Apa Sasaran 2014 Anda di Area Karir, Bisnis dan Personal Finance?

Sebentar lagi tahun 2013 akan berakhir, dan segera kita akan menyambut fajar tahun 2014 yang mulai menyingsing.

Apakah pencapaian signifikan yang telah Anda lakukan di tahun 2013 ini, dan yang layak dikenang? Pencapaian historis bagi perjalanan hidup pribadi Anda? Yang mungkin akan berdampak hingga jauh ke depan bagi kehidupan Anda?

Pertanyaan berikutnya : lalu apa resolusi atau katakanlah targat serta sasaran yang ingin Anda patrikan di tahun 2014 yang sebentar lagi akan datang? Apa sasaran yang ingin Anda rajut dalam bidang karir, bisnis dan personal finance?

Proses mengulik target yang hendak diraih di tahun 2014, mungkin bisa dimulai dengan evaluasi dan refleksi atas apa yang sudah dicapai di sepanjang tahun 2013 ini. Mari kita jelajahi bersama.

Dalam area karir / bisnis (bagi yang punya usaha), pencapaian apa yang signifikan di tahun 2013? Atau semuanya berjalan mengalir begitu saja (dan celakanya, mengalirnya cenderung stagnan).

Bagi saya sendiri, tahun 2013 memberikan sejumlah milestone yang layak dicatat – baik yang bersifat negatif ataupun positif.

Yang negatif : bisnis online saya mengalami penurunan yang lumayan signifikan di tahun 2013 ini (terutama dalam aspek penurunan penjualan online). Tahun 2013 ini mungkin layak saya kenang dengan muram bagi perjalanan bisnis online saya. Menjaga penjualan online agar tak turun ternyata tidak mudah. Meski sudah berjibaku dan berdarah-darah.

Yang positif : bisnis konsultan yang saya jalani tetap berjalan dengan tren positif. Ada sejumlah klien yang datang silih berganti meminta jasa konsultasi yang saya berikan (thanks to this amazing blog – yang sudah menjadi tool promosi yang efektif bagi jasa konsultasi saya).

Di tahun 2013 ini pula saya merilis dua website baru (ini juga respon atas masalah negatif yang saya uraikan diatas). Mungkin dengan dua web baru ini, saya bisa kembali membuat bisnis online saya tumbuh dengan cemerlang.

Dua web baru itu adalah : www.AhliPresentasi.com (sekuel dari web saya sebelumnya yakni www.RajaPresentasi.com yang akan menjual produk slide presentasi dengan topik yang lebih beragam) dan www.MenjadiWirausaha.com (web yang saya dedikasikan untuk mereka yang ingin menjadi wirausaha sukses). Desain web yang kedua ini dahsyat, bahkan lebih keren dibanding blog yang sedang Anda baca ini.

Itulah sekilas pencapaian saya di tahun 2013. Ada duka yang terselip. Ada harapan baru yang juga menyelinap.

Lalu bagaimana dengan Anda? Mudah-mudahan Anda lebih banyak mencatat prestasi gemilang baik dalam karir ataupun bisnis yang Anda jalani di tahun 2013 lalu.

Pertanyaan selanjutnya : bagiamana target 2014 yang hendak diraih? Baik dalam aspek karir/bisnis ataupun personal finance?

Saya sendiri membayangkan di tahun 2014, bisnis konsultan manajemen SDM saya bisa terus berjalan dengan tren positif (seperti tahun 2013 ini). Amin. Saya akan sangat senang jika pencapaian profit di tahun 2013 ini bisa saya ulangi di tahun 2014.

Pada sisi lain saya mungkin akan lebih banyak mengalokasikan waktu untuk membenahi bisnis online saya.

Setelah merilis dua web baru sebagai respon atas penurunan omzet penjualan, maka langkah besar yang akan saya lakukan di tahun 2014 ini adalah : menyiapkan produk-produk online baru yang akan saya jual melalui dua web yang saya sebutkan diatas.

