7 Most Epic and Provocative Articles in This Legendary Blog

Ship-WallpapersTak terasa sudah 9 tahun Blog Strategi + Manajemen ini hadir. Selama 9 tahun itu pula, blog ini tidak pernah sekalipun absen untuk update setiap Senin pagi. Selama 9 tahun, blog ini di-update tiap Senin pagi tanpa henti dengan sajian yang membumi dan sarat inspirasi.

Membangun blog legendaris memang bukan sprint, namun sebuah marathon. Dibutuhkan kegigihan, konsistensi dan stamina yang panjang untuk terus bisa berbagi konten berkualitas, menggugah dan bermanfaat bagi proses pengembangan diri.

Selama 9 tahun itu, ada 7 artikel yang paling epik dan provokatif yang pernah disajikan di Blog Strategi + Manajemen ini. Kenapa bisa menggedor dan provokatif? Dan apa saja 7 artikel epik yang legendaris itu?

7 artikel yang paling epik ini dipilih berdasar jumlah share terbanyak. Dengan kata lain, 7 artikel berikut ini juga menjadi viral – tersebar di laman Facebook dan ratusan grup WA atau BBM. Dan kebanyakan tanpa menyebut sumber aslinya (disitu kadang saya merasa sedih).

Berikut 7 artikel epik yang layak Anda kenang karena kontennya yang amat menggugah. Urutan berdasar jumlah share terbanyak.

Artikel Epik # 1 : Ilmu Financial Psychology, Booming Batu Akik dan Kegoblokan Kolektif (Februari 2015). Di-share lebih dari 35 ribu kali.

Artikel ini benar-benar mengguncang karena terbit persis ditengah demam batu akik. Saya sebagai penulis artikel itu lalu dicaci maki oleh ratusan pedagang batu akik.

Mereka yang memaki mungkin tidak pernah tahu bahwa yang menulis artikel itu adalah blogger visioner yang selalu menulis berdasar data dan based on science.

Buktinya? Kini demam batu akik sudah usai. Harga batu akik anjlok. Dan ratusan pedagang batu akik dadakan sudah pada gulung tikar.

Sejarah kegoblokan memang akan selalu berulang. So tragic but so true.

Artikel Epik # : The Death of Samurai : Robohnya Sony, Panasonic, Sharp dan Toshiba (September 2012). Another legendary article. Di-share 25 ribu kali.

Sudah dua menteri yang mencuplik dan men-share artikel ini di grup WA-nya (Menhub Pak Jonan dan Pak Menaker). Facebook dan ratusan grup WA mungkin ikut membuat artikel ini menjadi viral berkali-kali.

Saat artikel itu muncul, ada seorang bapak “ahli manajemen” Jepang yang marah dan ngomel ke saya. Blogger sontoloyo katanya.

Namun sejarah juga yang menjadi bukti.

Bulan lalu Toshiba secara global merilis angka kerugian yang masif, 80 triliun dan memecat 7000 karyawannya di Jepang. Sharp segera akan dicaplok oleh Foxconn (kalau pemerintah Jepang mengijinkan dan tidak terlalu gengsi).

Lalu, pabrik Panasonic serta Toshiba di Indonesia bulan lalu melakukan “efisiensi karena kondisi pasar” (bahasa halus dari kalah bersaing).

Fakta-fakta itu membuat saya bingung, siapa sebenarnya yang sontoloyo. Bloggernya atau bapak yang mengaku ahli manajemen Jepang itu.

Artikel Epik #3 : Kalau Sampai Usia 35 Tahun Kamu Masih Miskin, Salahkan Dirimu Sendiri !! (Juni 2015). Di-share 12 ribu kali.

Setelah membaca artikel ini, seorang pembaca menulis email seperti ini : “Saya merasa ditampar berkali-kali dengan artikel Anda mas Yodhia. Saya jadi ndak bisa tidur. “

Dalam sunyi saya hanya bisa berdoa semoga dia sukses dalam perjuangannya mengubah nasib. Bukan sekedar merasa tertampar sesaat, lalu malas melakukan aksi. Dan lalu, tetap nestapa dalam jalan hidup yang garing, stagnan nan membosankan.

Artikel Epik # 4 : Lima Alasan Kenapa Kebanyakan Orang Gagal Menjadi Kaya Hingga Akhir Hayatnya (Februari 2015). Di-share 12 ribu kali.

Alasan yang ketiga adalah NATO – no action THINK only. Punya sejumlah angan-angan indah yang dipikir terus dalam benaknya. Namun angan-angan itu lalu hanya jadi fatamorgana yang bersemayam megah dalam sel pikirannya.

