhia Antariksa sebagai trainer sdm.

    Mohon dibantu diberikan gambaran kisaran gaji untuk accounting manager untuk wilayah Makassar pada holding company dengan 14 anak perusahaan. beberapa di antaranya merupakan supplier kebutuhan kantor atau peralatan ringan pada beberapa perusahaan tambang.

  187. gaji karyawan NOTARIS,
    bisa mencapai 4-8 jt per bulan,
    hebat ! Temen ane mulai dari 2,3,4jt
    Sampe sekarang udah 7-8jt , gila

  188. Gaji tahun 2014 ini memang terbilang sangat tinggi di bandingkan tahun-tahun sebelumnya. Istri saya seorang bidan gaji 2,5 juta perbulan di bandung, tapi relatif sih soal uang. :-)

  189. Sebagai perbandingan, gaji legal dengan jabatan tertentu di perkebunan sawit adalah sebagai berikut :
    1. Senior Legal Rp. 7.500.000,-
    2. Manager Legal Rp. 22.000.000,-
    3. Head of Legal Rp. 30.000.000,-

    Gaji diatas adalah gaji pokok, belum ditambah transport (untuk head of legal transport Rp.10.000.000,-), tunjangan jabatan, tunjangan daerah, tunjangan kesehatan, tunjangan kendaraan, tunjangan perumahan.untuk Head of Legal THP total nett Rp. 49.000.000,-

    • Wah bca d blog ini trnyata pnghasilan d indonesia bnyk jg y,yg besar2.tp knpa msh bnyk jg yg sengsara y??yang kaya makin kaya,yang miskin makin miskin.maaf klo sya ngelantur,hehehee

  190. Dulu sekali waktu masih jadi karyawan saya juga sering kasak-kusuk searching standar gaji sebenernya dari jenis pekerjaan yg saya geluti sebagai “bahan” untuk bernegosiasi soal kenaikan gaji.

    Tetap saja banyak mentoknya, terutama ketika disuguhi gambaran perkembangan profit perusahaan, garuk2 kepala sendiri.

    Lama-lama saya bosan juga negosiasi melulu dg hasil yg jauh dari harapan.

    Akhirnya saya memutuskan berhenti menuntut sesuai “harapan” hasil dg patokan hasil searching dan sekaligus memutuskan untuk mencari uang lebih di luar pekerjaan dengan berbisnis

    alhamdulillah saya bisa berhenti mengeluh dan menuntut dg harapan yg terlalu jauh dari kenyataan.

    Dan sekarang kebalikannya…skrg saya searching standar gaji (rata2) untuk bahan nego juga, tapi ngambil range untuk “cari aman”, win-win solution lah istilahnya….hehehe….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!