New Online Product Development. Ini mungkin tema besar yang bisa saya tabalkan pada tahun 2014 nanti.

Lalu, bagaimana dengan aspek Personal Finance?

Setiap akhir tahun, saya punya kebiasaan yang membantu saya untuk menetapkan sasaran personal finance : setiap tanggal 31 Desember, saya selalu mencatat posisi NILAI aset yang tengah saya miliki untuk 4 jenis aset yakni : tabungan/cash, aset properti (di luar rumah utama yang saya tinggali), aset reksadana, dan aset emas. Meski jumlahnya ndak seberapa, tetap perlu dicatat dengan rapi 🙂

Karena saya catat rapi setiap akhir tahun, maka saya bisa tahu apakah nilai 4 aset yang saya miliki itu bertambah setiap tahun atau justru turun (saya sudah melakukan pencatatan keuangan akhir tahun ini sejak 2004).

Catatan aset personal seperti itu bisa membuat kita segera tahu : apakah secara finansial kita makin bertumbuh setiap tahun, atau makin miskin?

Apakah posisi cash/tabungan Anda di Desember 2013 lebih banyak dibanding Desember 2012? Apakah simpanan emas Anda (kalau ada) di Desember 2013 lebih banyak dibanding Desember 2012? Dan apakah nilai aset properti yang Anda miliki di Desember 2013 telah tumbuh berlipat atau stagnan (baik karena Anda membeli unit properti baru ataupun karena kenaikan harga pasar atas unit lama yang sudah Anda miliki).

Catatan Personal Asset seperti itu barangkali dapat dijadikan semacam acuan saat kita hendak menyusun Resolusi Personal Finance 2014.

365 hari bukan waktu yang pendek. Artinya ada 365 hari peluang yang harus kita manfaatkan untuk membuat sejarah hidup pribadi kita makin bermakna. Bermakna secara karir dan bisnis. Bermakna secara finansial. Dan juga makin bermakna secara spiritual.

Jangan sia-siakan 365 hari menjadi hari-hari yang berlalu tanpa kenangan yang berarti.

Selamat Tahun Baru. Sampai jumpa lagi nanti dalam Evaluasi Akhir Tahun di Desember 2014.

Related Post

5 Alasan Kenapa Anda Harus Mengalami Kegagalan dalam Karir, Bisnis dan Kehidupan Note : Tulisan ini merupakan kontribusi dari guest blogger bernama Ivan Wijaya. Saya gagal. Berulang kali. Kenyataannya, saya gagal berkali-kali s...
Pelajaran Bisnis dari Mas Sandiaga Uno Mas Sandiaga Uno mungkin adalah sosok pria yang digandrungi banyak kaum perempuan : muda, very handsome, kaya raya dan rendah hati. Sosok Sandi memang...
Value Chain Analysis : Pisau Analisa yang Akan Membuat Bisnis Anda Melejit Value chain analysis adalah semacam pisau analisa yang bisa kita gunakan untuk membedah sebuah proses bisnis. Dengan value chain, kita bisa melakukan ...
22 comments on “Apa Sasaran 2014 Anda di Area Karir, Bisnis dan Personal Finance?
  1. Refleksi yang mantap Pak Yodhia. Saya kagum bapak rajin mencatat hal-hal tersebut selama bertahun-tahun. Semoga tahun 2014 akan membawa pencapaian yang lebih baik.

    Pagi ini saya dan keluarga akan pulang ke Indonesia setelah 2 tahun lebih 2 bulan bertugas di negeri orang. Semoga nantinya bisa berkontribusi banyak buat negeri.

    Dan siapa tahu kita bisa buat kolaborasi yang dahsyat di 2014.

    Salam,
    Muhammad Noer

  2. Alhamdulillah, menilik tahun 2013 ini, perkembangan bisnis saya mengalami tren positif, aset saya meningkat, dan juga kewajiban finansial berupa utang yang harus dibayar menurun.

    Insya Allah di tahun 2014 menjadi lebih baik lagi. Semoga demikian halnya dengan rekan-rekan di blog ini.