Dan akhirnya orang itu gagal wujudkan impiannya : bisa memberangkatkan umroh orang tuanya, atau membeli rumah seluas 300 meter persegi (yang sekarang harganya sudah tembus 2M), atau sekedar membeli mobil Honda BRV terbaru yang rilis bulan depan.

Dentang jarum jam terus berlalu. Tanpa aksi, impian heroik seperti itu selamanya akan menjadi ilusi. Terkaing-kaing dalam sunyi, menggigil beku dalam benak jutaan orang.

Artikel Epik # 5 : Jika Anda Ingin Terus Jadi Pegawai Rendahan, Please Jangan Baca Artikel ini….. (November 2012). Di-share 9000 kali.

Pesan artikel itu simpel tapi amat menohok : kalau Anda tidak puas dengan gaji di kantor tempat Anda bekerja, lalu hanya bisa mengeluh dan ngomel kepada owner/manajemen; namun tidak berani resign atau melakukan aksi kreatif lainya; maka Anda lebih layak disebut sebagai orang dengan mentalitas pecundang.

Kalau Anda tidak puas dengan gaji Anda tapi tidak berani regsign, just shut up your mouth. And just do your job as best as you can.

You define your own destiny. Bukan atasan. Bukan bos. Bukan gebetan. Bukan mertua. Dan juga bukan Nyi Roro Kidul.

YOU. You create your own future.

Artikel Epik # 6 : Kenapa Lulusan SMA Bisa Lebih Kaya dan Lebih Makmur Daripada Lulusan S1 dan S2? (Mei 2014). Di-share 7000 kali.

Alsannya karena ya mungkin itu tadi : bisanya hanya komplen dan mengeluh kenapa gaji saya kurang memuaskan. Setelah komplen, bisanya kemudian hanya NATO.

Le, le, kapan sugihe nek sampeyan isone mung sambat??

Ada yang cuma lulusan SMP dan SMA namun hidupnya makmur dan melimpah. Ada juga lulusan S1 dan S2 yang bekerja dengan gaji pas-pasan. Itulah mungkin misteri kehidupan.

Artikel Epik # 7 : Perempuan Muda, Bening dan Milioner itu Bernama Sally Giovani (Februari 2015). Di-share 7000 kali.

Sudah muda, bening, berjiwa mulia. Dan milioner lagi. Maka nikmat manakah lagi yang hendak kau dustakan?

Saya tidak tahu kenapa artikel itu menjadi viral. Mungkin karena terinspirasi kisah Sally yang berhati mulia. Mungkin karena dia cantik nan bening. Atau mungkin karena dia milioner. Atau mungkin karena kombinasi dari semua elemen itu.Kombinasi yang memang WOW.

DEMIKIANLAH, 7 artikel paling epik, provokatif dan paling menjadi viral dari Blog Strategi + Manajemen. Secara total, 7 artikel tersebut mungkin sudah dibaca oleh jutaan orang.

Itulah 7 artikel legendaris yang pernah hadir selama 9 tahun keberadaan Blog Strategi + Manajemen. Mudah-mudahan dalam 9 tahun ke depan, akan kembali hadir 7 artikel epik lainnya yang tak kalah menggugah.

Keep reading this legendary blog. Keep learning.
Stay hungry. Stay foolish.

42 comments on “7 Most Epic and Provocative Articles in This Legendary Blog
  1. Blog yang saya rekomendasikan ke partners di Papua Barat untuk dibaca, Well done Pak Yodhia and Thank you for your inspiring Blog!

  2. Saya suka dengan gaya bahasanya yang tajam, menukik, terkadang lebay namun tetap asyik dan renyah… Pokoke mantab mas Yodh…

  3. Blog ini menyajikan informasi “daging” dengan cara yang ringan. Terus berjuang menginspirasi… Ijin share Pak!

  4. Blog ini menyajikan “ramalan” berdasarkan science yang terbukti keampuhannya.

    Entah bagaimana dan darimana ramalan selalu terbukti manjur.

    Sesekali mungkin Pak Yodhia buka workshop kepenulisan agar banyak blogger yang menulis untuk pencerahan negeri ini.

  5. Keren bin paten. Untung semua artikel diatas udah saya baca. Kerasa banget manfaatnya om yod . Semoga jadi amal jariyah ya

  6. Tak ada artikel yang terlewat, semua terbaca lengkap dan sangat mengispirasi.

    Mugo2 Allah Paringi Barokah dan terus berkarya….

    Thanks Mas Yodh…

  7. salam kenal pak yodhia baru-baru ini saya tau blog ini dari panduan im. dan setelah saya baca-baca artikelnya menarik semua. bisa jadi referensi buat saya belajar ngeblog biar bisa jadi blog lagendaris juga hehe. salam sukses pak yodhia.. 🙂

  8. saya klo lg galau lambat kerja dan ga produktif, pasti saya selalu ngubek2 isi blog ini nyari artikel yg membakar jiwa supaya semangat lg..

    soalnya kalimat2 om Yodhia diblog ini kayak busur panah,, udah pas tembakannya trus tajam lg, nyess bgt lah pokoknya

    berasa ditampar dan dibangunkan dr kebodohan ini ahaha..

    selain analisanya yg mantap juga byk tehnik2 baru yg bs dipelajari..

    buat saya ini blog useful bgt lah

  9. Artikel-artikel dari Mas Yodia Antariksa selalu menggugah semangat dan sering menyadarkan kita akan hal kurang bermanfaat yang sering kita lakukan.

    Terkadang artikel mas Yodia juga sering menyindir saya yang kurang belajar dan kurang keberanian.

    Dari berbagai artikel mas Yodia yang semuanya maknyus berikut adalah artikel paling berharga menurut saya : https://strategimanajemen.net/2015/11/05/10-cara-ampuh-untuk-meledakkan-trafik-blog-anda/ .

    Jika dihargai dengan nilai rupiah artikel tersebut bernilai jutaan rupiah bahkan puluhan juta rupiah.

    Saya sendiri telah belajar Internet marketing dan itu menghabiskan uang yang tidak sedikit.

    Tetapi disini mas Yodia dengan kebaikan hatinya memberikan saripati dari bisnis online atau internet marketing yang tidak murahan dengan sangat menarik dan tidak main-main.

    Semoga kebaikan mas Yodia dibalas Alloh swt, serta mas Yodia dan keluarga selalu diberikan kesehatan agar dapat berbagi ilmu bagi yang membutuhkan.

    Dengan berbagi tak pernah rugi, dengan berbagi kita kita wujudkan mimpi.

  10. 9 tahun bukan waktu yang pendek. Marathon yg luar biasa.

    Saya jarang menulis komen tetapi di edisi khusus ini saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya sebesar2nya

    Jazakallah Khairon Katsir, untuk Mas Yodhia atas inspirasi, dorongan semangat, pencerahan, dan nasehat2nya.

    Semoga bisa terus berkarya dan dicatat sebagai amal jariyah dari ilmu yang bermanfaat.

    Salam Hormat.

  11. Sajian artikel menarik, mengulas yang sudah lalu namun tetap berkesan samapi sekarang.

    Mantap pakde..

    Mau tanya, pada saat memulai blog ini 9 tahun lalu, kenapa begitu yakin untuk bisa membangun sampai sebesar ini? yang dibuktikan dengan selalu update tiap senin.

  12. Assalamualaikum wr, wb.

    Salam kenal dari saya pak !!!

    Betul sekali apa yang di katakan pak Yodhia bahwa untuk “Membangun blog yang bagus memang bukan sprint, namun sebuah marathon. Dibutuhkan kegigihan, konsistensi dan stamina yang panjang untuk terus bisa berbagi konten berkualitas, menggugah dan bermanfaat bagi proses pengembangan diri.”

    Saya mengalami hal tersebut Pak ! dan rasanya tidak akan sanggup untuk menandingi konten yang di hidangkan di blog Bapa ini.

    Maklum lah Pak, wong ndeso! Hehe…

    Diam-diam, saya orang yang mengagumi Bapak lo Pak! Bapak orang yang ruarrrrr biasa!

    Saya berterimakasih kepada Bapak, karena walau bagaimanapun saya telah belajar banyak hal dari sini.

    Wassalamualaikum wr, wb

  13. Bang yoda, Terima Kasih Atas Inspirasi nya tiap senin pagi. selalu saya tunggu.

    Keinginan segera resign sudah ada tapi hasil dari pekerjaan selama 1 tahun belum muncul. jadi masih bersabar dulu sampai hasil dari pekerjaan kelihatan. kalau perkiraan juni 2016 hasil nya sudah kelihatan

    bagaimana menurut bang yoda ?

  14. Sangat menginspirasi bagi saya yang pemula dalam hal kepenulisan, juga dalam bisnis ..

    Untuk rutin menulis blog memang luarrr biasa perjuangannya..

    semoga saya bisa seperti bapak ..

  15. saya paling suka artikel bulan juni 2015 tentang kenapa kalau masih miskin sampai umur 35 irtu salah mu sendiri, artikelnya jlebb banget mas..

    semoga blog itu terus update dan mas yodhia selalu diberikan kesehatan

Comments are closed.