    Selamat tahun baru 2014, semoga kesehatan, kejayaan, kemakmuran dan kemurahan hati untuk beramal senantiasa menyertai kita semua. Amin.

  3. aset emas sepertinya bukan aset yg bagus saat ini, karena sudah ada Bitcoin dan emas di luar angkasa bertaburan bagaikan bintang. k

    ok bapak Yodhia tetap memilih investasi emas ya. alasannya mengapa ya pak

  4. Alhamdulilah tahun 2013 Allah berikan rizki kami justru lewat Penjualan Online, Penjualan Toko Online kami mengalami peningkatan di tahun 2013 dibanding dengan tahun 2012. Alhamdulilah tahun 2013 sy dipertemukan dengan master2 SEO seperti Mastah Muhammad Gunarsah dan Mastah Cheriatna dari BDR sehingga bisa coba2 optimasi SEO untuk blog dan web.

    Semoga tahun 2014 penjualan produk kesehatan kami lewat online akan mengalami peningkatan dengan meningkatnya mitra2 diseluruh penjuru indonesia dan semoga ALLAH berikan lagi kepada kami peningkatan ilmu dalam SEO, Aamiin dan semoga temen2 semua juga diberikan kemudahan dan kesuksesan di tahun 2013

  5. 2013 akan berlalu,tambah tua makin gampang pegel linu. Enak banget kalo dipijit istri atau anak…langsung molorr…Tahun berikutnya kepingin ada bisnis sendiri yg menghasilkan…low cost big impact, kayaknya jasa konsultan atau broker tuh….

  6. Afrid (2): simpanan emas hanya sedikit….sekedar untuk diversifikasi portofolio investasi.

    Kata pepatah don’t put all of your money in one basket. Harus diversify… 🙂

  7. Alhamdulillah… tahun 2013 dibandung tahun 2014 perusahaan kami dari sisi penjualan tumbuh 40 %, dan terjadi banyak perbaikan dari sisi financial. Tapi di tahun 2013,, tujuan kami lebih dalam masuk ke pasar corporate dengan tim baru dan diferensiasi produk baru belum tereksekusi dengan baik,,, Insya Allah tahun 2014 menata ulang pasukan,mngatur pasokan logistik, dan siap menyerang dengan kekuatan penuhhh…

  8. Tks mas Yodhia, sudah lama sy tidak mampir di blog Anda. Tepat sekali tema’nya. 2014 saya mengambil langkah strategis dalam usaha – 60% saya akan beralih ke retail, porsi jasa creative hanya 40%. 8 tahun bertahan di jasa creative ternyata “tidak cukup kreatif” pertumbuhannya meski (mengutip bahasa Anda)sudah berjibaku dan berdarah-darah…

  9. Mencerahkan artikelnya Pak Yodhia.

    2013 mungkin masa suram saya, di akhir2 2013 mulai bangkit, semoga di 2014 bisa sesuai harapan dan target. aamiin.

  10. setahun tak terasa lama dengan kesibukan yang ada… 2013 begitu berwarna – warni bagi saya dengan mencoba esgala sesuatu yang dulunya hanya rencana … tinggal 2014 melanjutkan .. selamat tahun baru pak Yodhia 🙂

  11. Alhamdulillah. Tahun 2013 akhirnya saya punya rumah. Tahun 2014, InsyaALLAH, punya usaha sendiri.

  12. Saya baru tamat, Pak. Resolusi saya tahun ini dapat pekerjaan, Pak!
    Kalau bisa dikonsultan. *mimpi kegedean*
    Lagi proses sana sini, Pak.
    Mohon doanya ya, Pak.

    Bapak juga semoga sukses selalu xD

  13. 2013, sebagai awal usaha cukup melelahkan… Berjibaku dengan berbagai masalah, alhamdulillah semua bisa dijadikan pengalaman ntuk menatap 2014 dengan penuh perencanaan. Resolusi 2014 harus tambah berkembang dan ada peningkatan omzet…

Comments are closed.